Comscore Tracker

Persipura vs PSM, Derby Indonesia Timur atau Duel Tim Papan Tengah?

Kedua tim hanya terpisah satu poin di klasemen sementara

Jumat 27 September 2019, Stadion Gelora Delta - Sidoarjo, 16.30 WITA

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan bersua Persipura Jayapura dalam partai pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 pada Jumat (27/9) sore. Saat ini Juku Eja tengah berusaha bangkit dari tren negatif. Mereka tak mau sekali lagi menelan pil pahit pasca gagal meraup poin ketika menantang Semen Padang pada partai sebelumnya. Wiljan Pluim cs tentu saja gerah berlama-lama di papan tengah.

Persipura pun bernasib serupa. Mereka baru saja menelan kekalahan 1-3 dari Persib. Derita status 'tim musafir' ke Sidoarjo --lantaran Stadion Mandala direnovasi-- bertambah lantaran dua partai di Stadion Gelora Delta harus dijalani tanpa penonton. Namun untuk Derby Indonesia Timur ini, Persipuramania akhirnya diizinkan datang langsung mendukung tim kesayangannya berlaga.

1. Pelatih PSM, Darije Kalezic (kedua dari kanan), tak ingin rasakan dua kekalahan secara beruntun

Persipura vs PSM, Derby Indonesia Timur atau Duel Tim Papan Tengah?Liga-Indonesia.id

Pelatih kepala PSM yakni Darije Kalezic menyebut anak asuhnya sudah siap jalani laga ini. Target poin pun kembali dibidik lantaran ia yakin takkan ada kekalahan kali kedua secara beruntun. Lebih kaih, ia pun memprediksi pertandingan akan berjalan ketat. Menilik papan klasemen, baik PSM dan Persipura tak terpaut jauh, hanya berbeda satu poin dan satu anak tangga.

Kalezic pun mengakui sang lawan sudah alami perubahan sejak kembali ditangani Jacksen F. Tiago. "Persipura di bawah asuhan Jackson F Tiago menjadi lebih baik. Jadi besok kita perkirakan game bakalan sulit. Persipura baru saja menjalani hari yang buruk saat kalah di kandang melawan Persib Bandung dan mereka pasti akan bangkit," pungkas nya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis (26/9) kemarin.

2. Persipura harapkan dukungan suporter sebagai suntikan motivasi kembali mendulang poin penuh

Persipura vs PSM, Derby Indonesia Timur atau Duel Tim Papan Tengah?Liga-Indonesia.id

Sementara itu dari kubu Mutiara Hitam, gelandang Oh In-kyun menyambut baik diizinkannya laga ini dihadiri penonton. Kehadiran pemain keduabelas diharapnya memberi suntikan semangat tambahan bagi perjuangan Boaz Solossa cs yang mengusung misi mendulang tiga poin.

"Itu kan di Surabaya saya dengar banyak orang Papua, banyak yang kuliah di sini. Ada juga banyak Persipura Mania yang besok akan hadir. Jadi itu motivasi besar bagi kita untuk menang. Itu sangat memotivasi pemain agar bisa lebih semangat bermain," tutur pria berpaspor Korea Selatan tersebut dalam kesempatan terpisah.

Sementara itu, terkait jadwal yang begitu padat, pemain 34 tahun tersebut enggan mengeluh. "Walaupun kita waktu istirahat yang tidak cukup tapi itu mungkin saya rasa banyak tim yang mengalami, jadi itu tidak bisa menjadi alasan," tambahnya.

Baca Juga: Profil Singkat Firza Andika, Penggawa Baru PSM Makassar

3. Terakhir bersua di Piala Presiden, Juku Eja ditekuk Mutiara Hitam dengan skor tipis 1-0

Persipura vs PSM, Derby Indonesia Timur atau Duel Tim Papan Tengah?Dok. Istimewa (PSSI.org)

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Persipura Jayapura (4-4-2)

Dede Sulaiman (GK); Yustinus Pae, Andre Ribeiro dos Santos, Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun; Imanuel Wanggai, Oh In-kyun, Ian Louis Kabes, Ronaldo Meosido; Titus Bonai, Boaz Solossa

PSM Makassar (4-3-3)

Hilmansyah (GK); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Hasim Kipuw; Rizky Pellu, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M Rahmat

Catatan lima pertandingan terakhir :

10/03/2019 Persipura 1-0 PSM (Piala Presiden)

04/11/2018 PSM 4-2 Persipura (Liga 1)

04/06/2018 Persipura 1-1 PSM (Liga 1)

27/09/2017 Persipura 0-0 PSM (Liga 1)

03/03/2017 PSM 5-1 Persipura (Liga 1)

Baca Juga: Ali Baba, Bek Tangguh PSM Makassar dan Penyandang Gelar Doktor

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You