Persebaya Vs PSM, Misi Super Sulit Pasukan Ramang di Gresik

Duel klasik yang selalu menyajikan pertarungan sengit

Makassar, IDN Times - Duel klasik tersaji pada pekan ke-26 Liga 1 2022-23. Persebaya Surabaya akan menjamu PSM Makassar, pemuncak klasemen sementara, pada Jumat sore (24/2/2023). Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik tersebut dipastikan berjalan sengit.

Sang tuan rumah mengusung misi bangkit selepas menelan hasil pahit pekan lalu. Mereka dibungkam empat gol tanpa balas oleh Bali United, sekaligus menghentikan win streak lima partai beruntun. Poin penuh dibidik sebagai penebusan.

Sementara itu, tim tamu datang dengan rendah hati. Meski masih memimpin perburuan gelar juara, Juku Eja ingin tetap menjejak bumi. Obrolan tentang kans memutus puasa trofi liga masih dikesampingkan jauh-jauh.

Baca Juga: Selalu Sengit, 5 Catatan Menarik Jelang Persebaya Vs PSM Makassar

1. PSM diminta tetap rendah hati jelang melawan Persebaya

Persebaya Vs PSM, Misi Super Sulit Pasukan Ramang di GresikSelebrasi pemain PSM Makassar setelah mencetak gol ke gawang Persib Bandung dalam laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 14 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Bernardo Tavares, pelatih kepala PSM, sadar bahwa Pasukan Ramang dihantui catatan buruk saat setiap melawat ke markas Persebaya. Ia menyebut timnya harus berusaha super keras untuk memutusnya. Misi yang cukup sulit, mengingat anak-anak Makassar selalu kalah saat Bajul Ijo berstatus home.

"Kita harus tetap rendah hati dan harus tetap bersemangat dan berjuang untuk pertandingan besok. Saya berharap catatan sejarah akan berubah dan akan memihak kepada kita besok," ungkap Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis kemarin (23/2/2023).

Untuk kondisi tim, Safrudin Tahar sudah bisa kembali diturunkan selepas jalani sanksi dari Komdis PSSI. Alhasil ia bisa menjadi tambahan pengawal lini belakang yang selama tiga laga terakhir menjadi tugas trio Agung Mannan - Yuran Fernandes - Erwin Gutawa.

2. Bajul Ijo usung misi bangkit setelah hasil pahit pekan lalu

Persebaya Vs PSM, Misi Super Sulit Pasukan Ramang di GresikPemain Persebaya, Rizky Ridho dan Muhammad Iqbal, dalam sesi latihan di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik pada Senin 20 Februari 2023. (Dok. Persebaya.id)

Adapun Aji Santoso, juru latih Persebaya, kembali menegaskan timnya akan berjuang sekuat tenaga demi meraih poin penuh. Meski harus bermain di Gresik, letaknya yang berdekatan dari Surabaya membuat Bonek bisa tetap mendukung Rizky Ridho cs. Aji berharap suporter mereka bisa memberi tambahan motivasi bertanding.

"Kita sudah melakukan persiapan. Evaluasi juga sudah kami berikan. Semoga besok dengan kerja keras dan dukungan Bonek kita bisa meraih tiga poin," ungkapnya di kesempatan terpisah.

"Memang PSM kalau main di kandang cukup superior, tidak pernah kalah. Tapi saya sampaikan ke seluruh pemain bahwa sekarang saatnya untuk membalas kekalahan di putaran pertama," imbuh Aji.

Tim yang duduk di peringkat 7 tersebut siap memainkan striker Paulo Victor usai dibekap akibat cedera hamstring. Begitu juga Sho Yamamoto yang sempat berlatih terpisah jelang duel ini.

3. PSM dan Persebaya saling mengalahkan dalam lima pertemuan terakhir

Persebaya Vs PSM, Misi Super Sulit Pasukan Ramang di GresikPemain Persebaya Surabaya Arsenio Valpoort (kanan) dihadang bek PSM Makassar Adam Mitter (tengah) dan kiper Hilman Syah (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persebaya Surabaya (4-3-3)

Ernando Ari Sutaryadi (GK); George Brown, Leo Lelis, Rizky Ridho, Altalariq Ballah; M. Alwi Slamat, Muhammad Iqbal, Ze Valente; Sho Yamamoto, Paulo Victor, Ahmad Nufiandani

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Kenzo Nambu; Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta

Catatan lima pertemuan terakhir :

10/09/2022 PSM 3-0 Persebaya (Liga 1)

14/02/2022 Persebaya 2-1 PSM (Liga 1)

18/09/2021 PSM 3-1 Persebaya (Liga 1)

14/11/2019 Persebaya 3-2 PSM (Liga 1)

17/07/2019 PSM 2-1 Persebaya (Liga 1)

Siapa yang bisa memetik poin penuh di Gresik? Saksikan duel klasik Persebaya Surabaya versus PSM Makassar pada Jumat sore ini (24/2/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Pelatih PSM Sebut Persebaya Tak Cuma Bertumpu pada Pemain Asing

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya