Persebaya Vs PSM: Duel Sengit Penghuni Papan Tengah

Bajol Ijo sedang di atas angin, Juku Eja masih tertatih

Makassar, IDN Times - Misi berat menunggu PSM Makassar saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya, Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat sore (18/8/2023). Status "big match" memang susah dilepaskan, tapi kedua tim sekarang sama-sama menghuni papan tengah klasemen sementara.

Performa PSM saat ini ibarat roller coaster. Usai menang dramatis 1-0 atas Persita Tangerang pada pekan ke-7, mereka kena bekuk 3-2 di kandang Bali United meski sempat memimpin. Mental bertanding jadi sorotan, termasuk "kebiasaan buruk" mendapat satu kartu merah dalam beberapa laga terakhir.

Sedangkan Persebaya, yang duduk di peringkat ke-12, sedikit limbung usai ditinggal pelatih kepala mereka sejak 2019 yakni Aji Santoso. Mereka baru lepas dari tren negatif berkat kemenangan di dua laga terakhir. Meski begitu, menjamu sang rival sekaligus sahabat seberang lautan selalu berarti sajian duel sengit dan hujan gol.

Baca Juga: Erick Thohir Sentil Balik Persija dan PSM Gegara Persulit Timnas

1. PSM Makassar masih dibayangi performa inkonsisten dalam beberapa laga terakhir

Persebaya Vs PSM: Duel Sengit Penghuni Papan TengahPesepak bola Bali United Ardi Idrus (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Everton (tengah) dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (11/8/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyebut mental bertanding anak asuhnya masih dalam proses pembenahan akibat performa inkonsisten. Mereka pun masih berada di peringkat 10. Meski begitu, misi kembali ke jalur kemenangan tetap dipancang kendati harus melakoninya di kandang lawan.

"Pertandingan besok akan menjadi pertandingan sulit bagi kita, kita akan melawan tim yang bagus dan di dua pertandingan mereka memperoleh kemenangan dan tentu saja motivasi mereka cukup tinggi untuk pertandingan besok. Jadi kalau kita ingin memperoleh hasil yang bagus besok, kita harus betul-betul bekerja keras," ucapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis kemarin (17/8/2023).

Dengan masa istirahat yang memadai, Juku Eja kemungkinan besar akan menurunkan para pilar utamanya. Sebut saja Yuran Fernandes, Sayuri Bersaudara, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim serta Everton Nascimento.

2. Persebaya Surabaya ingin mempertahankan tren positif yang sudah berjalan dua pekan

Persebaya Vs PSM: Duel Sengit Penghuni Papan TengahPesepak bola Persebaya Surabaya Sho Yamamoto (kedua kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC dalam lanjutan pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.

Dari kubu tuan rumah, Uston Nawawi selaku carekater menyatakan siap menantang sang juara bertahan. Dengan modal dua kemenangan beruntun, ia mengaku lebih percaya diri. Terlebih skema permainan Bajol Ijo kini terlihat lebih rapi, di saat PSM masih berkutat dengan strategi direct football yang mulai terbaca.

Kendati demikian, Uston menaruh kewaspadaan pada beberapa pemain PSM. "Mereka memiliki Wiljan Pluim dan Kenzo Nambu yang sangat bagus, namun pemain lain juga sama bahayanya. Itu tidak membuat kami silau, yang penting kami berjuang di lapangan, untuk mewujudkan tiga poin," tegasnya dalam kesempatan terpisah.

Ernando Ari Sutaryadi jadi satu-satunya pemain yang absen di laga ini sebab harus memperkuat Timnas Indonesia U-23. Persebaya sendiri kemungkinan tetap turun dengan para pemain andalan, sebut saja Song Ui-yong dan Bruno Moreira.

3. Juku Eja memenangi tiga dari lima duel terakhir melawan Bajol Ijo

Persebaya Vs PSM: Duel Sengit Penghuni Papan TengahBek PSM Yuran Fernandes (kiri) berebut bola dengan striker Persebaya Silvio Junior (kanan) dalam laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu 10 September 2022. (Dok. Persebaya.id)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persebaya Surabaya (4-3-3)

Andhika Ramadhani (GK); Arief Catur, Dusan Stefanovic, Kadek Raditya, Reva Adi Utama; Song Ui-yong, Andre Oktaviansyah, Sho Yamamoto; Kasim Botan, Paulo Victor, Bruno Moreira

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama, Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

24/02/2023 Persebaya 0-1 PSM (Liga 1)

10/09/2022 PSM 3-0 Persebaya (Liga 1)

14/02/2022 Persebaya 2-1 PSM (Liga 1)

18/09/2021 PSM 3-1 Persebaya (Liga 1)

14/11/2019 Persebaya 3-2 PSM (Liga 1)

Siapakah yang berhasil mendulang poin penuh? Saksikan pertandingan Persebaya Surabaya versus PSM Makassar pada Jumat sore ini (18/8/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Dikritik Karena Enggan Lepas Pemain ke Timnas, Ini Respons Pelatih PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya