Pelatih PSM Utamakan Rendah Hati Jelang Duel Kontra Persib

Bernardo Tavares menyebut Maung Bandung tetap berbahaya

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, tetap bersikap rendah hati jelang berjumpa Persib Bandung pada Rabu besok (11/9/2024). Ia menyebut bahwa tim yang akan mereka hadapi pada laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2024/25 masih menakutkan, kendati sedang tercecer di papan tengah klasemen sementara.

"Persib adalah tim kuat dan memiliki anggaran belanja pemain paling besar di liga. Mereka menyandang status juara bertahan, tidak kehilangan pemain-pemain kunci dan justru mendatangkan rekrutan bagus di masa bursa transfer," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Selasa sore (10/9/2024).

Baca Juga: Vs PSM Makassar, Persib Bertekad Putus Tren Negatif

1. Meski banyak diisi wajah baru, PSM tetap tampil trengginas di tiga laga terakhir Liga 1

Pelatih PSM Utamakan Rendah Hati Jelang Duel Kontra PersibPesepak bola PSM Makassar Nermin Haljeta (kedua kanan) bersama rekan setim berselebrasi usai mencetak gol ke gawang PSBS Biak pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/YU

Susunan pemain utama Maung Bandung memang tak banyak berubah. Nama-nama seperti Nick Kuipers, Edo Febriansah, Dedi Kusnandar dan Ciro Alves masih konsisten diturunkan sejak menit pertama. Tapi mereka kedatangan pemain berkualitas seperti Gustavo Franca, Mailson Lima, Dimas Drajad dan Adam Alis yang dipinjam dari Borneo FC.

Juku Eja sendiri melakukan perombakan besar-besaran di daftar starting lineup. Beberapa rekrutan baru tersebut seperti Syahrul Lasinari, Victor Luiz, Latyr Fall, Daisuke Sakai hingga Nermin Haljeta selaku top skorer sementara.

Para pemain baru PSM bahkan langsung nyetel dengan gaya bermain yang mengutamakan kolektivitas. Hasilnya? Yuran Fernandes dan kawan-kawan mampu menyapu bersih tiga laga awal dan sedang duduk di puncak klasemen sementara.

2. Meski beberapa pemain cedera, Bernardo Tavares tetap yakin dengan kualitas para talenta muda

Pelatih PSM Utamakan Rendah Hati Jelang Duel Kontra PersibPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, berbicara di sesi jumpa pers pra-pertandingan Grup A Piala Presiden 2024 melawan Persib Bandung, Kamis 18 Juli 2024. (Dok. PialaPresiden.id)

Di sisi lain, Tavares menegaskan bahwa skuat PSM tak bisa diperkuat sejumlah penggawa. Menang cukup menggerus kekuatan tim, tapi pelatih asal Portugal itu yakin para pemain muda bisa tampil baik ketika diberi kesempatan untuk unjuk gigi.

"Kami tidak bisa memainkan tujuh pemain, ada yang cedera dan sedang berada di Timnas U-19. Tapi selebihnya kita membawa semua pemain yang kami miliki," ungkapnya tanpa menyebutkan secara rinci siapa saja yang terpaksa absen di duel klasik ini.

"Makanya saya minta suporter datang besok sebab para pemain layak mendapatkannya. Apalagi kami akan melawan tim kuat yang bahkan kualitas pemain lapis keduanya sama bagusnya dengan tim utama," tutur Tavares.

3. Latyr Fall menyebut Juku Eja saat ini sudah banyak berkembang selepas pramusim

Pelatih PSM Utamakan Rendah Hati Jelang Duel Kontra PersibAksi Latyr Fall dalam sesi latihan PSM Makassar di Stadion Kalegowa Pallangga pada 13 Agustus 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara mewakili para pemain, gelandang Latyr Fall sepakat dengan sang pelatih bahwa Persib tak bisa dipandang remeh. Tapi, pemain asal Senegal tersebut menegaskan kondisi tim PSM saat ini berkembang pesat selepas mengikuti ajang pramusim Piala Presiden. Saat itu, mereka kena bekuk 2-0 oleh Persib.

"Saya pikir Persib adalah tim kuat, dan di pertemuan terakhir kita kalah 2-0. Kita respek kepada mereka, tapi kami juga harus belajar dari kesalahan di laga sebelumnya. Ada banyak peningkatan dialami oleh tim kami, jauh lebih kuat dan punya level percaya diri tinggi," papar pemilik nomor punggung 19 tersebut.

Apakah Pasukan Ramang mampu menjinakkan sang juara bertahan di Stadion Batakan Balikpapan? Saksikan duel klasik pekan keempat BRI Liga 1 2024/25 antara PSM Makassar versus Persib Bandung pada Rabu besok (11/9/2024), pukul 16.30 Wita.

Baca Juga: Lawan Maung Bandung, Pelatih PSM Berharap Dukungan Suporter

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya