Pelatih PSM Puji Semangat Pemain usai Raih Kemenangan Perdana

Juku Eja menekuk tuan rumah Persikabo dengan skor tipis 0-1

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, memuji setinggi langit anak asuhnya usai memetik kemenangan atas Persikabo 1973. Duel pekan ketiga BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kab. Bogor, Jumat sore (14/7/2023) tersebut mereka menangi dengan skor 0-1.

"Di pertandingan hari ini, saya pikir PSM memiliki peluang lebih banyak, dari tembakan tepat sasaran dan sepak pojok. Saat kehilangan satu pemain, pemain kita tidak kehilangan semangat mereka. Saya kira apa yang mereka tunjukkan di lapangan ini luar biasa," ujar Tavares dalam sesi konferensi pers selepas laga rampung.

Baca Juga: Pesan Pelatih PSM ke Ketum PSSI: Evaluasi Wasit? Lihat Laga Kami

1. PSM kembali menerapkan pola permainan direct football seperti musim kemarin

Pelatih PSM Puji Semangat Pemain usai Raih Kemenangan PerdanaPesepak bola Persikabo 1973 Moreira Varela (kanan) menendang bola yang dihalau kiper PSM Makassar M Reza (tengah) dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.

Menilik statistik, yang dikatakan Tavares memang benar. Meski hanya menguasai 31 persen aliran bola, PSM mendapat 12 peluang, termasuk 5 tembakan tepat sasaran. Mereka pun kembali mengandalkan permainan sabar nan efektif. Terbukti dari jumlah operan sukses yang mencapai 164, berbanding dengan 369 milik tuan rumah.

Meski begitu, sorotan masih tertuju pada para penyerang. Everton Nascimento dan Adilson da Silva belum juga membuka keran gol untuk musim baru di laga ini. Peran Everton sebagai pemantul tidak terlalu mencuat lantaran serangan dibangun lewat skema long ball sepanjang babak pertama. Sedangkan Adilson terlihat belum nyetel.

2. Para pemain disebut langsung "tersengat" ketika Dzaky Asraf mendapat kartu merah

Pelatih PSM Puji Semangat Pemain usai Raih Kemenangan PerdanaPesepak bola Persikabo 1973 Moreira Varela (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Akbar Tanjung (kanan) dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.

Pasukan Ramang sendiri harus bermain dengan 10 orang di pertengahan babak kedua. Winger Dzaky Asraf yang masuk sebagai pengganti langsung mengantongi dua kartu kuning dalam waktu kurang dari 10 menit.

"Sulit untuk melawan Persikabo yang sangat tangguh, mereka adalah tim yang bagus. Terlebih di atas lapangan tadi jalannya pertandingan sedikit panas. Ini benar-benar menjadi tantangan untuk kita semua," papar Tavares terkait jalannya duel tersebut.

Beruntung, mereka punya sosok pembeda bernama Wiljan Pluim. Ia mencetak gol semata wayang di pertandingan tersebut pada menit ke-75. Sang pemilik nomor punggung 80 sukses mengonversi sepak pojok kiriman Yakob Sayuri menjadi gol lewat sundulan.

3. Selanjutnya, Juku Eja akan menjamu Persib di Parepare pada Sabtu pekan depan (22/7/2023)

Pelatih PSM Puji Semangat Pemain usai Raih Kemenangan PerdanaPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

Berbicara dalam kesempatan yang sama, Pluim menyebut kemenangan ini punya makna mendalam. PSM sendiri mengawali BRI Liga 1 2023-24 dengan sulit, yakni menelan sekali kalah dan sekali imbang. Hasil positif diharap membawa tim bisa kembali percaya diri.

"Saya pikir para pemain PSM sadar bahwa kita harus memberikan segalanya. Kita seperti terbangun saat kartu merah keluar. Mereka langsung memberi tekad lebih dari 100 persen. Ini adalah kemenangan yang layak kami dapatkan," tutur Pluim.

Saat ini Pasukan Ramang duduki peringkat 7 klasemen sementara dengan perolehan poin 4. Selanjutnya, mereka akan menjamu Persib Bandung di pekan keempat BRI Liga 1 2023-24. Duel klasik ini berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu pekan depan (22/7/2023).

Baca Juga: PSM Makassar Resmi Perkenalkan Kiper Kelima, Syamil Bahij Irawan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya