Para Pemain Asal Sulsel yang Digaet Persikabo Musim Ini

Dua diantaranya adalah eks pemain PSM Makassar

Makassar, IDN Times - Persikabo 1973 terbilang cukup agresif di bursa transfer sebulan sebelum kompetisi Liga 2 musim 2024/25 dimulai. Tim yang baru saja terdegradasi dari kasta tertinggi tersebut memilih merekrut sejumlah pemain muda dengan track record teruji.

Persikabo turut menggaet dua eks pemain PSM Makassar, dan semuanya bertugas menambah kedalaman di lini belakang. Mereka adalah bek tengah Abdul Rahman Sulaeman dan bek kiri Muhammad Syafi'i.

Baca Juga: Empat Pemain PSM Dipinjamkan ke Tim Liga 2, Siapa Saja?

1. Bek tengah Abdul Rahman kembali merantau keluar Sulawesi

Para Pemain Asal Sulsel yang Digaet Persikabo Musim IniMantan pemain PSM Makassar yang kini memperkuat Persikabo 1973 Kabupaten Bogor, Abdul Rahman Sulaeman, dalam sesi latihan di Stadion Pakansari Cibinong pada Minggu 1 September 2024. (Instagram.com/officialpersikabo)

Kedatangan Abdul Rahman diumumkan di akun media sosial resmi Persikabo pada hari Minggu lalu (1/9/2024). Bek kelahiran Sidenreng Rappang tersebut akhirnya kembali merantau ke luar Sulawesi sejak tahun 2018. Dengan segudang pengalaman, ia diharap bisa menambah kokohnya lini belakang tim asuhan Djadjang Nurjaman tersebut.

Bek 36 tahun itu sempat memperkuat PSM Makassar pada medio 2018 hingga 2023. Sayang, di musim terakhirnya bersama Juku Eja, ia tak mendapat menit bermain lantaran harus fokus menjalani pemulihan cedera lutut.

Sempat setahun tanpa klub, Abdul Rahman memperkuat tim Liga 3 asal Makassar yakni Mangiwang FC untuk musim 2023/24. Ia turut menjadi bagian penting dalam keberhasilan Mangiwang menjadi jawara Liga 3 Sulsel 2023/24 dan lolos ke putaran nasional.

2. Sempat merasakan kasta ketiga, Muhammad Syafii kembali mentas di Liga 2

Para Pemain Asal Sulsel yang Digaet Persikabo Musim IniMantan pemain PSM Makassar yang kini memperkuat Persikabo 1973 Kabupaten Bogor, Muhammad Syafii, dalam sesi latihan di Stadion Persikabo Cibinong pada Rabu 3 September 2024. (Instagram.com/officialpersikabo)

Selanjutnya ada Muhammad Syafii yang juga diperkenalkan di hari yang sama dengan Abdul Rahman. Bek kiri kelahiran Makassar, 11 Maret 1996, tersebut akan menjadi opsi coach Djanur untuk mengawal sisi kiri pertahanan Laskar Padjajaran musim ini.

Pemain berusia 28 tahun tersebut pertama kali dikenal sebagai pemain PSM pada musim 2017, ketika Juku Eja masih di bawah asuhan Robert Rene Alberts. Syafi'i telah bermain di empat klub sepanjang karier profesionalnya, yaitu PSM Makassar (2017-2018), Madura FC (2019-2020), dan Persijap Jepara (2022-2023).

Setelah dilepas Persijap Jepara pada Juli 2023, Syafii sempat banyak beredar di ajang tarkam di beberapa wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Tapi ia kemudian digaet oleh Mangiwang FC untuk mengarungi Liga 3 musim 2023/24.

3. Ada tiga pemain asal Sulsel lain yang digaet Laskar Padjajaran, salah satunya Muhammad Irman

Para Pemain Asal Sulsel yang Digaet Persikabo Musim IniPemain Persikabo 1973 Kabupaten Bogor asal Sulawesi Selatan, Muhammad Irman, dalam sesi latihan di Stadion Pakansari Cibinong pada Rabu 3 September 2024. (Instagram.com/official persikabo)

Selain itu, Persikabo juga mendatangkan tiga pemain asal Sulsel. Mereka adalah bek Muhammad Fikram, gelandang serang Arif Jaelani Ruslan serta Muhammad Irman Toberru yang berposisi sebagai penyerang.

Irman Toberru, yang lahir di Barru pada 21 Mei 1999, musim lalu bermain untuk RANS Nusantara FC. Ia berhasil catatkan 11 penampilan (294 menit) serta menyumbang sebiji asis.

Arif Jaelani merupakan jebolan Barito Putera U-19 dan lebih banyak jalani peminjaman ke klub-klub Liga 2 seperti PSPS Pekanbaru dan Persekat Tegal. Sedangkan Muhammad Fikram sempat memperkuat klub Liga 3 yakni Bandung United pada musim 2021/22.

Baca Juga: Cerita Latyr Fall, Metronom Baru di Lini Tengah PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya