Menpora Singgung Proyek Stadion Mattoanging Mangkrak, Sindir Siapa?

Mattoanging sudah dua kali alami gagal tender

Makassar, IDN Times - Setelah sering ditanyakan oleh suporter PSM, kini giliran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Dito Ariotedjo yang menyentil langsung mangkraknya pembangunan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging di Kota Makassar.

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan 12 ribu penonton saat membuka closing ceremony BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Minggu malam (16/4/2023). Menpora Dito sendiri hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo yang sedang berada di Jerman untuk urusan kenegaraan.

1. Menpora menyinggung mangkraknya pembangunan Mattoanging

Menpora Singgung Proyek Stadion Mattoanging Mangkrak, Sindir Siapa?Kubangan bekas galian di lokasi eks Stadion Mattoanging, Minggu (23/5/2021). IDN Times/Istimewa

"Di kesempatan ini, saya ingin menyampaikan harapan dari masyarakat Makassar yang rela menempuh berjam-jam perjalanan untuk dapat sampai ke Parepare ini, agar Kota Makassar dapat memiliki stadion baru pengganti Mattoanging yang saat ini sudah tidak ada," ujar Dito yang langsung disambut tepuk tangan riuh.

Selama ini, para suporter PSM di Makassar memang harus menempuh perjalanan darat sejauh 154 kilometer (3 jam) perjalanan darat ke Parepare. Ini lantaran Wiljan Pluim dkk harus menggunakan Stadion Gelora BJ Habibie sebagai kandang lantaran nasib Mattoanging tak kunjung terang.

2. Sebelumnya, proyek pembangunan ulang Mattoanging sudah alami dua kali gagal tender

Menpora Singgung Proyek Stadion Mattoanging Mangkrak, Sindir Siapa?Desain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sebelumnya pada Februari 2023 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menegaskan akan melanjutkan proyek pembangunan Stadion Mattoanging. Proyek tersebut bahkan masuk dalam salah satu proyek prioritas tahun ini.

Pada 2022 silam, proyek tersebut sempat dua kali gagal lelang tender lantaran tidak ada perusahaan yang memenuhi syarat. Pemprov sendiri mengisyaratkan akan membuka lelang ketiga, tapi tak juga terwujud hingga 2022 berlalu.

Stadion Mattoanging sendiri dianggarkan senilai Rp66 miliar dalam ABBD 2022. Tapi ini kemudian menguap lantaran kegagalan tender. Proyek ini akhirnya kembali dianggarkan pada APBD 2023 dengan nilai sebesar Rp60 miliar.

3. Pembangunan stadion yang layak akan terus didorong oleh Kemenpora

Menpora Singgung Proyek Stadion Mattoanging Mangkrak, Sindir Siapa?Salah satu momen pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Barito Putera yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 9 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Menpora Dito Ariotedjo menegaskan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) punya misi membuat stadion yang bisa diakses secara luas. Ini disebut sejalan dengan komitmen pihaknya untuk meningkatkan daya tarik sepak bola nasional.

"Ke depan, kita punya komitmen bersama agar stadion maupun gelanggang olahraga dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk mengawal industrialisasi olahraga, termasuk sepak bola, yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat," jelas eks Chairman RANS Nusantara FC tersebut.

Baca Juga: Tagih Stadion Mattoanging, Suporter Terobos Kantor Gubernur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya