Masuk Best XI Pekan ke-3 Liga 1, Ini Statistik Nermin Haljeta

Ada juga Bernardo Tavares sebagai Best Coach of the Week

Makassar, IDN Times - PT. Liga Indonesia Baru (LIB) merilis Best XI of the Week alias para pemain terbaik di pekan ketiga BRI Liga 1 2023/24. Mereka mengumumkannya lewat akun media sosial Instagram @liga1match pada Jumat lalu (30/8/2024).

Ada dua nama yang tercantum dalam daftar elit tersebut. Yakni striker Nermin Haljeta serta pelatih kepala Bernardo Tavares. Tapi seperti apa peran keduanya saat PSM menekuk Dewa United di Stadion Batakan Balikpapan? Berikut IDN Times merangkum statistiknya untuk pembaca.

Baca Juga: Cerita Nermin Haljeta, Perantau yang Langsung Nyetel di PSM Makassar

1. Nermin Haljeta terpilih sebagai Striker of the Week dalam polling suporter

Masuk Best XI Pekan ke-3 Liga 1, Ini Statistik Nermin HaljetaAksi striker PSM Makassar, Nermin Haljeta, dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2024/25 melawan Dewa United yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan pada Senin 26 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di pertandingan keempatnya bersama PSM, Nermin Haljeta kembali mencuat sebagai pemain berbahaya. Sangat berbeda ketika imbang melawan BG Pathum United, Haljeta berkali-kali merepotkan barisan pertahanan Dewa United lewat aksi individunya.

Namun, highlight penampilan striker asal Slovenia tersebut tentu berasal dari gol yang ia lesakkan di menit ke-12. Menerima umpan panjang dari Ricky Pratama, Haljeta melesat sendirian memburu bola lantaran lolos dari perangkap offside. Berhadapan satu lawan satu dengan Sonny Stevens, bola diceploskannya ke gawang tanpa kesulitan.

Dalam duel tersebut, Haljeta melepas dua kali tembakan dan sekali kreasi peluang. Ia juga melepas 14 operan sukses dan 3 kali dribble. Dengan capaian tersebut, pemilik nomor 99 itu juga terpilih sebagai Striker of the Week dalam polling suporter.

2. Bernardo Tavares kembali memperlihatkan PSM sebagai tim yang agresif

Masuk Best XI Pekan ke-3 Liga 1, Ini Statistik Nermin HaljetaPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memberikan instruksi ke para pemainnya dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2024/25 versus Dewa United yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan pada 26 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala Bernardo Tavares dipilih oleh tim Technical Study Group (TSG) menjadi Coach of the Week. Ini tak lepas dari racikan strateginya kala PSM membuat Dewa United bertekuk lutut di Balikpapan.

Pasukan Ramang hanya menguasai 29 persen aliran bola, di saat Banten Warrior mendapat 71 persen berkat para gelandang kreatif. Tapi untuk urusan agresivitas, PSM tak terbendung. Melalui skema serangan balik cepat, mereka mampu catatkan 19 peluang, dengan 5 di antaranya mengarah langsung ke sasaran. Tim lawan sendiri hanya mendapat 4 shots on target.

Capaian Tavares sebagai pelatih terbaik di pekan ketiga BRI Liga 1 2024/25 juga melengkapi tren positif anak asuhnya. PSM sukses menyapu bersih tiga laga pertama musim ini dengan kemenangan, dan saat ini bertengger di puncak klasemen sementara.

3. Umpan cantik Rizky Eka Pratama terpilih menjadi Assist of the Week

Masuk Best XI Pekan ke-3 Liga 1, Ini Statistik Nermin HaljetaWinger PSM Makassar, Rizky Eka Pratama, dalam sesi pemanasan jelang laga fase grup ASEAN Club Championship melawan BG Pathum United di Stadion Batakan Balikpapan pada 21 Agustus 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, umpan cantik Rizky Eka Pratama terpilih menjadi Assist of the Week berdasarkan polling suporter. Asis tersebut tercipta pada menit ke-90+2, sekaligus memastikan kemenangan PSM dan membuat Dewa United tak mampu mengejar ketinggalan.

Winger 24 tahun tersebut menusuk dari sisi kanan pertahanan lawan, dan melepas crossing akurat yang mengarah ke Daisuke Sakai. Penyerang asal Jepang tersebut tanpa kesulitan mencetak gol lewat sepakan first time lantaran berdiri bebas tanpa kawalan. Mereka pun menang dengan skor meyakinkan 3-1.

Apakah PSM Makassar mampu melanjutkan tren positif di pekan keempat? Patut ditunggu seperti apa racikan tangan dingin coach Tavares.

Baca Juga: Jadi Top Skor Sementara Liga 1, Nermin Halejata Tetap Rendah Hati

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya