Masih Belum Jelas, Hamka Hamzah Pertanyakan Nasib Liga 2 ke PT LIB

Kompetisi kasta kedua itu sudah terhenti selama tiga bulan

Makassar, IDN Times - Status Liga 2 2022-23 yang masih belum jelas mengundang keresahan banyak orang. Salah satunya yakni bek veteran asal Makassar, Hamka Hamzah. Melalui akun Instagram-nya, ia mempertanyakan nasib kasta kedua sepak bola nasional tersebut.

"Liga 1 sudah menyelesaikan putaran pertama. Liga 2 kapan nih, Pak @pt_lib?" katanya dalam unggahan di @hamka23hamzah, Kamis kemarin (5/1/2023).

"Padah Ketum PSSI sudah menyatakan Liga 1, 2 dan 3 bisa kembali bergulir. Kenapa sampai sekarang belum ada kejelasan untuk lanjutan Liga 2?" sambung Hamka.

Baca Juga: Liga 2 Dapat Subsidi dari Liga 1 Gegara Tak Ada Sponsor Utama

1. Para pemain 28 tim peserta Liga 2 sudah tak berkompetisi sejak Oktober 2022

Masih Belum Jelas, Hamka Hamzah Pertanyakan Nasib Liga 2 ke PT LIBPara pemain FC Bekasi City dalam sebuah sesi latihan di bulan September 2022. (Dok. Ofisial FC Bekasi City)

Jebolan PSM Makassar Junior itu menyebut bahwa nasib pemain muda yang mentas di Liga 2 kini terkatung-katung. Hal tersebut tak cuma dialami oleh klubnya sekarang, FC Bekasi City, tapi juga 27 tim lain yang sudah tak berkompetisi selama tiga bulan lamanya.

"Kalau saya pribadi, tak masalah karena saya sudah mau pensiun," kata Hamka.

"Tapi bagaimana adik-adik yang mau memperlihatkan potensinya untuk sepak bola negeri ini dengan wadah Liga 2?" imbuh stopper 38 tahun tersebut. 

2. Hamka Hamzah mendesak PT LIB agar segera melanjutkan Liga 2

Masih Belum Jelas, Hamka Hamzah Pertanyakan Nasib Liga 2 ke PT LIBAksi pemain FC Bekasi City, Hamka Hamzah, dalam laga pekan ke-7 Liga 2 2022-23 melawan Persekat Kab. Tegal di Stadion Tri Sanja Slawi, 1 Oktober 2022. (Instagram.com/hamka23hamzah)

Hamka turut mendesak agar PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dan PSSI segera mengumumkan nasib Liga 2. Baginya, sepak bola Indonesia sedang bergerak menuju arah positif. Alhasil, status abu-abu kompetisi kasta kedua bisa menjadi sinyal negatif bagi perkembangannya.

"Jangan sampai hanya karena segelintir oknum yang ingin Liga 2 tidak lanjut, akhirnya semua kena imbasnya," tulis bek kelahiran Makassar itu.

"Segera gulirkan Liga 2 dan 3. Sepak bola Indonesia sudah mulai bergerak maju dan ke arah yang tepat, jangan dibuat mundur lagi!" tandas Hamka.

3. Saat ini, klub-klub Liga 2 lebih banyak lakoni laga uji coba

Masih Belum Jelas, Hamka Hamzah Pertanyakan Nasib Liga 2 ke PT LIBPara pemain FC Bekasi City berpose sebelum laga pekan ke-6 Liga 2 2022-23 melawan Nusantara United FC di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, 27 September 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Aktivitas Liga 2 2022-23 sendiri sudah terhenti sejak 2 Oktober 2022, sebagai imbas dari Tragedi Kanjuruhan. Padahal mereka baru memasuki pekan ketujuh lantaran dimulai sejak 28 Agustus 2022, lebih dari sebulan usai kick off Liga 1 musim baru.

Untuk menjaga kebugaran pemain sembari mengisi waktu kosong, sejumlah klub mengadakan laga uji coba. Baik itu melawan sesama kontestan Liga 2, menantang peserta Liga 1, atau menjajal tim-tim dari kasta ketiga atau level amatir.

Di sisi lain, Mabes Polri dan PT LIB sedang melakukan verifikasi risk assessment stadion peserta tim-tim Liga 2. Beberapa yang sudah dinyatakan lolos adalah Stadion Teladan Medan (PSMS), Stadion Joyokusumo Pati (Persipa), Stadion Gelora Joko Samudro Gresik (Gresik United) dan Stadion Mandala Krida Yogyakarta (PSIM).

Baca Juga: 5 Pemain Asing Liga 1 yang Pernah Berlaga di Liga Top Eropa

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya