Malam Ini PSM Berjumpa Arema di Piala Presiden

Kedua tim masih menyusun komposisi tim utama

Makassar, IDN Times - Duel sengit langsung tersaji di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022. Tim tuan rumah Arema FC mendapat tantangan dari tamu mereka asal Sulawesi, PSM Makassar, dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang pada Sabtu malam (11/6/2022).

Kedua kubu sebenarnya masih meraba komposisi yang pas untuk mengarungi musim 2022/23. Tapi yang jadi pembeda, Singo Edan sejauh ini belum melengkapi kuota pemain asing. Mereka terus mencari pengganti Carlos Fortes yang hengkang ke PSIS.

Datang dengan banyak pemain muda, PSM setidaknya bisa memainkan tenaga impor yang sudah didaratkan. Bek Yuran Fernandes dan duo penyerang Everton Nascimento - Kenzo Nambu bereluang langsung jadi starter di laga ini. Meski demikian, target utama Wiljan Pluim cs tetap membangun tim untuk liga.

1. Bernardo Tavares meminta pemain PSM bermain lebih ngotot

Malam Ini PSM Berjumpa Arema di Piala PresidenPelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares dalam sesi latihan tim di Bosowa Sport Center, Kamis 12 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

"Target saya masih membangun tim dan mengembangkan pemain-pemain yang saya punya sekarang. Seperti yang kita semua tahu, PSM finis di posisi yang tak terlalu bagus. Musim depan kita berharap posisi di klasemen akan jauh lebih baik," kata pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat kemarin (10/6/2022).

Selain itu, juru taktik asal Portugal itu kembali menekankan bahwa ia akan menggunakan Piala Presiden sebagai ajang untuk melihat perkembangan anak asuhnya. Terlebih masih ada agenda penting  sudah menunggu, yakni AFC Cup 2022.

"Untuk hasil, tentu saja saya tidak mengatakan kita akan menang atau kalah. Saya bisa pastikan para pemain PSM akan memberi yang terbaik dari mereka, karena saya memang menuntut itu," paparnya.

2. Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, fokus mempersiapkan timnya

Malam Ini PSM Berjumpa Arema di Piala PresidenPelatih Arema FC, Eduardo Almeida (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebelum terbang ke Malang, PSM sudah jalani lima laga pemanasan. Hasilnya adalah dua kali menang, sekali imbang dan sepasang kekalahan. Arema FC juga lakoni lima uji tanding dengan catatan lebih baik yakni tiga kemenangan, sekali imbang dan satu hasil minor.

Eduardo Almeida, arsitek tim Arema FC, mengaku tak banyak mengintip kekuatan lawan lantaran sibuk menyiapkan timnya. Johan Alfarizi dkk disebutnya butuh start sempurna untuk membangun rasa percaya diri.

"Saya beberapa kali melihat rekaman pertandingan mereka di YouTube. Dari sana ada beberapa informasi yang bisa didapatkan. Namun terlepas dari itu, kami harus fokus pada tim sendiri untuk mendapat tiga poin," tutur coach Almeida dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

3. Juku Eja berpotensi menurunkan semua pemain asing

Malam Ini PSM Berjumpa Arema di Piala PresidenPemain Arema FC Hanif Sjahbandi (kiri) menjatuhkan pemain PSM Makassar Willem Jan Pluim dalam lanjutan laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/9/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Tanpa striker asing, Almeida justru melihatnya sebagai kesempatan emas untuk menguji kemampuan bomber lokal Arema FC. Ujung tombak mereka saat ini antara lain Dedik Setiawan, Hanis Saghara dan Bramntio Ramadhan.

"Ini kesempatan bagus untuk striker lokal menunjukkan kualitasnya. Saya tidak merasa ada masalah dengan tanpa striker asing. Karena striker lokal yang ada juga punya kapasitas," tegas eks pelatih Semen Padang itu.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim :

Arema FC (4-3-3)

Adilson Maringa (GK); Rizky Dwi Febrianto, Syaeful Anwar, Sergio Silva, Johan Alfarizi; Renshi Yamaguchi, Dendi Santoso, Evan Dimas Darmono; Ilham Udin Armaiyn, Dedik Setiawan, Adam Alis

PSM Makassar (4-4-2)

Reza Arya Pratama (GK); Dallen Doke, Yuran Fernandes, Ganjar Mukti, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim, Yakob Sayuri; Everton Nascimento, Kenzo Nambu

Siapa yang bisa meraup poin penuh di Kanjuruhan? Saksikan duel Arema FC kontra PSM Makassar pada Sabtu malam ini (11/6/2022), pukul 21.30 WITA.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya