Libas Barito Putera, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak Menang

Performa lini depan tetap menjadi sorotan

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, semringah bisa melanjutkan tren positif. Dalam laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis sore (9/2/2023), anak asuhnya bisa menang dengan skor telak 4-1.

Sempat tertinggal lebih dulu, Yance Sayuri bisa samakan kedudukan di pertengahan babak pertama. Mereka baru menggila selepas turun minum satu gol Ramadhan Sananta serta brace Wiljan Pluim. Meski menang, performa pemain depan masih jadi sorotan Tavares.

"Kita sebenarnya punya beberapa peluang yang tak bisa kita maksimalkan dengan baik saat berada di depan gawang," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas laga rampung.

1. PSM kembali menang berkat permainan efektif

Libas Barito Putera, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak MenangSalah satu momen pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Barito Putera yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 9 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berdasarkan statistik, Wiljan Pluim dkk tak terlalu agresif berdasarkan penguasaan bola. Angka possession yang dibukukan hanya 44℅ (241 operan) berbanding 56% (299 operan). Ini tak lepas dari permainan direct yang diterapkan sepanjang laga, di mana serangan terfokus pada sisi kanan.

Tapi, mereka benar-benar unggul untuk urusan mencari peluang. Ada 12 shots on target bisa mereka lepas dari total 23 percobaan. Sedangkan Barito Putera hanya bisa melepas 3 tembakan tepat sasaran dari 13 peluang sepanjang pertandingan.

Catatan terbesar ada di sektor belakang, sebab beberapa kali para winger Laskar Antarasi bisa leluasa menyisir lapangan tanpa bisa dihentikan. Pada babak kedua, mereka bahkan bisa melepas sejumlah crossing dan umpan tarik berbahaya.

Baca Juga: Profil Ahmad Rusadi, Si Jangkung Rekrutan Baru PSM Makassar

2. Bernardo Tavares menyebut timnya memang layak kantongi poin penuh

Libas Barito Putera, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak MenangSalah satu momen pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Barito Putera yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 9 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares menyebut bahwa timnya memang pantas menang atas tamu asal Banjarmasin. Upayanya menganalisis delapan pertandingan terakhiri Barito, termasuk saat menekuk Bali United pekan lalu, terbayar lunas dengan poin penuh.

"Sebelumnya kita sudah membahas tentang siapa saja Barito yang jadi tumpuan serangan, serta di mana saja kemungkinan mereka bagaimana mereka akan mencoba menyerang kita," jelas pelatih berpaspor Portugal tersebut.

"Saya kira ini adalah kemenangan yang layak kita dapat. Terutama untuk para pemain dan suporter kami yang memberi tambahan energi untuk kami," sambung Tavares.

Baca Juga: Bernardo Tavares dan Proyek Regenerasi Skuat PSM Makassar

3. Juku Eja akan menantang Persib Bandung pada pekan depan

Libas Barito Putera, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak MenangPara pemain PSM Makassar berpose sebelum pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2022-23 kontra Barito Putera yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 9 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Di sisi lain, winger Victor Dethan juga berterima kasih pada suporter atas dukungan yang diberikan secara langsung ke GBJH. Kian istimewa lantaran jebolan PSM U-18 tersebut menciptakan dua asis.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Tuhan. Terima kasih juga untuk suporter atas dukungannya dan teman-teman suporter dan semua di PSM yang sudah bekerja keras untuk menang," papar Victor.

Berkat hasil ini, PSM kembali bertengger di puncak klasemen sementara. Tapi mereka masih bisa digeser oleh Persib dan Persija yang masih menempel ketat.

Selanjutnya, Pasukan Ramang akan jalani "big match" dengan bertandang ke markas Pangeran Biru, Senin pekan depan (14/2/2023).

Baca Juga: PSM Makassar Vs Barito Putera, Bukan Partai Mudah bagi Tuan Rumah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya