Lawan RANS FC, PSM Usung Misi Menang di Laga Terakhir Musim Ini

Jadi penutup manis setelah dipenuhi jatuh-bangun

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, sudah siap menjalani laga penutup Regular Series BRI Liga 1 2023/24. Menjamu RANS Nusantara FC di Stadion Batakan Balikpapan, Selasa (30/4/2024) besok, ia berpesan agar anak asuhnya bisa mengerahkan segala daya upaya di partai terakhir musim ini.

"Kami harus masuk ke lapangan dengan energi dan usaha 200 persen, apalagi ini adalah pertandingan terakhir kami (musim ini). Biasanya, pertandingan terakhir akan menjadi memori untuk dikenang, tentang bagaimana sebuah klub menyelesaikan kompetisi," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Senin (29/4/2024) sore.

1. Musim 2023/24 sendiri tak berjalan mulus untuk sang juara bertahan

Lawan RANS FC, PSM Usung Misi Menang di Laga Terakhir Musim IniSalah satu momen pertandingan pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar melawan Borneo FC Samarinda yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Jumat 29 Maret 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Jalan Juku Eja sepanjang musim ini memang sangat terjal. Meski berstatus sebagai juara bertahan, mereka langsung terseok-seok sepanjang beberapa pertandingan awal. Jelang putaran kedua, mereka mulai sulit mendaki ke empat besar dan lebih banyak menghabiskan waktu di papan tengah.

Di sisi lain, kisah PSM musim ini turut diwarnai dengan hengkangnya Wiljan Pluim ke Borneo FC. Tanpa sang playmaker yang sudah berseragam merah marun sejak 2016, lini tengah mereka langsung timpang. Upaya mendatangkan Ze Paulo pun tak berhasil lantaran sang gelandang asla Brasil tersebut lebih sering dicadangkan.

2. Menang jadi kado untuk para pemain dan suporter sebelum libur panjang

Lawan RANS FC, PSM Usung Misi Menang di Laga Terakhir Musim IniPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan di Stadion UMS Solo pada Sabtu 2 Februari 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Selepas menjalani musim penuh jatuh-bangun, Tavares menyebut bahwa menutup musim dengan poin penuh akan menjadi kado manis. Tak cuma memberi senyum kepada para pemain sebelum jalani masa rehat kompetisi, tapi juga para suporter yang selalu mengiringi tim dari Parepare ke Balikpapan.

"Tentu saja ketika bisa memenangkan pertandingan, feel mengakhiri musimnya lebih dapat dan kami layak mendapatkan libur," ujar pelatih asal Portugal tersebut.

"Untuk suporter, saya ingin berterima kasih untuk dukungan kalian dari awal liga di Parepare. Serta pengorbanan kalian sebab pada saat kita pindah ke Batakan, kalian tetap datang mendukung kami," sambung Tavares.

Baca Juga: Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS 

3. Yuran Fernandes yakin tim tamu juga mengusung misi menang di Batakan

Lawan RANS FC, PSM Usung Misi Menang di Laga Terakhir Musim IniBek PSM Makassar, Yuran Fernandes, dalam sesi official traning pada 23 Februari 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Sementara itu, bek Yuran Fernandes yakin bahwa RANS Nusantara FC juga datang untuk memburu kemenangan. Terlebih mereka saat ini berada di papan bawah dan datang ke Balikpapan dengan misi menjauh dari zona degradasi. Alhasil, duel sengit berpotensi tersaji.

"Saya rasa tim lawan akan datang dengan usaha terbaik mereka. Mereka membutuhkan hasil tersebut, sedangkan kita mencoba untuk memenangkan pertandingan besok," ujar pemilik nomor punggung 4 tersebut dalam kesempatan yang sama.

Apakah Pasukan Ramang bisa menutup musim ini dengan poin penuh? Saksikan pertandingan pekan ke-34 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus RANS Nusantara FC pada Selasa (30/4/2024) besok, pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Arema FC Vs PSM Makassar, Waspadai Motivasi Tinggi Singo Edan!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya