Lawan Maung Bandung, Pelatih PSM Berharap Dukungan Suporter

Laga Juku Eja di Batakan belum menyentuh 2 ribu orang

Intinya Sih...

  • Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, berharap dukungan suporter saat timnya menghadapi Persib Bandung di Stadion Batakan Balikpapan.
  • PSM unggul di atas kertas dengan koleksi 9 poin dan bertengger di puncak klasemen sementara Liga 1, sementara Persib berada di posisi 8 dengan 5 poin.
  • Dukungan suporter di stadion dianggap sangat berarti oleh Tavares, karena dapat meningkatkan semangat para pemain. Jumlah rata-rata penonton laga kandang PSM di Batakan hanya 1.424 orang per laga.

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, berharap dukungan penuh dari suporter saat timnya bersiap menghadapi Persib Bandung. Duel klasik di pekan keempat BRI Liga 1 2024/25 tersebut berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Rabu mendatang (11/9/2024).

"Tanggal 11 (September) kami akan melawan Persib. Persib adalah tim yang kuat. Saya harap lebih banyak suporter yang datang (ke stadion untuk) mendukung kami," harapnya seperti dikutip dari situs resmi PT Liga Indonesia Baru, Senin (9/9/2024).

1. Di atas kertas, PSM diunggulkan karena catatan positif sejak pekan pertama

Lawan Maung Bandung, Pelatih PSM Berharap Dukungan SuporterBek PSM Makassar, Aloisio Soares Neto (paling kanan), merayakan gol yang ia cetak ke gawang Dewa United dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2024/25 yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan pada 26 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Untuk catatan di tiga pertandingan terakhir Liga 1, PSM unggul di atas kertas. Ini tentu saja berkat sapu bersih semua laga sejak pekan pertama. Persis Solo dilibas 3-0, tim promosi PSBS Biak kena bekuk 1-2 dan terakhir mereka menang meyakinkan 3-1 atas Dewa United. Koleksi 9 poin membuat PSM bertengger di puncak klasemen sementara.

Sementara itu, grafik permainan Persib masih naik turun. Setelah menekuk PSBS Biak dengan skor 4-1 di pekan pertama, mereka harus menelan dua hasil imbang beruntun. Masing-masing yakni 2-2 lawan Dewa United, dan 1-1 kontra Arema FC. Sang juara bertahan saat ini berada di posisi 8 lantaran baru kantongi 5 poin.

2. Dukungan suporter disebut jadi pelecut semangat seluruh pemain

Lawan Maung Bandung, Pelatih PSM Berharap Dukungan SuporterPara suporter PSM Makassar yang datang mendukung langsung di Stadion Batakan Balikpapan. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Tavares menegaskan bahwa dukungan suporter adalah faktor kunci dalam keberhasilan tim, terutama di pertandingan kandang. Ia menyebut bahwa semangat para pemain semakin terlecut ketika mereka mendapat dukungan langsung dari para penggemar di stadion.

"Dukungan suporter sangat berarti. Karena pemain layak mendapatkannya dari para suporter di stadion," ungkap pelatih berlisensi A Pro UEFA ini. Hingga pekan ketiga, jumlah rata-rata penonton laga kandang PSM di Batakan hanya 1.424 orang per laga.

3. Juku Eja selalu dominan tiap berjumpa Maung Bandung sejak musim 2022/23

Lawan Maung Bandung, Pelatih PSM Berharap Dukungan SuporterPersib Bandung menjamu PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada pembukaan Piala Presiden 2024, Jumat (19/7/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Sepanjang dua musim terakhir, PSM menunjukkan superioritas atas Persib. Di musim 2022/23, PSM berhasil menang telak 5-1 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. Ketika bertandang ke markas Maung Bandung yakni Stadion Pakansari Cibinong, tim asuhan Tavares juga unggul dengan skor 2-1.

Pada musim 2023/24, PSM kembali menang 4-2 saat menjamu Persib di Parepare, memperpanjang tren positif mereka tiap berjumpa anak-anak Bandung. Ketika giliran melawat ke Stadion Si Jalak Harupat Soreang, PSM satu poin sukses dibawa pulang berkat hasil imbang tanpa gol.

Baca Juga: Jelang Lawan Persib, Pemain PSM Jaga Fokus di Sesi Latihan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya