Laga Seru PSM Lawan Bali United Berakhir Imbang 0-0 

Kedua tim bermain terbuka, tapi gol tak kunjung tercipta

Makassar, IDN Times - Meski bermain agresif, PSM Makassar harus berbagi poin dengan Bali United dalam laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/24. Duel yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan pada Sabtu malam (24/2/2024) tersebut berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Komposisi Tim

PSM Makassar tak mengubah susunan tim dari pekan ke-24. Yuran Fernandes masih mengawal lini belakang bersama Daffa Salman dan Safrudin Tahar. Trio Muhammad Arfan, Akbar Tanjung dan Kenzo Nambu berada di sektor tengah. Kemudian Joao Pedro serta Victor Mansaray didapuk sebagai juru gedor.

Sementara itu, Bali United melakukan beberapa perubahan. Winger Novri Setiawan dan gelandang I Kadek Agung Widnyana langsung dipasang sebagai starter. Elias Dolah serta Jajang Mulyana mendapat tugas sebagai palang pintu. Gelandang muda I Gede Sunu akhirnya jalani debut di pentas Liga 1.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup pelan sepanjang 15 menit pertama. Bali United lebih banyak menunggu bola, di saat PSM kesusahan membongkar lini belakang lawan. Upaya mengirim ancaman lewat bola mati dan tendangan spekulasi tidak membuahkan hasil.

Menit ke-24, Bali United mengirim serangan balik lewat Jefferson Assis. Tapi bola umpannya ke Privat Mbarga mampu dipotong oleh bek PSM yakni Safrudin Tahar. Semenit berselang, giliran kiper Juku Eja Reza Arya yang memotong upaya bek lawan I Made Andhika yang maju merangsek ke depan.

Tim tamu beberapa kali mengancam lewat skema counter attack. Menit ke-27, upaya Eber Bessa mengirim crossing masih bisa dipatahkan oleh Reza Arya. Kiper utama PSM tersebut kembali menyelamatkan gawang pada menit ke-33, dengan menangkap tendangan bebas Eber Bessa.

PSM baru kembali mengirim ancaman pada 10 menit terakhir babak pertama. Pada menit ke-35, sepakan melengkung Yakob mampu dihalau oleh penjaga gawang Bali United yakni Adilson Maringa.

Lima menit berselang, giliran gelandang PSM yakni Kenzo Nambu yang melepas tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti tapi masih terlalu tinggi. Free kick Yance Sayuri yang dimentahkan Adilson Maringa jadi peluang terakhir di babak pertama. Skor 0-0 iringi kedua tim masuk masa turun minum.

Masuk babak kedua, Serdadu Tridatu lebih banyak menguasai bola. Mereka berusaha membongkar pertahanan lawan dengan kombinasi serangan di sisi sayap dan kiriman umpan silang. Tapi, upaya-upaya tersebut kerap dipatahkan bek-bek tim tuan rumah.

Kendati demikian, anak asuh Bernardo Tavares kembali mengancam pada menit ke-56. Kenzo Nambu kembali melepas tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya, peluang on target tersebut bisa diamankan oleh Adilson Maringa.

Adilson membuktikan dirinya sebagai tembok kokoh yang sukar dirobohkan. Ia kembali menepis peluang emas PSM pada menit ke-68 PSM, kali ini datang dari tendangan bebas hasil eksekusi Yuran Fernandes.

Intensitas serangan akhrinya ditingkatkan oleh Pasukan Ramang menginjak pertengahan babak kedua. Sedangkan Bali United memilih mengirim ancaman lewat umpan-umpan panjang yang mengarah langsung ke Eber Bessa.

Ancaman untuk PSM kembali muncul pada menit ke-74. Umpan dari tendangan bebas Eber Bessa disambut backheader oleh Privat Mbarga yang berdiri di dalam kotak penalti. Reza Arya mati langkah, tapi bola sundulan Privat malah melebar dari sasaran.

Privat Mbarga kembali melepas sundulan pada menit ke-83. Manfaatkan backheader setelah menerima umpan dari Eber Bessa, ia menyambar bola dan membuat Yakob Sayuri tak sempar bereaksi. Tapi, upaya striker Timnas Kamboja tersebut masih melebar.

Menit ke-85, penyelamatan apik dilakukan oleh Safrudin Tahar. Kiper Reza Arya maju untuk menutup ruang Privat Mbarga tapi gagal. Bola kemudian dioper ke Sidik Saimima yang berdiri bebas. Sidik melepas tembakan dari tengah lapangan, tapi Safrudin bisa mementahkan bola dengan kepalanya tepat di depan gawang PSM.

Masuk pengujung waktu normal, kedua tim terlibat jual-beli serangan. Bali United melalui sundulan Ilija Spasojevic yang masih meleset. Lalu PSM via sepakan akrobatik Yakob Sayuri yang melebar tipis dari sasaran. Tapi, tak ada gol yang tercipta hingga peluit panjang ditiup, skor 0-0 tak berubah.

Berikut susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri (Dzaky Asraf, 86'), Muhammad Arfan (Ananda Raehan Alief, 63'), Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Rasyid Bakri, 86'), Yakob Sayuri; Joao Pedro (Ricky Pratama, 58'), Victor Mansaray

Bali United (4-3-3)

Adilson Maringa (GK); I Made Andhika Wijaya (Ardi Idrus, 80'), Elias Dolah, Jajang Mulyana, Ricky Fajrin; I Gede Sunu Jyesta Wibawa (Sidik Saimima, 62'), I Kadek Agung Widnyana, Eber Bessa; Novri Setiawan (M Rahmat, 40'), Jefferson Assis (Ilija Spasojevic, 62'), Privat Mbarga

Baca Juga: Tavares Optimistis PSM Makassar Bisa Merangsek ke Papan Atas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya