Comscore Tracker

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)

Dua raihan bertolak belakang: satu trofi dan papan tengah

Makassar, IDN Times - Tahun 2019 jadi masa penuh suka duka bagi hampir semua klub sepakbola Tanah Air, termasuk PSM Makassar. Meski finis di peringkat 12 Shopee Liga 1 2019 --sangat jauh dari target papan atas-- sejumlah hasil mentereng berhasil dicapai. Ada babak semifinal AFC Cup Zona ASEAN, serta tentu saja trofi Piala Indonesia 2018/19. Gelar tersebut membuat Kota Daeng kembali berpesta setelah menunggu selama nyaris 19 tahun.

Darije Kalezic memang hanya menemani Pasukan Ramang selama 10 bulan lebih. Dengan masa bakti yang amat singkat, ia mengaku terkesan dengan keramahan dan antusiasme publik Makassar setiap mendukung PSM.

Pasang surut iringi langkah Wiljan Pluim beserta kolega sepanjang tahun, dengan sepasang capaian yang saling bertolak belakang. Berikut ini kilas balik sepak terjang PSM sepanjang tahun 2019, seperti dihimpun oleh IDN Times.

7. Juli: Tiket final dramatis di Pamekasan

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)Instagram.com/maduraunited.fc

4 Juli : Mengingat waktunya yang berdempetan serta alasan lain, laga pekan ke-6 yang mempertemukan Madura United dan PSM dipindah dari Jumat 28 Juni ke Kamis 4 Juli . Trun dengan skuat penuh, PSM justru ditekuk dua gol tanpa balas. (Posisi di klasemen : 8)

7 Juli : Hasil di Liga 1 membuat sebagian pihak was-was dengan hasil leg kedua. Benar saja. Di hadapan publik Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, anak asuh Dejan Antonic sempat berhasil memimpin dua gol lewat Aleksandar Rakic dan Greg Nwokolo. Beruntung sepakan Aaron Evans membuat ribuan K-Chonk Mania terdiam. PSM memang kalah 2-1 dan agregat 2-2, namun mereka berhak melaju ke babak puncak Piala Indonesia berkat keunggulan gol tandang.

13 Juli : Bhayangkara FC bertandang ke Mattoanging dengan ambisi memetik poin penuh demi lepas dari papan tengah. PSM sempat tertinggal lewat tendangan bebas Anderson Salles. Beruntung, Marc Klok dan Ferdinand Sinaga berhasil membawa PSM bangkit dari ketertinggalan. (Posisi di klasemen : 8)

17 Juli : Dua alumnus Perserikatan, PSM dan Persebaya Surabaya, saling jajal di Makassar pada pekan ke-9 Liga 1 2019. Duel ofensif berhasil dimenangi tuan rumah dengan skor tipis 2-1. (Posisi di klasemen : 6)

19 Juli : Partai pekan ke-10 (Kalteng Putra vs PSM) ditunda akibat berdempetan dengan jadwal final Piala Indonesia.

21 Juli : Leg pertama babak final Piala Indonesia 2018/19 berlangsung di markas Persija Jakarta, Stadion Gelora Bung Karno. Di hadapan puluhan ribu Jakmania, PSM tampil bertahan sepanjang 90 menit. Namun, gol sundulan Ryuji Utomo pada penghujung laga memberi Macan Kemayoran nafas dalam wujudkan ambisi gelar ganda.

25 Juli : Laga pekan ke-11 (PSM kontra PSIS Semarang) ditunda akibat jadwalnya berdempetan dengan babak final Piala Indonesia.

28 Juli : Leg kedua final Piala Indonesia, yang sedianya digelar pada Minggu 28 Juli terpaksa ditunda dengan alasan keamanan. Bus Persija yang dilempari oleh oknum suporter sehari sebelumnya membuat PSSI harus memindahkan laga tersebut ke hari lainnya. Wacana pemindahan laga ke tempat lain sempat menguat, sebuah hal yang ditolak mentah-mentah manajemen PSM.

Baca Juga: Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)

8. Agustus: Pesta pertama sejak tahun 2000

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)IDN Times/Achmad Hidayat Alsair

1 Agustus : Penundaan leg kedua final Piala Indonesia membuat laga pekan ke- kontra Bali United dimajukan ke 1 Agustus. Melawat ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Juku Eja turun tanpa Pluim yang istirahat akibat cedera. Dengan lini tengah yang kelimpungan, sektor belakang diberi ujian berkali-kali. Kokohnya lini pertahanan runtuh lewat sundulan Melvin Platje. (Posisi di klasemen : 10)

6 Agustus : Leg kedua final Piala Indonesia akhirnya dihelat dalam pengamanan maksimum baik di luar dan dalam stadion. Tertinggal agregat 1-0, PSM wajib menang minimal dua gol tanpa balas jika ingin menyabet gelar pertama sejak 2000. Misi tercapai. Sepasang angka sumbangan Aaron Evans dan Zulham Zamrun membuat seisi Makassar berpesta lagi setelah 19 tahun lewat.

10 Agustus : PSM melawat ke Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, dengan status sebagai juara Piala Indonesia. Namun lawatan kali ini tanpa sejumlah pemain inti yang diistirahatkan. Benar saja, laga pekan ke-16 dimenangi Pesut Etam berkat sepasang gol Terens Puhiri. (Posisi di klasemen : 13)

14 Agustus : Salah satu penghuni zona bawah, Barito Putera, bertandang ke Mattoanging dalam laga pekan ke-14. Anak asuh Djadjang Nurdjaman tidak keder berhadapan dengan kekuatan penuh PSM. Namun, tuan rumah masih perkasa. Duel tersebut dimenangi Juku Eja dengan skor 2-1. (Posisi di klasemen : 9)

18 Agustus : Persib Bandung mencicipi angkernya Mattoanging, sekaligus reuni pertama Robert Rene Alberts sebagai pelatih kepala Pangeran Biru. Laga pekan ke-15 ini berhasil dimenangi PSM dengan skor 3-1. (Posisi di klasemen : 8)

19 Agustus : Sempat alami ketidakpastian dengan AFC Tubize, klub divisi dua Belgia itu lalu menerima permintaan PSM untuk meminjam Firza Andika. Permintaan dikabulkan. Firza jadi rekrutan pertama PSM di bursa transfer tengah musim.

23 Agustus : Usai dua kemenangan beruntun, PSM bertandang ke markas PSS Sleman yakni Stadion Maguwoharjo. PSS sendiri ketika itu sedang diliputi hasil negatif selama beberapa laga terakhir. PSM sempat memimpin dua gol di babak pertama. Namun Super Elja langsung tancap gas lesakkan tiga gol balasan pada paruh kedua laga. (Posisi di klasemen : 9)

27 Agustus : Raphael Maitimo jadi rekrutan pertama PSM pada bursa transfer tengah musim. Gelandang naturalisasi itu didatangkan dari PSIM Yogyakarta.

28 Agustus : Laga tunda pekan ke-7 mempertemukan Persija dan PSM untuk yang pertama sejak final Piala Indonesia. Laga berjalan seru. Kedua kesebelasan ngotot saling menyerang. Namun, tak ada gol tercipta. Skor kacamata akhiri duel sarat aroma balas dendam ini. (Posisi di klasemen : 8)

31 Agustus : Setelah dilepas oleh Persebaya Surabaya, Amido Balde langsung direkrut PSM. Ujung tombak asal Ghana tersebut mengganti Eero Markkanen yang dilepas akibat penampilan tak maksimal.

9. September: Bergeming di papan tengah Liga 1

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

1 September : Mentalitas comeback kembali ditunjukkan PSM. Menerima kunjungan Persela pada pekan ke-17, sang tuan rumah sempat tertinggal melalui gol Rafael Oliveira. Beruntung gol Amido Balde dan Wiljan Pluim mengantar Pasukan Ramang keluar sebagai pemenang. Winger muda M. Rizky Eka Pratama juga jalani debut bersama tim senior. (Posisi di klasemen : 8)

7 September : Ezra Walian jadi rekrutan terakhir PSM di bursa transfer tengah musim. Didatangkan dari RKC Waalwijk, penyerang 22 tahun itu bergabung dengan durasi kontrak hingga 2022

10 September : Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Darije Kalezic memberi tahu bahwa Zulkifli Syukur resmi dilepas ke klub Liga 2 Sriwijaya FC dengan status pinjaman. Ia menyusul Reva Adi Utama yang sudah dibeli oleh Badak Lampung FC, serta Hendra Wijaya - Saldy Amiruddin yang juga dipinjam klub Liga 2 lain, PSIM Yogyakarta.

11 September : PSIS Semarang memberi PSM kekalahan kandang pertama di musim 2019. Meski PSM mendominasi dan bermain lebih agresif di partai tunda pekan ke-11 tersebut, gol tunggal Heru Setyawan menangkan Laskar Mahesa Jenar atas tuan rumah. (Posisi di klasemen : 9)

15 September : PSM melawat ke Stadion Sumpah Pemuda Bandar Lampung, markas Badak Lampung FC. Kemenangan tandang pertama dibidik, mengingat Laskar Saburai saat itu terjerembap di posisi terbawah klasemen. PSM sempat unggul lewat sundulan Amido Balde, namun serangan balik BLFC memupus misi tiga poin. (Posisi di klasemen : 9)

19 September : Partai pekan ke-19 mempertemukan PSM dan PS TIRA-Persikabo di Mattoanging. Laskar Pajajaran berhasil ditekuk dengan skor 2-0, berkat gol Wiljan Pluim dan Ferdinand Sinaga. (Posisi di klasemen : 9)

23 September : Lawatan PSM ke markas Semen Padang berujung mimpi buruk. Dua kiper mereka, Rivky Mokodompit dan Hery Prasetyo, ditarik keluar akibat cedera. Zulham Zamrun terpaksa didapuk sebagai kiper dadakan selama 10 menit terakhir. Sayang miskomunikasi dengan Abdul Rahman berujung gol Vanderlei Fransisco, mengubah skor menjadi 2-1 untuk Kabau Sirah. (Posisi di klasemen : 9)

27 September : PSM membawa luka di Padang ke Sidoarjo. Laga pekan ke-21 digelar di Stadion Gelora Delta lantaran Persipura harus menjadi musafir lantaran renovasi Stadion Mandala untuk PON 2020. Hasil akhir? 3-1 untuk tim Mutiara Hitam. (Posisi di klasemen : 9)

10. Oktober: Wiljan Pluim dkk didera performa inkonsisten

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

3 Oktober : Tur Sumatera-Jawa diakhiri dengan kunjungan ke markas Arema FC. Hasil negatif kembali dipetik. Mereka ditundukkan dua gol tanpa balas. Pada hari yang sama, partai tunda PSM kontra Persipura di Mattoanging pada 6 Oktober ditunda akibat tak mendapat rekomendasi dari kepolisian. (Posisi di klasemen : 9)

13 Oktober : Berdasarkan surat keputusan AFC Club Licensing Committee, Nomor : 003/CLC-PSSI/X/2019, PSM dinyatakan telah memenuhi seluruh kriteria AFC sebagai klub profesional.

16 Oktober : PSM mengamuk! Pertemuan kedua mereka dengan Arema FC (partai tunda pekan ke-5) diakhiri dengan skor telak 6-2. Singo Edan terkapar di kandang ayam. (Posisi di klasemen : 9)

20 Oktober : Persija datang memberi kekalahan kandang kedua untuk PSM. Sepakan Marko Simic di menit ke-85 sudah cukup untuk membungkam seisi Mattoanging. Macan Kemayoran menang tipis 0-1. (Posisi di klasemen : 9)

24 Oktober : Partai pekan ke-24 Liga 1 sekaligus ulangan semifinal Piala Indonesia di Mattoanging. Namun hasilnya sama saja. Penalti Marc Klok ke gawang Muhammad Ridho sudah cukup untuk menangkan PSM atas Madura United. (Posisi di klasemen : 8)

29 Oktober : Rekor tak pernah kalah atas Bhayangkara FC putus juga. Lawatan ke Stadion PTIK Jakarta Selatan berakhir dengan skor 3-2 untuk tuan rumah. (Posisi di klasemen : 8)

11. November: Nyaris merangsek ke papan atas

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

2 November : Tak mengantongi izin keamanan, partai Persebaya vs PSM yang harusnya berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, akhirnya ditunda.

6 November : Partai pekan ke-27 mempertemukan PSM dan Kalteng Putra. Sempat tertinggal, Wiljan Pluim cs berhasil balikkan keadaan menjadi 2-1 lewat Amido Balde dan Rizky Pellu. (Posisi di klasemen : 9)

10 November : PSM harusnya menang mudah atas Kalteng Putra saat giliran bertandang ke Stadion Tuah Pahoe dalam laga tunda pekan ke-10. Tiga angka yang bersarang hanya dibalas sebiji gol dari Aji Kurniawan. (Posisi di klasemen : 9)

14 November : Duel Persebaya ve PSM dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dengan kekuatan nyaris penuh, harus tiga poin berhasil dipetik. Namun, justru Bajul Ijo yang berjaya berkat kemenangan 3-2. (Posisi di klasemen : 9)

18 November : Perjumpaan dengan Persipura, yang sudah ditunda sebanyak tiga kali, akhirnya dihelat. Anak asuh Jacksen F. Tiago harus mengakui keunggulan tuan rumah. Skor akhir 4-0. (Posisi di klasemen : 8)

23 November : Giliran Bali United, si pemuncak klasemen sementara, yang dibekuk 1-0. Rasyid Bakri jadi aktor tunggal kemenangan PSM atas Serdadu Tridatu berkat gol semata wayangnya. (Posisi di klasemen : 5)

27 November : Niatan memutus puasa kemenangan di laga tandang kembali pupus. PSM dibekuk 1-0 oleh PSIS Semarang saat saling jajal di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah. (Posisi di klasemen : 5)

12. Desember: Akhir perjalanan penuh suka duka

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 2-Habis)Pesepak bola Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kanan) melepas tendangan dibayangi oleh dua pemain PSM Makasar Rasyid Bakri (kiri) dan Hasim Kipuw (tengah) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). Pertandingan tersebut dimenangkan Persib Bandung dengan skor 5-2. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

2 Desember : Di laga pekan ke-30, PSM justru gagal memetik kemenangan di kandang sendiri. Mereka ditahan imbang 2-2 oleh Borneo FC. (Posisi di klasemen : 7)

7 Desember : Giliran Persela Lamongan yang perpanjang derita tandang PSM. Dengan lini tengah timpang, mereka dilibas 4-1 oleh Laskar Joko Tingkir. Ribuan LAMania berpesta di Stadion Surajaya. (Posisi di klasemen : 8)

11 Desember : Barito Putera membekuk PSM dengan skor tipis 3-2 saat saling jumpa di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan. Amido Balde diganjar kartu merah jelang laga usai. (Posisi di klasemen : 11)

14 Desember : Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Darije Kalezic mengumumkan bahwa kontraknya tak diperpanjang oleh pihak manajemen.

15 Desember : Duel partai kandang terakhir di musim 2019 kontra PSS Sleman berakhir sama kuat 1-1. Sebuah akhir yang anti-klimaks. (Posisi di klasemen : 10)

22 Desember : Laga pekan ke-34 sekaligus penutup perjalanan Pasukan Ramang di tahun 2019. PSM dibekuk Persib Bandung dengan skor telak 5-2. (Posisi di klasemen : 12)

31 Desember : CEO PSM, Munafri Arifuddin, mengumumkan Bojan Hodak (eks pelatih Kelantan FA dan Johor Darul Ta'zim) sebagai juru taktik baru PSM.

Baca Juga: Bojan Hodak, Eks Pelatih Malaysia U-19 dan JDT Jadi Nahkoda Baru PSM

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya