Juara Liga Kamboja dan Myanmar Jadi Lawan PSM di ACC 2024/25

Svay Rieng serta Shan United lolos dari babak play-off

Intinya Sih...

  • Svay Rieng dan Shan United lolos ke Grup A ASEAN Club Championship setelah menang di play-off.
  • Svay Rieng mengalahkan Young Elephants dengan agregat 8-2, sementara Shan United menekuk Kasuka FC berkat agregat 4-2.
  • Kedua tim akan menjadi lawan PSM Makassar di ajang tersebut, membuat persaingan semakin sengit.

Makassar, IDN Times - Rampung sudah fase play-off Kejuaraan Antarklub Asia Tenggara atau ASEAN Club Championship musim 2024/2025. Dua tim berhasil meraih tiket ke Grup A setelah melalui duel kandang-tandang masing-masing pada 17 dan 24 Juli 2024 lalu.

PKR Svay Rieng (Kamboja) dan Shan United (Myanmar) menjadi calon lawan PSM Makassar di ajang tersebut. Svay Rieng melibas Young Elephants (Kamboja) dengan agregat 8-2. Sedangkan Shan United menekuk Kasuka FC (Brunei Darussalam) berkat agregat 4-2.

1. PRK Svay Rieng diperkuat oleh sejumlah pilar penting Timnas Kamboja

Juara Liga Kamboja dan Myanmar Jadi Lawan PSM di ACC 2024/25Para pemain PKR Svay Rieng berpose sebelum leg kedua play-off ASEAN Club Championship 2024/2025 melawan Young Elephants yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh pada Rabu 24 Juli 2024. (Instagram.com/pkrsvr_fc_official)

PKR Svay Rieng merupakan jawara Cambodian Premier League musim lalu. Mereka bahkan ikut menyabet trofi Piala Kamboja (atau Hun Sen Cup) edisi 2023/2024. Status tersebut memperkuat kepantasan mereka tampil di ACC, sekaligus terjun ke ajang AFC Challenge League.

Skuat klub berjuluk Blue Saber tersebut dihuni oleh sejumlah pemain Timnas Kamboja. Sebut saja kiper Vireak Dara, bek kanan Sareth Krya, winger blasteran Kamboja-Amerika Serikat yakni Nick Taylor, serta gelandang bertahan Thierry Bin yang lama merumput di Liga Prancis.

2. Shan United lolos ke fase grup ACC usai menekuk wakil Brunei Darussalam

Juara Liga Kamboja dan Myanmar Jadi Lawan PSM di ACC 2024/25Para pemain Shan United berpose sebelum leg pertama play-off ASEAN Club Championship 2024/2025 melawan Kasuka FC yang berlangsung di Hassanal Bolkiah Stadium, Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam pada Rabu 17 Juli 2024. (Facebook.com/ASEAN United)

Sedangkan Shan United merupakan juara Myanmar National League 2023. Ini membuat anak asuh Myo Hlaing Win itu juga berhak tampil di AFC Challenge League musim 2024/2025. Tim tersebut turut dihuni sejumlah pilar Timnas Myanmar yakni bek kiri Thet Hein Soe, bek tengah Zwe Khant Min dan gelandang serang Myat Kaung Khant.

PSM sendiri sudah pernah berjumpa Shan United. Ini terjadi dalam laga fase penyisihan grup AFC Cup 2020 yang berlangsung di Stadion Madya GBK Jakarta. Juku Eja, yang saat itu diasuh Bojan Hodak, berhasil menekuk tamu asal Myanmar dengan 3-1. Gol-gol PSM diciptakan oleh Giancarlo Rodrigues, Ferdinand Sinaga serta Yakob Sayuri.

Baca Juga: Tavares Frustrasi PSM Kebobolan Menit Akhir Lawan Borneo FC

3. PSM Makassar sudah pernah berjumpa Shan United di AFC Cup 2020

Juara Liga Kamboja dan Myanmar Jadi Lawan PSM di ACC 2024/25Salah satu momen laga matchday kedua Grup H AFC Cup 2020 antara PSM Makassar versus Shan United yang berlangsung di Stadion Madya GBK Jakarta, 26 Februari 2020. (Instagram.com/psm_makassar)

Kedatangan PKR Svay Rieng dan Shan United membuat persaingan Grup A ACC 2024/2025 semakin sengit. Dua tim tersebut bisa saja menghadirkan kejutan dengan menekuk klub-klub yang lebih diunggulkan untuk lolos.

Berikut ini jadwal lengkap PSM Makassar di ajang ASEAN Club Championship 2024/2025 :

  • Matchday 1 : PSM Makassar Vs BG Pathum United, Stadion Batakan Balikpapan (Indonesia), 21 Agustus 2024
  • Matchday 2 : PSM Makassar Vs Shan United, Stadion Batakan Balikpapan (Indonesia), 25 September 2024
  • Matchday 3 : PKR Svay Rieng Vs PSM Makassar, Olympic Stadium Phnom Penh (Kamboja), 8 Januari 2025
  • Matchday 4 : Terengganu FC Vs PSM Makassar, Stadion Sultan Mizan Zainal Abidin Terengganu (Malaysia), 22 Januari 2025
  • Matchday 5 : PSM Makassar Vs Dong A Thanh Hoa, Stadion Batakan Balikpapan (Indonesia), 5 Februari 2025

Baca Juga: Dua Catatan Penting PSM Makassar usai Tersingkir dari Piala Presiden

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya