Comscore Tracker

Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019

Juku Eja punya "tabungan" memadai untuk mengejar poin

Makassar, IDN Times - Berkecimpung di tiga ajang berbeda rupanya berimbas pada penjadwalan ulang sejumlah pertandingan PSM di Liga 1. Setelah sebelumnya sibuk di helatan kontinental AFC Cup 2019, armada asuhan Darije Kalezic ini tengah disibukkan dengan babak penutup Piala Indonesia 2018/19. Kejuaraan yang berjalan sejak Mei 2018 itu akhirnya sampai pada penentuan siapa berhak menyandang status jawara.

Namun, sebagai imbas dari kendala jadwal, babak final yang sempat direncanakan rampung pada akhir 2018 itu baru mementaskan dua leg final pada Juli 2019. Seiring dengan dijalaninya fase pamungkas, jadwal partai tunda PSM pun kembali bertambah. Berikut ini empat laga yang sudah masuk dalam kategori "butuh tanggal secepatnya" di meja kerja PT LIB selaku operator liga.

1. PSM vs Persipura, Pekan Empat

Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019Liga-Indonesia.id

Daftar singkat ini dibuka dari laga kandang kontra Persipura. Sedianya dihelat pada Jumat 14 Juni 2019 setelah jeda Lebaran, Boaz Solossa dkk bertandang ke Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Sayangnya, partai ini terpaksa ditunda lantaran PSM tengah sibuk bersiap jelang leg pertama babak semifinal AFC Cup Zona ASEAN kontra Becamex Binh Duong.

Belakangan, jadwal pengganti sudah diterbitkan oleh PT LIB, yakni pada Kamis 25 Juli. Namun lagi-lagi diundur akibat jadwal final Piala Indonesia. Begitu juga dengan jadwal pekan ke-11 mereka menjamu Persija di Stadion Mandala pada Selasa 30 Juli lantaran Macan Kemayoran harus bertandang ke Makassar untuk final leg kedua.

Atas alasan efisiensi, anak asuh Jacksen F Tiago untuk sementara berdiam di Surabaya (versus Persebaya, pekan 12, Sabtu 3 Agustus) usai menantang Bhayangkara FC pada hari Minggu (21/7).

Baca Juga: Menang 2-1 Atas Persebaya, PSM Naik ke Peringkat Enam

2. PSM vs Arema, Pekan Lima

Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019Liga-Indonesia.id

Sempat merasa was-was lantaran potensi terkurasnya kebugaran pemain usai melawat ke Vietnam, manajemen PSM kemudian melayangkan surat ke PT LIB. CEO PSM, Munafri Arifuddin, menggarisbawahi faktor tersebut bakal membayangi laga pekan kelima saat mereka harus meladeni Arema di Mattoanging pada Minggu 23 Juni.

Total jarak yang ditempuh --jika nekat tetap patuh pada jadwal-- dari Ho Chi Minh City - Jakarta - Makassar adalah lebih 4.000 kilometer, dengan masa recovery minim. Belum menghitung jarang kembali ke ibu kota demi persiapan menjamu Binh Duong tiga hari kemudian (Rabu, 26/6).

Untunglah, PT LIB mengabulkan permintaan tersebut. Juru taktik Singo Edan, Milomir Seslija, sempat mengeluh bahwa ritme bertanding anak asuhnya terganggu. Tenggat waktu jadwal pengganti sendiri akan diumumkan maksimal hingga 30 Juli.

3. Kalteng Putra vs PSM, Pekan Sepuluh

Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019Liga-Indonesia.id

Bertepatan dengan leg pertama Piala Indonesia 2018/19 (Minggu, 21/7), PSM dijadwalkan bertamu ke kandang tim promosi Kalteng Putra. Akan tetapi, laga ini pun terpaksa diundur demi memungkinkan fase penutup kejuaraan yang diadakan PSSI tersebut berjalan lancar.

"Saya harap tidak ada pertandingan liga dulu untuk kami berdua (PSM dan Persija). Supaya bisa adil, kedua tim benar-benar memperlihatkan performa terbaik, dan final semakin menarik karena kualitas tim sesungguhnya bisa terlihat," ujar Munafri Arifuddin selaku CEO PSM pada Senin (15/7).

Kini Laskar Isen Mulang langsung menatap laga pekan ke-11 saat mereka melawat ke Stadion Pakansari Bogor sebagai tamu PS TIRA-Persikabo, pada Jumat (26/7).

4. PSM vs PSIS, Pekan Sebelas

Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019Liga-Indonesia.id

Hanya berjarak satu hari dengan leg kedua final Piala Indonesia yakni pada Senin 29 Juli, bentrok PSM versus PSIS jelas tak mungkin dilaksanakan. Jadwal pekan kesebelas pun akhirnya ditunda hingga PT LIB menerbitkan surat terkait pembaruan jadwal.

Nah, Laskar Mahesa Jenar rupanya menyambut baik penundaan ini. Usai kalah tipis 0-1 dari Persib di kandang sendiri pada Sabtu (20/7) lalu, Hari Nur Yulianto beserta kolega butuh pemulihan motivasi bertanding, recovery hingga evaluas tiap lini. Tim asuhan pelatih Jafri Sastra itu langsung menatap pekan ke-12 (Jumat, 2/8), saat mereka ditantang tim papan atas PS TIRA-Persikabo.

Semoga jadwal pengganti seluruh partai tunda segera rilis, ya.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You