Imbang Tanpa Gol, PSM Bawa Pulang Sebiji Poin dari Markas Persib

Meski bertukar serangan, tiada gol tercipta hingga laga usai

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berhasil membawa pulang satu poin di kandang Persib Bandung. Laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Senin malam (4/12/2023) berakhir sama kuat 0-0.

Persib langsung tancap gas menyerang sejak menit awal. Mereka mengandalkan para winger untuk mengirim ancaman, yakni lewat umpan silang yang mengarah ke David da Silva atau sepakan jarak jauh.

Menit ke-7, Ciro Alves melepas tembakan tepat sasaran tapi belum menjadi gol. Dua menit berselang, upaya Rezaldi Hehanusa ternyata bernasib sama. Semuanya bisa diblok oleh bek-bek PSM.

PSM baru keluar menyerang setelah tertekan di sepanjang 13 menit awal. Yance Sayuri dan Victor Mansaray sama-sama mendapat peluang di menit ke-14. Dua menit kemudian, giliran Adilson da Silva yang membuat bek-bek Persib kerepotan. Kemudian berturut-turut Yuran Fernandes, Daffa Salman dan Yance menguji kesigapan barisan belakang lawan.

Peluang emas diciptakan PSM pada menit ke-27. Manfaatkan bola rebound, Yance tanpa ragu langsung melepas tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, sepakan keras dan terarahnya malah digagalkan tiang gawang.

Meski begitu, Persib berbalik menguasai pertandingan di pengujung babak pertama. Menit ke-29, tembakan pelan Ciro Alves yang diawali aksi individu masih bisa diamankan oleh kiper PSM yakni Reza Arya.

Dua peluang jarak jauh Dedi Kusnansar dan Beckham Putra pada menit ke-35 jadi ancaman terakhir di babak pertama. Skor 0-0 iringi kedua tim masuk masa turun minum.

Pangeran Biru tak mengendurkan serangan pada babak kedua. Kali ini mereka bertumpu pada skill individu Ciro Alves yang beroperasi di sisi sayap kiri. Meski begitu, upaya mereka kerap dipatahkan oleh bek-bek PSM yang masih fokus menjaga sektor belakang.

Menit ke-59, Daffa Salman melepas tembakan ke arah gawang. Tapi masih bisa diblok oleh bek Persib. Enam menit kemudian, Victor Mansaray mendapat peluang tapi masih melenceng dari sasaran.

Persib coba mendongkrak intensitas serangan dengan memasukkan Stefano Beltrame dan Febri Hariyadi pada menit ke-70. Febri langsung mendapat peluang hanya semenit setelah merumput, tapi dihalau oleh bek PSM yakni Daffa Salman.

Masuk menit ke-77, dua pemain Persib yakni Nick Kuipers dan Stefano Beltrame sama-sama mendapat peluang dari situasi sepak pojok. Tapi tak kunjung berhasil menjadi gol.

Cukup lama tertekan, Pasukan Ramang kembali mengancam pada menit ke-88. Tembakan jarak jauh Victor Mansaray dari luar kotak penalti masih menyamping tipis dari gawang Persib yang dijaga Teja Paku Alam.

Meski tetap bertukar serangan, tak ada gol tercipta hingga wasit Gedion Dapaherang meniup peluit panjang. Sebiji poin di Bandung membawa PSM naik satu anak tangga ke peringkat 11 klasemen sementara dengan poin 27. Sedangkan Persib masih nyaman di posisi kedua dengan perolehan angka 39.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Persib Bandung (4-2-3-1)

Teja Paku Alam (GK); Rezaldi Hehanusa, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Edo Febriansyah (Febri Hariyadi, 70'); Dedi Kusnandar, Rachmat Irianto; Ciro Alves, Marc Klok, Beckham Putra Nugraha (Stefano Beltrame, 70'); David da Silva

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 81'), Muhammad Arfan, Akbar Tanjung (Ananda Raehan Alief, 67'), Kenzo Nambu (Ze Paulo, 67'), Yance Sayuri (Mufli Hidayat, 90+1'); Adilson da Silva (Ricky Pratama, 90'), Victor Mansaray

Baca Juga: Persib Vs PSM, Misi Juku Eja Menjegal Laju Pangeran Biru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya