"Hilang" dari Dua Laga PSM Makassar, di Mana Anco Jansen?

Anco terakhir bermain saat PSM main imbang dengan Persik

Makassar, IDN Times - Tidak ada nama Anco Jansen dalam daftar pemain PSM Makassar untuk laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2021/22 kontra Borneo FC, Jumat malam (11/2/2022). 

Berbicara dalam sesi jumpa pers virtual selepas waktu normal di media center Stadion Kompyang Sujana Denpasar, pelatih kepala PSM Joop Gall menjelaskan bahwa penyerang asal Belanda tersebut tidak lolos screening test jelang pertandingam.

"Seperti kita ketahui, varian Omicron sedang melanda dunia, termasuk Bali. Dan ini juga berdampak ke Anco. Anco sedang terkena COVID-19, jadi tentu saja dia tidak diizinkan bermain," ungkapnya pada awak media.

Baca Juga: Hasil Pertandingan PSM Vs Borneo FC, Juku Eja Kalah 0-1

1. Kondisi Anco Jansen masih misterius

Hilang dari Dua Laga PSM Makassar, di Mana Anco Jansen?Penyerang PSM Makassar, Anco Jansen, dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Rabu 7 Juli 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

IDN Times berupaya meminta konfirmasi lebih rinci kepada manajemen Juku Eja. Asisten Manajer PSM, Syahrir Nawir Nur, berdalih ia tidak dalam kapasitas menjelaskan status dan kondisi Anco Jansen saat ini.

"Terkait rekam medis dan status kesehatan pemain, itu di luar ranah saya untuk menyampaikan. Mungkin bisa ke tim kepelatihan atau dokter tim, ya," ujar Riri, sapaan akrabnya, dalam pesan pendek yang dikirim pada Sabtu siang (12/2/2022).

Tapi higga berita ini dibuat, dokter tim PSM yakni Hardiansyah Muslimin belum merespons permintaan konfirmasi lanjutan. Begitu juga dengan Sulaiman Abdul Karim selaku Media Officer.

2. Anco masih mengikuti latihan tim jelang laga

Hilang dari Dua Laga PSM Makassar, di Mana Anco Jansen?Anco Jansen (kiri) dan Adam Mitter (kanan) dalam sesi latihan PSM Makassar di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Sabtu 5 Februari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Sudah dua kali beruntun Jansen masuk daftar pemain, sebab dia juga 'menghilang' pada laga PSM vs Bali United, Senin 7 Februari 2022. Sedangkan pada partai sebelumnya, melawan Barito Putera, Anco cuma jadi penghangat bangku cadangan selama 90 menit.

Terakhir kali Anco terlihat mengikuti sesi latihan PSM yakni pada Minggu 6 Februari di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya, pinggiran Kota Denpasar.

3. Juku Eja andalkan para penyerang lokal saat dibekuk Borneo FC

Hilang dari Dua Laga PSM Makassar, di Mana Anco Jansen?Pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Borneo FC Hendro Siswanto (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (11/2/2022) malam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Tanpa Anco Jansen, sektor depan Pasukan Ramang praktis diisi para pemain lokal. Saat dibekuk Pesut Etam, Jumat malam (11/2/2022), Joop Gall menurunkan trisula Rizky Eka Pratama - Ilham Udin Armaiyn - Yakob Sayuri sejak menit pertama.

Kemudian Yance Sayuri, Ferdinand Sinaga serta Friska Womsiwor berturut-turut masuk sebagai pengganti sepanjang babak kedua.

Melihat upaya menyerang kerap buntu, improvisasi ditempuh coach Gall. Adam Mitter, yang aslinya adalah seorang gelandang tengah, diturunkan sebagai ujung tombak. Postur tingginya diharap bisa jadi senjata kala lakoni duel bola udara. Tapi, taktik tersebut berujung nihil.

Baca Juga: Sikapi Polemik Tes PCR Mandiri, PSM Ikuti Arahan PT LIB

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya