Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Laga Penuntasan yang Tertunda

Siap menyaksikan drama di Mattoanging?

Selasa 6 Agustus 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 16.30 WITA

Makassar, IDN Times - Tiba sudah hari penentuan status jawara. Tidak ada lagi penundaan lantaran PSSI, panitia pelaksana pertandingan serta seluruh pihak terkait telah saling kordinasi prihal sterilisasi hingga rekayasa lalu lintas demi mengamankan partai pamungkas helatan Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19. Nah, sepekan lebih tertunda membuat peta kekuatan masing-masing tim berubah.

PSM sebagai tuan rumah sempat ketar-ketir dengan kondisi M Rahmat dan Asnawi Mangkualam pasca laga kontra Bali United di Liga 1. Namun rasa was-was berganti lega saat keduanya dipastikan fit bersama playmaker Wiljan Pluim. Sementara dari kubu Persija, kiper Adritany Ardhiyasa didapuk menjadi starter kendati dua kekuatan utama di lini belakang yakni Maman Abdurrahman - Steven Paulle masih dibekap cedera.

Baca Juga: [BREAKING] Partai Final Leg 2 Piala Indonesia PSM vs Persija Ditunda

1. Di atas kertas, komposisi PSM jauh lebih lengkap daripada sang tamu

Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Laga Penuntasan yang TertundaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dalam jumpa pers pra-pertandingan pada Senin sore (5/8), pelatih PSM yakni Darije Kalezic berujar bahwa timnya sudah sangat siap. Sosok berpaspor Swiss itu pun sumringah lantaran komposisi Juku Eja kembali ke status lengkap berkat kembalinya Pluim di lini tengah. Misi mempersembahkan trofi untuk publik Mattoanging dan Makassar disongsong dengan lebih antusias ketimbang sepekan sebelumnya.

Menyoal strategi, Kalezic mengaku takkan mengubah gaya bermain dan akan bermain dengan pola seperti biasa. "Seluruh pemain saya instruksikan untuk lebih aktif sejak menit pertama. Selain itu, saya hendak fokus pada cara menyusun organisasi permainan dengan baik," kata pelatih 49 tahun tersebut. Artinya, PSM tetap mengandalkan ciri ofensif yang disusun dari kedua sayap.

2. Julio Banuelos, pelatih Persija, membidik trofi tambahan

Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Laga Penuntasan yang TertundaPersija.id

Sementara itu dari sisi Persija, Julio Banuelos selaku kepala dapur taktik siratkan rasa percaya diri seperti kubu tuan rumah. Kendati baru saja ditahan imbang Arema dengan skor 2-2 saat saling jajal pada Sabtu (3/8) lalu, situasi terkini di mana juara liga musim kemarin masih tercecer di zona degradasi enggan ia tengok. Mantan asisten Luis Milla itu menegaskan bahwa Ismed Sofyan cs masih haus gelar juara.

"Persiapan kami sangat baik memang ini laga final dimana laga yang ditunggu-tunggu. Ditambah lagi pemain sudah tahu begitu penting laga besok. Kami sendiri siap untuk memberikan terbaik di pertandingan besok. Yang paling penting di PSM memiliki pelatih dan pemain profesional dimana bagus di setiap lini. Namun sekali lagi kami siap memberi yang terbaik," tandas pelatih asal Spanyol itu dalam kesempatan terpisah.

3. Siapa berhak atas trofi Piala Indonesia, Juku Eja atau Macan Kemayoran?

Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Laga Penuntasan yang TertundaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Saat PSM menggelar latihan terakhir di Mattoanging, tak demikian dengan Persija. Skuad Macan Kemayoran sendiri mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin dengan dua rombongan, yakni pada Senin (5/8) siang --berisi sebagian kecil ofisial dan pemain-- dan malam yang membawa mayoritas dari 18 penggawa.

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Ferdinand Sinaga, Eero Markkanen, Zulham Zamrun

Persija (4-3-3)

Adritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa; Rohit Chand, Sandi Sute, Bruno Matos; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan

Menurut kamu, Siapa yang bakal keluar sebagai pemenang?  Jangan lupa, comment di kolom di bawah ini.

Baca Juga: Jelang Final Leg Kedua, Kaca Bus Persija Dilempari hingga Pecah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya