Ferdinand Sinaga Tinggalkan PSM Makassar untuk Gabung Persib Bandung

Juku Eja jadi klub terlama yang dia bela selama kariernya

Makassar, IDN Times - Setelah lima tahun, Ferdinand Sinaga mengakhiri kisahnya bersama PSM Makassar. Dia mengumumkan perpisahan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @ferdinand17sinaga, Sabtu (6/3/2021) siang.

"Lima tahun bersama, suka duka sudah dilewati bersama. Saya pamit. Sampai jumpa di lain waktu," tulis striker 32 tahun tersebut. Ferdinand hengkang setelah kontrak tiga tahunnya tak diperpanjang oleh manajemen.

Didatangkan pada tengah musim Indonesia Soccer Championship 2016, Ferdinand jadi salah satu pilar penting dalam capaian Liga 1 musim 2017 dan 2018. Di periode lima tahun tersebut, ia singgah sebentar di Kelantan FA (2018) dan jadi pemain pinjaman PSMS Medan (2020).

Baca Juga: Masa Peminjaman Habis, Firza Andika Umumkan Hengkang dari PSM 

1. The Dragon bergabung dengan Persib Bandung

Ferdinand Sinaga Tinggalkan PSM Makassar untuk Gabung Persib BandungFerdinand Sinaga saat berlatih bersama PSM Makassar jelang pertandingan melawan Persita Tangerang di Liga 1 2020, Maret 2020. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Tak berapa lama setelah unggahan tersebut, Persib Bandung resmi mengumumkan Ferdinand Sinaga sebagai pemain anyarnya untuk musim 2021. The Dragon akan menjalin kerja sama dengan Pangeran Biru selama dua musim.

"Saya tak bisa berjanji untuk memberikan hal dengan ekspektasi tinggi. Saya Ferdinand tetap Ferdinand seperti dulu, hanya bisa memberikan apa yang saya punya. Yang terbaik untuk Persib. Saya akan memberikan yang terbaik dan itu janji saya," ujarnya seperti dikutip di situs resmi Persib.

Ini adalah masa bakti keduanya bersama Persib. Dia sebelumnya memperkuat Maung Bandung di Liga Super Indonesia musim 2014.

2. Lima tahun bersama PSM, Ferdinand tampil 131 kali dan mencetak 53 gol

Ferdinand Sinaga Tinggalkan PSM Makassar untuk Gabung Persib BandungFerdinand Sinaga sedang merayakan gol saat PSM Makassar bertanding melawan Bali United di lanjutan Liga 1 2018, November 2018. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Dikontrak Juku Eja pada Maret 2016, Ferdinand Sinaga adalah juru gedor eksplosif. Ia tampil di 131 pertandingan di seluruh ajang, plus mencetak 53 gol. Ayah dari tiga anak itu juga turut andil dalam keberhasilan PSM finis sebagai runner-up Liga 1 2018 dan jawara Piala Indonesia 2018/19.

PSM jadi klub yang paling lama ia bela sepanjang karier profesionalnya. Namun selama berseragam merah marun, didikan tim Persib junior tersebut jarang dipanggil ke timnas. Usai tampil moncer di level U-23, Ferdinand hanya bergabung dengan Merah Putih di dua kesempatan, AFF Cup 2016 dan kualifikasi Piala Dunia medio September 2019.

3. Ferdinand jadi pemain kedua belas yang hengkang dari Makassar

Ferdinand Sinaga Tinggalkan PSM Makassar untuk Gabung Persib BandungPesepak bola PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) memeluk rekannya, Yakob Sayuri usai menjebol gawang Shan United dalam pertandingan lanjutan fase Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Bulan lalu, Ferdinand sempat diberitakan telah meneken kontrak dengan klub Timor Leste Boavista FC. Salah satu media Timor Leste, Tatoli, bahkan melansir bahwa sosok kelahiran Bengkulu itu sudah mengantongi surat dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan. Nama Boavista FC pun sempat tertulis di akun Instagram pribadinya.

Ferdinand jadi pemain kedua belas yang hengkang dari Makassar sejak aktivitas bal-balan nasional tiarap sejak Maret 2020. Sinyal Pasukan Ramang akan mengandalkan kombinasi pemain lokal dan binaan akademi kian menguat. Daftarnya pun berpotensi bertambah sebelum Piala Menpora 2021 dihelat.

Baca Juga: Pemain Belum Terkumpul, PSM Makassar Tunda Latihan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya