Duel Klasik Persib Vs PSM Berakhir Sama Kuat 1-1

Persib sempat unggul sebelum PSM mencetak gol penyeimbang

Makassar, IDN Times - PSM Makassar cuma bisa memetik satu poin di laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/22. Berhadapan dengan Persib Bandung di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Sabtu malam (2/10/2021), duel klasik itu berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Tanpa Victor Igbonefo yang dipanggil ke Timnas dan Nick Kuipers akibat akumulasi kartu, Supardi Nasir digeser dari posisi sisi kanan ke area tengah pertahanan Persib. Sang kapten tim mendampingi Ahmad Jufriyanto, stopper yang kembali dipercaya jadi starter usai dicadangkan pada dua laga sebelumnya.

Dari sisi PSM, Milomir Seslija akhirnya melakukan rotasi. Serif Hasic turun sejak menit pertama. Ia berduet dengan Abdul Rahman Sulaeman, palang pintu yang terakhir kali jadi starter pada September 2019. Hasyim Kipuw digeser ke kanan mengganti Zulkifli Syukur. Di tengah, Muhammad Arfan diplot mengisi pos seniornya yakni Rasyid Bakri.

Di awal-awal babak pertama, Persib mengambil inisiatif serangan meski belum mencapai kotak penalti tim lawan. Menit ke-22, kartu kuning pertama melayang dari saku wasit Rully Ruslin Tambutina ke pelatih PSM yakni Milomir Seslija. Milo dianggap melakukan protes berlebihan usai Serif dianggap telah dilanggar oleh striker Persib Wander Luiz.

Peluang emas pertama Persib datang dari sundulan Wander Luiz di menit ke-27. Tapi, bola tandukan usai menerima crossing dari Frets Butuan bisa dimentahkan kiper PSM Syaiful Syamsuddin. Semenit berselang, giliran Yakob Sayuri yang melepas tembakan ke gawang Persib, setelah terlibat proses serangan balik. Sayang, bola sepakannya masih melambung dari sasaran.

Di sepanjang 30 menit babak pertama, PSM berhasil menguasai aliran bola. Tapi serangan mereka kerap patah di sepertiga wilayah Persib. Sementara itu, Supardi Nasir cs lebih banyak mengincar kesempatan lewat serangan balik.

Masuk menit ke-39, Abdul Rahman Sulaeman tak bisa melanjutkan pertandingan. Lututnya tertekuk akibat salah tumpuan ketika perebutan bola udara. Ia pun diganti oleh Erwin Gutawa.

PSM baru keluar menyerang di lima menit akhir babak pertama. Peluang di dapat berkat sundulan Wiljan Pluim di menit ke-40 serta Ilham Udin Armaiyn semenit kemudian. Tapi semuanya bisa digagalkan kiper Persib, Teja Paku Alam. Tak ada gol tercipta hingga kedua tim masuk masa turun minum.

Di awal babak kedua, Robert Rene Alberts memasukkan gelandang muda Beckham Putra Nugraha. Serangan Persib jadi lebih hidup. Tapi justru Yakob Sayuri yang dapat giliran mengancam gawang Teja Paku Alam. Bola bisa dimentahkan oleh kiper asal Sumatra Barat itu.

Kehadiran Beckham Putra memberi efek positif untuk sektor depan Pangeran Biru. Beberapa kali ia mengirim umpan terukur untuk Wander Luiz dan Febri Hariyadi, sekaligus membuat repot bek-bek PSM.

Persib berhasil memecah kebuntuan di menit ke-60 lewat gol bunuh diri Serif Hasic. Bermaksud memotong umpan silang Febri, bola yang mengenai kepala Serif melenting ke tiang jauh gawang PSM.

Tertinggal satu gol, Milomir Seslija memasukkan empat pemain di pertengahan babak kedua demi mendongkrak daya dobrak. Salah satunya Bektur Talgat Uulu, gelandang bertahan PSM asal Kirgizstan.

Hasilnya langsung terlihat di menit ke-77. Memanfaatkan tendangan bebas kiriman Bektur, Saldy yang lolos dari kawalan Bayu Fiqri mencocor bola dengan leluasa ke arah tiang jauh tanpa bisa dicegah Teja Paku Alam.

Usai kebobolan, Persib merespons dengan menekan lewat Ezra Walian di sisi sayap kiri. Alhasil, beberapa kali Ezra harus berduel dengan Erwin Gutawa yang bertugas menjaganya.

Lima menit akhir babak kedua berlangsung sengit. Kedua tim banyak menyerang lewat sisi sayap. PSM bahkan nyaris membalikkan keadaan di menit ke-89. Lolos dari jebakan offside, Anco Jansen melepas tembakan ke arah gawang. Bola masih bisa dimentahkan Teja Paku Alam.

Tak ada gol tambahan tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Persib dan PSM harus puas dengan skor 1-1. Ini adalah hasil imbang keempa yang diraih Supardi Nasir dkk secara beruntun.

Berikut susunan pemain kedua tim :

Persib (4-4-2)

Teja Paku Alam (GK); Bayu Fiqri (Henhen Herdiana, 83), Supardi Nasir, Ahmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Marc Klok, Mohammad Rashid, Frets Butuan (Beckham Putra Nugraha, 46'); Geoffrey Castillion (Ezra Walian, 58'), Wander Luiz

PSM (4-3-3)

Syaiful Syamsuddin (GK); Hasyim Kipuw, Abdul Rahman Sulaeman (Erwin Gutawa, 39'), Serif Hasic, Abdul Rachman; Muhammad Arfan (Bektur Talgat Uulu, 71'), Sutanto Tan (Rasyid Bakri, 71'), Wiljan Pluim; Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 71'), Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (Saldy Amiruddin, 75')

Baca Juga: Antarlini Persib Vs PSM: Adu Tajam Striker Asing

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya