Diikuti PSM Musim Depan, Ini Riwayat Singkat ASEAN Club Championship

Juku Eja diundang setelah menjadi jawara Liga 1 2022/23

Intinya Sih...

  • PSM Makassar akan berpartisipasi dalam ASEAN Club Championship 2024/25 setelah tidak tampil di kompetisi Asia musim 2024/25.
  • ACC akan kembali digelar setelah vakum selama 19 tahun, dengan PSM Makassar menjadi salah satu klub yang mendapat undangan.
  • PSM Makassar belum pernah berpartisipasi dalam ACC sebelumnya, namun sudah teruji dalam ajang AFC Cup dan pernah menjadi juara Ho Chi Minh City Cup pada tahun 2001.

Makassar, IDN Times - Meski sudah dipastikan tidak tampil di kompetisi Asia pada musim 2024/25, PSM Makassar ternyata masih akan mentas dalam ajang internasional. Pasukan Ramang akan ikut ambil bagian dalam ASEAN Club Championship 2024/25 yang berlangsung pada 17 Juli mendatang hingga 21 Mei 2025.

Ini jadi edisi ketiga ajang tersebut setelah sempat vakum selama 19 tahun. ACC sendiri sempat direncanakan kembali diputar pada 2022 dan 2023. Tapi akhirnya harus diurungkan lantaran situasi pandemik COVID-19 dan jadwal yang bentrok dengan kalender internasional FIFA.

1. Kejuaraan ACC sudah digelar pada tahun 2003 dan 2005

Diikuti PSM Musim Depan, Ini Riwayat Singkat ASEAN Club ChampionshipEast Bengal (India) saat menjadi juara ASEAN Club Championship 2003 yang berlangsung di Jakarta. (Dok. Istimewa)

ASEAN Club Championship sendiri sudah dihelat sebanyak dua kali yakni pada 2003 dan 2005. Pada edisi perdana di mana Indonesia menjadi tuan rumah, sebanyak 11 tim sepak bola Asia Tenggara dan satu tim undangan ikut berpartisipasi. Keluar sebagai juara adalah East Bengal (India) yang mengalahkan BEC Tero Sasana (Thailand) di partai final.

Pada ACC 2005, jumlah pesertanya berkurang menjadi hanya 8 tim saja. Indonesia tak berpartisipasi lantaran Persebaya, juara Ligina 2005, disibukkan dengan agenda padat. Sedangkan Laos dan Filipina tak mengirim wakilnya atas alasan finansial. Tampines Rovers (Singapura) menjadi jawara di edisi tersebut.

2. Bukan pertama kalinya PSM mengikuti kejuaraan antarklub Asia Tenggara

Diikuti PSM Musim Depan, Ini Riwayat Singkat ASEAN Club ChampionshipPara pemain PSM Makassar yang berlaga di turnamen Ho Chi Minh City Cup 2002 yang berlangsung di Vietnam. (Dok. Istimewa)

PSM sendiri belum pernah berpartisipasi dalam ACC, sehingga ini menjadi keikutsertaan pertama mereka di ajang tersebut. Meski begitu, Juku Eja sudah lebih dulu teruji dalam ajang AFC Cup yang mereka ikuti selama empat edisi terakhir.

Namun, sejatinya PSM sudah pernah mengikuti kejuaraan antarklub Asia Tenggara. Ini terjadi pada tahun 2001, saat mereka menjadi salah satu peserta Ho Chi Minh City Cup. Anak asuh Syamsuddin Umar tersebut akhirnya keluar menjadi juara.

Turnamen pramusim Super Cup Asia yang dihelat di Makassar pada 2018 juga mengundang dua tim Asia Tenggara dan satu klub asal Australia. PSM berhasil menyabet trofi ajang berformat babak gugur tersebut.

Baca Juga: Rewako, Jenama Lokal Sempurnakan Makna Filosofis Jersey PSM Makassar

3. Bersama Juku Eja, ACC 2024/25 akan diikuti oleh 12 klub peserta

Diikuti PSM Musim Depan, Ini Riwayat Singkat ASEAN Club ChampionshipPemain PSM Makassar Adilson da Silva merayakan golnya ke gawang Persita Tangerang dalam laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/24 yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Minggu 4 Februari 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

PSM Makassar diundang sebagai peserta ACC 2024/25 lantaran statusnya sebagai juara Liga 1 musim 2022/23. Sedangkan Persija Jakarta memastikan ikut serta dengan predikat runner-up Liga 1 2022/23.

Bersama Pasukan Ramang dan Macan Kemayoran, total sudah ada lima klub yang mendapat undangan. Mereka yakni Kuala Lumpur City FC (runner-up FA Cup Malaysia 2023), Terengganu FC (runner-up Piala Malaysia 2023) serta Lion City Sailors (juara Piala Singapura 2023).

Thailand, Vietnam dan Filipina akan menentukan wakilnya. Sedangkan dua slot tersisa akan menjadi milik juara play-off yang diikuti tim-tim asal Kamboja, Laos, Brunei Darussalam dan Myanmar.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan PSM Terbaru Liga 1, Tanpa Waktu Recovery Memadai

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya