Debut Manis Asnawi di Liga Thailand, Bantu Port FC Menang Dramatis

Asnawi menyumbang satu keypass krusial pembalik keadaan

Makassar, IDN Times - Pesekbola asal Makassar Asnawi Mangkualam akhirnya jalani debut bersama klub barunya di Liga Thailand, yakni Port FC. Dia main di laga pekan ke-17 Thai League 1 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, pada Rabu malam (14/2/2024).

Terasa istimewa sebab pemain Indonesia kembali meramaikan bermain di kasta tertinggi sepak bola Thailand. Terakhir kali ini terjadi yakni pada 28 Maret 2021, PT Prachuap yang saat itu masih diperkuat bek Yanto Basna menjamu Bangkok United.

Baca Juga: Port FC Ungkap Nomor Punggung Baru Asnawi, Bukan Lagi 14

1. Asnawi turut andil dalam kemenangan 4-3 Port FC atas Muangthong United

Debut Manis Asnawi di Liga Thailand, Bantu Port FC Menang DramatisAsnawi Mangkualam saat jalani debut sebagai pemain Port FC dalam laga pekan ke-17 Thai League 1 2023/24 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 14 Februari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Mengawali laga dari bangku cadangan, Asnawi baru dimasukkan oleh manajer Rangsan Viwatchaichok pada masa injury time babak kedua. Saat itu, skor pertandingan Port FC melawan Muangthong United masih sama kuat 3-3.

Ditempatkan sebagai bek kanan, kehadirannya langsung memberi pengaruh pada menit ke 90+4. Menerima bola dari gelandang Pakorn Prempak, Asnawi merangsek ke lini belakang Muangthing dan mengirim umpan cutback ke Worachit Kanitsribampen.

Worachit menahan bola dan kemudian memantulkan bola ke striker Barros Tardelli yang berdiri bebas. Sempat menggocek, Barros melepas tembakan keras yang tak mampu dihalau oleh kiper Muangthong United. Tuan rumah unggul 4-3, dan bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

2. Asnawi tak banyak beraksi sebab hanya merumput selama tujuh menit

Debut Manis Asnawi di Liga Thailand, Bantu Port FC Menang DramatisAsnawi Mangkualam berpose bersama Chairman Port FC Chalermchoke Lamsam selepas laga pekan ke-17 Thai League 1 2023/24 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 14 Februari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Sumbangsih Asnawi seolah membayar lunas kesalahan yang ia lakukan dua menit sebelumnya. Gawang Port FC nyaris dibobol untuk kali keempat lantaran kapten Timnas Indonesia itu luput menjaga gelandang lawan yakni Teeraphol Yoryoei. Beruntung kiper tim tuan rumah, Somporn Yos, bisa menepis sundulan jarak dekat Yoryoei.

Hanya tampil selama tujuh menit membuat pemuda 24 tahun tersebut tak banyak berakhir. Ini lantaran nyaris seluruh serangan Port FC dilakukan dari sisi kiri lapangan. Meski begitu, Asnawi catatkan satu pelanggaran dan satu keypass berujung gol.

3. Port FC menjadi klub kelima dalam karier profesional Asnawi

Debut Manis Asnawi di Liga Thailand, Bantu Port FC Menang DramatisBaju Asnawi Mangkualam yang terpajang di locker room Port FC laga pekan ke-17 Thai League 1 2023/24 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 14 Februari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Belum ada rincian terkait durasi kontrak Asnawi bersama klub papan atas Liga Thailand tersebut. Tapi yang pasti, jasa jebolan PSM Makassar U-18 itu akan digunakan oleh Port FC hingga akhir musim 2023/24. Terlebih mereka kini butuh tenaga segar demi menjaga kans dalam perburuan gelar juara.

Port FC sendiri menjadi klub kelima dalam karier profesional Asnawi. Sebelumnya ada Persiba Balikpapan (2015-2016), PSM Makassar (2017-2021), Ansan Greeners (2021-2023) serta Jeonnam Dragons (2023).

Baca Juga: Foto Perkenalan Asnawi sebagai Pemain Port FC Malah Dikritik Warganet

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya