Cerita Nermin Haljeta, Perantau yang Langsung Nyetel di PSM Makassar

Sudah mengemas tiga gol dari dua pertandingan sejauh ini

Intinya Sih...

  • Nermin Haljeta menjadi top skorer sementara Liga 1 2024/2025 dengan tiga gol, menciptakan gol dari posisi yang tepat.
  • Rekrutan baru asal Slovenia ini berhasil beradaptasi dengan cepat di PSM Makassar dan terpukau dengan atmosfer dukungan suporter.
  • Nermin dikenal sebagai perantau ulung dan optimis bisa konsisten mencetak gol, meskipun ini kali pertamanya merantau ke Asia.

Makassar, IDN Times - Nermin Haljeta menjadi topik pembicaraan suporter PSM Makassar. Sumbangan satu angka pada laga pekan kedua BRI Liga 1 2024/2025 versus PSBS Biak, Jumat lalu (16/8/2024), membuat namanya masuk dalam daftar top skorer sementara dengan tiga gol.

Ketiga gol tersebut diciptakan dengan cara identik, yakni Nermin berdiri di posisi yang tepat untuk menembak. Positioning jadi kelebihan striker asal Slovenia tersebut, sebab kerap lolos dari pengawasan bek-bek lawan.

1. Digaet PSM Makassar dengan skema transfer dari klub kasta kedua Liga Austria

Cerita Nermin Haljeta, Perantau yang Langsung Nyetel di PSM MakassarAksi striker PSM Makassar, Nermin Haljeta (kanan), dalam pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan pada Sabtu 10 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berstatus sebagai rekrutan baru, Nermin digaet lewat skema transfer dari tim kasta kedua Liga Austria yakni Floridsdorfer AC. Proses negosiasi dengan PSM pun hanya memakan waktu dua pekan. Di saat yang sama, ia berusaha mengenal kultur Juku Eja lewat media sosial serta internet dan terpukau dengan suporternya.

"Apa yang saya lihat dan baca tentang PSM, sangat bagus. Senang rasanya bisa bermain dengan atmosfer dukungan seperti yang saya tonton di video-video tersebut," ujar pemilik nomor punggung 99 tersebut, dalam video wawancara khusus yang diunggah ke akun YouTube resmi PSM Makassar pada 17 Juli 2024.

2. Yakin pengalamannya bisa membantu proses adaptasi di skuat Pasukan Ramang

Cerita Nermin Haljeta, Perantau yang Langsung Nyetel di PSM MakassarPesepak bola PSM Makassar Nermin Haljeta (kanan) melepas tendangan ke gawang PSBS Biak pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/YU

Di sisi lain, Nermin dikenal sebagai journeyman alias perantau ulung lantaran sudah memperkuat 10 klub selama satu dekade kariernya sejauh ini. Kerap gonta-ganti tim membuatnya tak ragu bisa langsung nyetel, dan langsung ia buktikan dalam dua pertandingan bersama PSM.

"Saya belum pernah mengalami masalah dengan adaptasi. Tentu saja ketika berpindah negara, Anda harus beradaptasi dengan gaya hidup dan gaya bermain bola," ujar striker 27 tahun tersebut.

"Tapi saya pikir, dari pengalaman sebelumnya, saya tidak punya masalah saat beradaptasi. Jadi saya harap hal tersebut bisa membantu saya di tim ini," imbuh Nermin, yang market value-nya ditaksir oleh Transfermarkt mencapai Rp5,21 miliar.

Baca Juga: Profil Nermin Haljeta, Juru Gedor Baru PSM Asal Slovenia

3. Berharap dukungan suporter selama masa-masa awal merantau di Indonesia

Cerita Nermin Haljeta, Perantau yang Langsung Nyetel di PSM MakassarPesepak bola Borneo FC Ronaldo De Souza (kiri) berebut bola dengan Pesepak bola PSM Makassar Nermin Haljeta (kanan) saat laga pertama Grup A Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/7/2024). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/Spt.

Kendati demikian, pemiliki postur 1,95 meter tersebut baru pertama kali merantau ke Asia, terkhusus di Indonesia. Nermin mengaku tetap butuh dukungan dari para suporter PSM Makassar. Terlebih setelah klub tersebut baru melalui masa sulit musim lalu.

"Kami harap kalian bisa membantu kita untuk mencapai target. Saya harap kami bisa membuat kalian bangga dan senang (saat berlaga) di kandang sendiri," tukas Nermin.

Sanggupkah Nermin terus menjadi mesin gol PSM Makassar yang kosisten sepanjang musim ini? Patut ditunggu.

Baca Juga: Girangnya Nermin Haljeta Cetak Brace saat Debut di PSM

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya