Catatan PSM Makassar Melawan Tim-Tim asal Singapura, Berimbang

Juku Eja akan menjamu Hougang United pada Rabu mendatang

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kini sedang intens lakukan persiapan untuk matchday ketiga AFC Cup 2023-24. Mereka akan menjamu tim asal Singapura, Hougang United, pada Rabu mendatang (25/10/2023) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Duel tersebut layak disebut sebagai cara Muhammad Arfan dkk untuk kembali ke jalur kemenangan. Pasalnya, mereka masih berstatus juru kunci klasemen sementara Grup H lantaran belum memetik satupun poin. Adapun sang tamu berada di posisi ketiga dengan perolehan nilai 3.

Hougang United sendiri adalah kesebelasan asal Singapura ketiga yang akan dijajal PSM pada pentas Asia. Lantas bagaimana dengan catatan melawan dua tim lainnya? Berikut ini IDN Times menyajikannya secara singkat untuk pembaca.

1. Home United (AFC Cup 2019)

Catatan PSM Makassar Melawan Tim-Tim asal Singapura, BerimbangAksi pemain Home United yakni Song Ui-young (kanan) melawan pemain PSM Makassar Wiljan Pluim (kanan) dalam partai matchday kelima Grup H AFC Cup 2019 yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kab. Bogor, 17 April 2019. (Twitter.com/AFCCup)

Home United adalah lawan PSM Makassar dalam fase penyisihan grup AFC Cup 2019, debut mereka di kompetisi level kedua Asia. Saat itu, format normal yang kandang-tandang masih diberlakukan.

Pertemuan pertama berlangsung pada matchday pembuka Grup H, 27 Februari 2019. Bertandang ke Jalan Besar Stadium Singapura, PSM yang saat itu dilatih Darije Kalezic bisa memetik satu poin. Laga tersebut berakhir imbang 1-1. Eero Markkanen membuka keunggulan di babak pertama, sebelum disamakan oleh Hami Syahin.

Juku Eja baru membalas dendam pada matchday kelima, 17 April 2019. Duel dramatis tersaji di Stadion Pakansari Cibinong, Kab. Bogor. Brace dari Hafiz Nor sempat membawa Home United unggul 0-2. Beruntung PSM mampu comeback, membalikkan keadaan menjadi 3-2 lewat dwigol Marc Klok plus tembakan keras Guy Junior.

2. Tampines Rovers (AFC Cup 2020 dan 2022)

Catatan PSM Makassar Melawan Tim-Tim asal Singapura, BerimbangPemain Tampines Rovers Zehruddin Mehmedovic berusaha lepas dari kawalan para pemain PSM Makassar dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Tampines Rovers jadi klub Singapura kedua yang dijajal oleh PSM Makassar. Ini terjadi dalam dua kesempatan berbeda, yakni di edisi 2020 (yang terhenti akibat pandemik COVID-19) dan 2022.

Mereka pertama kali bertemu pada matchday pertama Grup H AFC Cup 202 yang berlangsung di Jalan Besar Stadium, 12 Februari 2020. PSM (saat itu dinahkodai Bojan Hodak) harus mengakui keunggulan The Stags dengan skor tipis 2-1. Gol Jordan Webb dan Boris Kopitovic hanya bisa dibalas melalui sepakan first time Ferdinand Sinaga.

Pertemuan kedua terjadi di banyak penyisihan grup AFC Cup 2022 yang berformat terpusat dan setengah kompetisi. Grup H, yang dihuni Tampines Rovers dan PSM, dipusatkan di Kuala Lumpur Stadium Cheras, Malaysia. Kali ini, Juku Eja berhasil membalas dendam. Mereka menang dengan skor 1-3.

Baca Juga: AFC Cup: PSM Makassar Vs Sabah FC, Situasi Sulit bagi Juku Eja

3. Pertemuan lain dengan Home United terjadi pada ajang pramusim tahun 2018

Catatan PSM Makassar Melawan Tim-Tim asal Singapura, BerimbangSalah satu momen pertandingan turnamen pramusim Super Cup Asia 2018 antara PSM Makassar versus Home United yang berlangsung di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 19 Januari 2018. (Twiter.com/psm_makassar)

Jika merunut ke belakang, PSM Makassar sudah pernah berhadapan dengan Home United pada ajang pramusim. Tepatnya yakni Super Cup Asia yang diadakan pada Januari 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar.

Bersua pada 19 Januari 2018, Pasukan Ramang mampu menang telak empat gol tanpa balas atas klub yang kini bernama Lion City Sailors tersebut. Guy Junior catatkan brace, dan dua angka lainnya disumbang oleh Marc Klok dan Zulham Zamrun. PSM sendiri menjadi juara dengan menekuk klub asal Kamboja, National Defence Ministry (kini Tiffy Army FC), pada laga puncak.

Laga pada Rabu mendatang (25/10/2023) akan menjadi perjumpaan pertama PSM Makassar dengan Hougang United di ajang resmi. Seperti apa hasilnya?

Baca Juga: AFC Cup: Tumbang Lagi! PSM Digilas Sabah FC Lima Gol tanpa Balas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya