Beragam Skenario agar PSM Makassar Sah Jadi Juara Paruh Musim

Persaingan papan atas klasemen langsung sengit di pekan ini

Makassar, IDN Times - Putaran kedua BRI Liga 1 2022-23 memang akan dimulai sebentar lagi, dan PSM Makassar memang bertengger di puncak klasemen. Tapi, mereka bisa saja tergeser jelang pekan ke-18 atau jelang laga kandang kontra PSS Sleman, Sabtu mendatang (14/1/2023).

Persija Jakarta bisa menekuk Super Elja dengan skor 0-2 saat mereka berjumpa di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu sore (8/1/2023). Duel ini sendiri dimulai dari menit ke-48, atau lanjutan laga yang berlangsung 23 Desember 2022 silam. Duel tersebut dihentikan akibat lapangan Stadion Manahan Solo yang tergenang akibat hujan lebat.

1. Big match Persib versus Persija juga jadi penentu kontelasi papan atas

Beragam Skenario agar PSM Makassar Sah Jadi Juara Paruh MusimSuasana latihan Persib Bandung pada Desember 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Tiga poin di Bantul membuat anak asuh Thomas Doll tersebut naik ke peringkat 4 klasemen sementara dengan koleksi 32 poin. Hanya terpaut 1 angka saja dari Juku Eja. Alhasil, persaingan di papan atas langsung panas pekan ini, bahkan sebelum putaran kedua dimulai.

Jika ingin menahbiskan diri sebagai juara paruh musim yang sahih, PSM wajib memetik tiga poin dalam lawatan ke Stadion Demang Lehman Martapura, markas Barito Putera. Duel yang berlangsung pada Selasa sore (10/1/2023) tersebut adalah laga tunda pekan ke-6, dan sudah beberapa kali diundur.

Namun, masih ada partai big match penentu yakni duel antara Persib versus Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu sore (11/1/2023). Alhasil, muncul beberapa skenario yang menentukan posisi anak asuh Bernardo Tavares.

2. PSM tak tergeser jika sama-sama memetik kemenangan dengan Persib

Beragam Skenario agar PSM Makassar Sah Jadi Juara Paruh MusimSalah satu momen pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin 29 Agustus 2022. (Persib.co.id/Barly Isham)

Jika Wiljan Pluim dkk berhasil memetik poin penuh dan Maung Bandung melakukan hal yang sama, PSM tetap di puncak klasemen dengan nilai 36. Sedangkan Persib mendapat 33 poin dan menuju peringkat 4. Kalau Persija menang, mereka akan melesat ke posisi ke-2 dengan koleksi 35 poin.

Jika bisa menang atas Barito dan duel klasik di GBLA berakhir imbang, PSM tetap tak terganggu di puncak. Sedangkan poin Persib serta Persija masing menjadi 30 dan 31, dan posisi masing-masing kubu di papan klasemen tak berubah.

Nah, bagaimana seandainya duel di Martapura justru imbang? Poin PSM memang jadi 34, tapi masih bisa memimpin dengan catatan Persib bisa menekuk Persija, sehingga poin David da Silva cs jadi 33.

Berbeda ceritanya jika Persija yang menang. Macan Kemayoran langsung melesat ke peringkat teratas dengan nilai 36.

Bagaimana kalau dua pertandingan tersebut sama-sama seri? Tak ada perubahan di susunan papan atas, dan PSM sah menjadi juara paruh musim.

3. Persija bisa menggeser PSM dari puncak klasemen di beberapa skenario

Beragam Skenario agar PSM Makassar Sah Jadi Juara Paruh MusimSuasana latihan para pemain Persija Jakarta di Lapangan Nirwana Park Sawangan, Depok, Rabu 4 Januari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Bahkan meskipun kalah dari Bayu Pradana dkk, PSM tetap tak tergeser dari puncak klasemen, asalkan Persib bisa menekuk Persija. Memang poin kedua jadi identik yakni 33, tapi Pasukan Ramang unggul secara head to head atas Pangeran Biru.

Kalau Persija keluar sebagai pemenang duel klasik, di saat PSM tertunduk di Martapura, maka anak-anak ibu kota ditahbiskan sebagai juara paruh musim dengan poin 36.

Bagaimana jika PSM ditekuk Barito Putera, dan duel Persib versus Persija malah imbang? Skenario ini bisa memihak Wiljan Pluim dkk berkat aturan agresivitas gol.

Namun, anak-anak Makassar agaknya bertandang ke Martapura dengan target poin penuh. Ini lantaran sang tuan rumah baru mengemas tiga kemenangan.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya