Bekuk Persis 3-0, Pelatih PSM Sebut Lini Belakang Mulai Membaik

Dua gol Juku Eja disarangkan oleh Nermin Haljeta

Intinya Sih...

  • PSM Makassar menang 3-0 atas Persis Solo di BRI Liga 1 2024/2025.
  • Nermin Haljeta mencetak dua gol, Rizky Eka Pratama satu gol.
  • Tavares puas dengan performa lini belakang dan fokus ke pertandingan kontra PSBS Biak.

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, akhirnya kembali semringah. Ini lantaran anak asuhnya mengawali perjalanan di BRI Liga 1 2024/2025 dengan mulus. Mereka mencukur Persis Solo tiga gol tanpa balas saat saling jajal di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu sore (10/8/2024).

"Kemenangan ini penting bagi kami. Dan kami mendedikasikan tiga poin ini untuk Arfan dan Reza yang cedera sebelum kompetisi dimulai. Kita berharap mereka segera pulih dan lebih kuat," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan rampung.

1. PSM Makassar bermain jauh lebih agresif ketimbang tim tamu

Bekuk Persis 3-0, Pelatih PSM Sebut Lini Belakang Mulai MembaikSalah satu momen pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 antara PSM Makassar versus Persis Solo yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu 10 Agustus 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar)

Nermin Haljeta jadi aktor penting kemenangan atas Laskar Sambernyawa. Di laga debut pertamanya dalam ajang resmi bersama PSM, ia menyarangkan sepasang gol di menit ke-23 dan ke-31. Satu gol lain dilesakkan oleh winger Rizky Eka Pratama pada menit ke-74 lewat aksi solo run setengah lapangan.

Dari statistik yang dihimpun oleh Lapang Bola, PSM memang bermain jauh lebih agresif. Meski hanya menguasai 45% aliran bola, ada 14 tembakan berhasil dilesakkan dengan 7 diantaranya mengarah langsung ke gawang. Persis sendiri hanya kebagian 2 shots on target dari total 8 peluang.

2. Lini belakang PSM sudah mampu meminimalisir kesalahan

Bekuk Persis 3-0, Pelatih PSM Sebut Lini Belakang Mulai MembaikSalah satu momen pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 antara PSM Makassar versus Persis Solo yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu 10 Agustus 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar)

Di sisi lain, Tavares menyebut performa lini belakang yang digawangi trio Syahrul Lasinari - Yuran Fernandes - Aloisio Soares sudah membaik. Kesalahan bisa diminimalisir, hasil dari evaluasi yang diperoleh selama mengikuti turnamen pramusim Piala Presiden.

"Saya pikir kami sudah bisa mengorganisasi pertahanan dengan baik, dan juga tidak melakukan banyak kesalahan terutama di setengah wilayah kami," jelasnya.

"Ada banyak peluang yang kami ciptakan sepanjang pertandingan. Saya pikir kami layak atas kemenangan ini," sambung pelatih asal Portugal tersebut.

Baca Juga: PSM Vs Persis, Misi Juku Eja Berburu Poin Penuh di Batakan

3. Juku Eja langsung alihkan fokus ke laga pekan kedua kontra PSBS Biak

Bekuk Persis 3-0, Pelatih PSM Sebut Lini Belakang Mulai MembaikPara pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak ke gawang Persis Solo dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu 10 Agustus 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar)

Pasukan Ramang sendiri langsung mengalihkan fokus ke laga pekan kedua kontra PSBS Biak yang berlangsung pada Jumat pekan depan (16/8/2024). Ia langsung mewanti-wanti anak asuhnya untuk tetap menjejak bumi jelang bersua tim promosi.

"Kita harus tetap rendah hati dengan kemenangan ini. Sebab lawan kita selanjutnya adalah tim yang bagus dan mereka sudah bermain lebih dulu kemarin. Yang berarti mereka punya satu hati tambahan untuk beristirahat," tutur Tavares.

Tiga poin atas Persis Solo membawa PSM Makassar ke peringkat dua klasemen sementara. Mereka berada tepat di bawah Persib Bandung yang sukses menekuk PSBS dengan skor 4-1 pada Jumat lalu (9/8/2024).

Baca Juga: Luncurkan Jersey Baru, PSM Makassar Usung Budaya Tradisional

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya