Bekuk Persib 1-2, Pelatih PSM: Banyak Orang Tidak Percaya

PSM hentikan catatan tak terkalahkan Persib dalam 15 laga

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, girang bukan main. Ini lantaran timnya bisa membawa pulang poin penuh saat bertemu Persib Bandung, Selasa sore (14/2/2023). Kemenangan 1-2 dalam laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2022-23 disebut membalikkan prediksi banyak orang.

"Saya kira bakal tidak ada yang percaya bahwa PSM nantinya akan mendapatkan 3 poin melawan Persib. Tidak ada yang percaya dengan performa tim ini, tapi kita tetap percaya dengan diri sendiri," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas partai di Stadion Pakansari Cibinong.

Capaian ini semakin manis lantaran mereka bisa menghentikan catatan tak terkalahkan Persib sepanjang 15 laga terakhir.

Baca Juga: PSM "Comeback" Lagi, Persib Kena Bekuk 1-2 di Pakansari

1. PSM bermain efektif dan menerapkan taktik serangan balik langsung

Bekuk Persib 1-2, Pelatih PSM: Banyak Orang Tidak PercayaSalah satu momen pertandingan Persib Bandung versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 14 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Menilik statistik, PSM memperagakan permainan efektif. Mereka cuma kebagian 24 persen aliran bola. Persib yang bermain ofensif dan sangat dominan sejak menit pertama membuat Wiljan Pluim dkk harus menerapkan compact defense alias pertahanan padat demi membendung serangan tuan rumah. Yuran Fernandes dan Erwin Gutawa tampil apik dengan beberapa kali menang duel perebutan bola.

Untuk urusan menyerang, Juku Eja lebih agresif ketimbang Pangeran Biru. Ada 5 tembakan tepat sasaran berhasil dilepas ke gawang Teja Paku Alam dari total 9 percobaan. Ini tak lepas dari strategi serangan balik langsung yang memanfaatkan kecepatan dua sisi sayap. Seluruh gol PSM lahir dari skema tersebut.

2. Hasil ini didedikasikan untuk para korban banjir Makassar

Bekuk Persib 1-2, Pelatih PSM: Banyak Orang Tidak PercayaSalah satu momen pertandingan Persib Bandung versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 14 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares mendedikasikan kemenangan ini khusus pada penduduk Makassar yang mengalami banjir pada awal pekan. Poin penuh juga ia persembahkan ke para suporter PSM yang berada di kawasan Jabodetabek, lantaran tak mendapat izin untuk masuk ke stadion dari pihak keamanan.

"Kemenangan yang kami raih dan didedikasikan bukan untuk staf dan pemain. Tapi kami dedikasikan terhadap suporter kita yang mana mereka mau datang ke stadion, tapi mereka tidak bisa dan juga kepada seluruh masyarakat Makassar," ujar pelatih berpaspor Portugal tersebut.

3. Selanjutnya, Juku Eja akan menjamu Persik pada hari Minggu mendatang (19/2/2023)

Bekuk Persib 1-2, Pelatih PSM: Banyak Orang Tidak PercayaSalah satu momen pertandingan Persib Bandung versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 14 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dalam kesempatan yang sama, bek Erwin Gutawa sedikit membocorkan instruksi coach Tavares saat turun minum. Siapa sangka, kata-kata tersebut jadi pelecut semangat para pemain untuk membalikkan situasi pada babak kedua.

"Kita diinstruksikan oleh pelatih untuk harus tetap semangat karena waktu masih panjang dan jangan putus asa. Pokoknya kerja, kerja, dan kerja," ungkap pemilik nomor punggung 5 itu.

Saat ini, Pasukan Ramang memuncaki klasemen sementara dengan nilai 50, terpaut tiga poin dari runner-up Persija. Selanjutnya, mereka akan menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Minggu mendatang (19/2/2023).

Baca Juga: PSM Hentikan Tren Tak Terkalahkan Persib Bandung

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya