Bekuk Borneo FC 3-0, PSM Makassar Tutup Musim dengan Sempurna

Koleksi poin Juku Eja kini menjadi 75 angka

Makassar, IDN Times - PSM Makassar bisa menutup BRI Liga 1 2022-23 dengan poin penuh. Mereka menekuk Borneo FC Samarinda tiga gol tanpa balas dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Minggu malam (16/4/2023).

PSM kembali menurunkan nyaris seluruh pemain andalannya sepanjang musim, mulai dari lini belakang hingga depan. Tapi minus Agung Mannan dan Yuran Fernandes. Sedangkan Ananda Raehan dipasang sebagai starter, meski baru saja kembali dari Timnas U-22.

Hal serupa juga ditempuh oleh Borneo FC. Duo Agung Prasetyo dan Julio Cesar yang baru muncul di putaran kedua tetap dipercaya lini pertahanan. Sedangkan tugas menyerang masih menjadi misi trisula Stefano Lilipaly - Matheus Pato - Terens Puhiri.

Kedua tim langsung saling jual-beli serangan sejak menit pertama. Tapi, justru PSM yang unggul cepat di menit ke-11. Tendangan bebas Yance Sayuri berbelok langsung ke tiang jauh. Kiper Borneo FC, Angga Saputro, sulit menggapai bola sebab pandangannya diganggu pemain-pemain PSM.

Tertinggal satu gol, Borneo FC langsung tingkatkan agresivitas. Mereka lancarkan serangan bertubi-tubi. Tendangan jarak jauh Bustos pada menit ke-22 masih bisa dihalau oleh kiper PSM yakni Reza Arya. Selain itu, sepakan first time Lilipaly semenit kemudian masih menyamping tipis dari sasaran.

Pada menit ke-29, giliran gelandang Borneo FC Wahyudi Hamisi yang melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Tapi, Reza Arya masih bisa membaca arah bola dengan sempurna di udara.

Kesalahan bek PSM dalam membuang bola selalu dimanfaatkan pemain Borneo FC untuk menciptakan peluang berbahaya. Selain itu mereka juga mencoba mengirim bola-bola tinggi, manfaatkan postur Pato yang lebih tinggi dari bek-bek PSM.

Meski lebih banyak tertekan, PSM justru bisa gandakan keunggulan pada menit ke-31. Diawali aksi individu Wiljan Pluim dari garis tengah lapangan yang melewati tiga pemain, ia kemudian mengirim umpan mendatar begitu tiba di kotak penalti. Yakob Sayuri tak menyia-nyiakan peluang emas dengan mencetak gol.

Meski unggul, PSM masih bernafsu menambah gol. Dua peluang tercipta lewat tendangan Kenzo Nambu di menit ke-34 dan Pluim tiga menit berselang, tapi tak ada yang bisa mengancam gawang lawan. Skor 2-0 iringi kedua tim masuk jeda antar babak.

Pada babak kedua, Juku Eja tak mengubah taktik permainan. Mereka masih andalkan direct football yang andalkan kejelian memanfaatkan celah di lini pertahanan Borneo FC. Tim tamu sendiri masih dominan dalam penguasaan bola, tapi cukup susah membongkar rapatnya pertahanan PSM.

Namun, tim tuan rumah malah bisa mencetak angka ketiga pada menit ke-59. Pluim manfaatkan sepak pojok Yakob Sayuri menjadi gol sundulan. Ia tetap bisa mengarahkan bola ke gawang Borneo FC dengan kepalanya, meski coba diganggu oleh bek Agung Prasetyo.

Sulit mencetak gol, Borneo FC coba mengirim ancaman dari jarak jauh. Salah satunya terjadi di menit ke-73, saat percobaan Taufany Muslihuddin usai manfaatkan kerja sama satu dua masih melambung tinggi dari gawang PSM.

Dua peluang Pesut Etam lainnya datang dari plesing melebar Muhammad Sihran di menit ke-85, kemudian sontekan Muhammad Nur Hardianto dua menit berselang manfaatkan cutback Fano Lilipaly yang malah keluar lapangan.

Tak ada gol tambahan tercipta hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Thoriq Alkaitiri. Kemenangan ini membuat PSM bisa memutus catatan tak pernah menang dari PSM sejak 2019. Mereka mengakhiri musim dengan perolehan 75 poin. Sedangkan Borneo FC bergeming di peringkat empat dengan perolehan angka 57.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Akbar Tanjung, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 78'), Muhammad Arfan, Ananda Raehan Alief, Kenzo Nambu (Rasyid Bakri, 86'), Yance Sayuri (Victor Dethan, 86'); Wiljam Pluim (Ricky Pratama, 90+1'), Everton Nascimento (Ramadhan Sananta, 78')

Borneo FC Samarinda (4-3-3)

Angga Saputro (GK); Diego Michiels (Wildansyah, 66'), Agung Prasetyo, Julio Cesar, Abdul Rachman (Leo Guntara, 66'); Jonathan Bustos (Ahmad Nur Hardianto, 74'), Adam Alis (Taufany Muslihuddin, 66'), Wahyudi Hamisi; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri (Muhammad Sihran, 74')

Baca Juga: Rayakan PSM Juara, Taufan Pawe Undang Suporter Nobar di Parepare

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya