Bek Tangguh PSM Agung Mannan Masuk "Best XI" Liga 1, Layak Timnas?

Jadi yang pertama baginya di musim ini

Makassar, IDN Times - Bek PSM Makassar, Agung Mannan, masuk dalam daftar "Best XI" alias sebelas terbaik pekan ke-29 BRI Liga 1 2022-23. Bek kelahiran Pangkep tersebut dipilih oleh Technical Study Group (TSG) PT Liga Indonesia Baru.

Penampilan Agung dalam laga kontra Persikabo 1973 pada Kamis pekan lalu (9/3/2023), memang cukup solid. Bersama Safrudin Tahar dan Akbar Tanjung, ia bisa menahan gempuran penyerang Laskar Padjajaran yang menurunkan skuat terbaik.

1. Berkat penampikan solid di laga kontra Persikabo 1973

Berdasarkan statistik, ia berhasil melakukan 3 clearances serta memutus aliran bola juga selama 3 kali. Lebih banyak ketimbang rekannya sesama pemain bertahan yakni Safrudin (1 clearance dan 3 intersep) serta Akbar Tanjung (1 clearance dan 2 intersep).

Dua pilar andalan PSM, Yuran Fernandes dan Erwin Gutawa, absen di duel tersebut akibat akumulasi kartu kuning. Keputusan Tavares untuk menerapkan compact football demi mengatasi masalah timpangnya lini belakang berbuah manis. Yang menarik, Akbar bahkan turun ke belakang untuk melakoni peran sebagai bek tengah.

2. Fokusnya tak menurun di menit-menit akhir

Bek Tangguh PSM Agung Mannan Masuk Best XI Liga 1, Layak Timnas?Bek PSM Makassar, Agung Mannan, mengawal striker Persikabo 1973 Pedro Henrique dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, 9 Maret 2023. (Instagram.com/officialpersikabo)

Seluruh momen penting Agung terjadi pada pengujung laga. Di menit ke-80, ia bisa memotong umpan tarik kiriman Ali Koroy yang ditujukan pada striker Pedro Henrique. Tiga menit berselang ia kembali menunjukkan kecekatannya dengan menghadang laju bola umpan gantung dari tendangan bebas Bruno Dybal.

Dengan fokus yang terjaga selama 90 menit, pemilik nomor punggung 47 tersebut bisa menyelamatkan PSM dari ancaman. Berkat kesigaoan dan konsistensi, ia pun diberi rating 7.0 oleh TSG.

Baca Juga: Antarlini Persita Vs PSM, Adu Gesit Dua Winger Lincah

3. Tampil moncer usai dipoles Tavares

Bek Tangguh PSM Agung Mannan Masuk Best XI Liga 1, Layak Timnas?Pesepak bola Persik Kediri Renan Da Silva (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Agung Mannan (kanan) pada Kompetisi Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (2/9/2022). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.

Kian menarik lantaran ini menjadi "Best XI" pertama bek 24 tahun tersebut. Ia bisa memukau tim TSG ketimbang para langganan edisi-edisi sebelumnya seperti Wiljan Pluim, Muhammad Arfan, Yakob Sayuri serta Yance Sayuri yang juga bermain di laga tersebut.

Agung Mannan sebenarnya sempat diragukan lantaran hanya berstatus sebagai mantan pemain Liga 2. Tapi di bawah polesan Bernardo Tavares, eks penggawa Martapura FC tersebut menjelma sebagai salah satu pilar penting Pasukan Ramang musim ini.

Baca Juga: Persita Vs PSM, Menguji Stamina Para Pemain Juku Eja

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya