Barito Putera Vs PSM, Mentalitas Tim Bakal Jadi Pembeda

Kedua tim sama-sama sedang berada di papan tengah klasemen

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengusung misi menang saat berjumpa Barito Putera dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2023-24, Jumat (15/3/2024) malam ini, di Stadion Sultan Agung Bantul. Tiga poin sangat penting agar mereka bisa menjauh dari zona degradasi.

Juku Eja sendiri punya modal bagus jelang duel ini. Mereka baru saja memutus tren negatif dengan menekuk PSS Sleman pekan lalu. Tambahan tiga poin membawa Muhammad Arfan dan kawan-kawan ke peringkat 9 klasemen sementara dengan koleksi 37 poin.

Barito Putera sendiri berada tepat di posisi ke-10 dengan perolehan nilai yang sama dengan PSM. Anak asuh Rahmad Darmawan tersebut juga mantap mengusung misi menang, agar terhindar dari sengitnya persaingan papan bawah.

Baca Juga: Pelatih PSM Minta Anak Asuhnya Kerja Keras saat Jajal Barito Putera

1. PSM Makassar tidak bisa menurunkan sejumlah pemain andalan

Barito Putera Vs PSM, Mentalitas Tim Bakal Jadi PembedaPara pemain PSM Makassar saat melakukan official training di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 14 Maret 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Namun, sama seperti pekan lalu, PSM tak bisa menurunkan seluruh pemain andalannya lantaran masalah kebugaran serta cedera. Opsi rotasi kembali disiapkan, yakni menurunkan pemain-pemain pelapis.

Di sisi lain, sang pelatih kepala yakni Bernardo Tavares mengaku sudah mengantongi nama beberapa pemain lawan untuk diwaspadai. Mulai dari lini belakang hingga sektor penyerangan.

"Barito mempunyai beberapa hal bagus dengan tim mereka, dan mereka bisa mengganti sistem bermain. Mereka bisa bermain dengan 3 atau 4 pemain bertahan. Renan juga bisa menentukan pertandingan saat berada di kotak penalti dan melakukan heading bola ke dalam gawang," ucapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan , Kamis kemarin (14/3/2024).

"Kita harus siap untuk segala hal ini. Dan kita sudah mempelajari tim ini dan saya kira di pertandingan besok yang menjadi pembeda adalah soal mentalitas," tutup pelatih asal Portugal itu.

2. Barito Putera diminta menjaga kedisiplinan selama 90 menit

Barito Putera Vs PSM, Mentalitas Tim Bakal Jadi PembedaPara pemain Barito Putera saat melakukan sesi latihan pada Rabu 13 Maret 2024. (Instagram.com/psbaritoputeraofficial)

Di sisi lain, Rahmad Darmawan selaku juru taktik Barito Putera memuji PSM sebagai tim yang solid. Meski dirundung banyak masalah, Juku Eja tetap konsisten berada di papan tengah. Alhasil, ia meminta Rizky Pora dan kawan-kawan menjaga disiplin selama 90 menit.

"Saya berharap pemain betul-betul mau melaksanakan tugas dengan sangat disiplin. Karena kalau itu tidak dikerjakan maka akan sulit menghadapi tim sesolid PSM yang kita tahu mereka punya kualitas pemain yang solid," ujar coach RD dalam kesempatan terpisah.

Laskar Antasari sendiri kemungkinan besar turun dengan para pilar andalan. Sebut saja duo bek Muhammad Firly - Renan Alves, gelandang bertahan Nazar Nurzaidin, winger lincah Gustavo Tocantins serta striker Eksel Runtukahu yang sudah mengemas 5 gol sejauh ini.

3. Dari lima pertemuan terakhir dengan Laskar Antasari, Juku Eja berhasil menang tiga kali

Barito Putera Vs PSM, Mentalitas Tim Bakal Jadi PembedaSalah satu momen pertandingan pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus Barito Putera yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, 15 September 2023. (Instagram.com/psbaritoputeraofficial)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

Barito Putera (4-2-3-1)

Ega Rizky Pramana (GK); Bagas Kaffa, Muhammad Firly, Renan Alves, Buyung Ismu; Hasyim Kipuw, Nazar Nurzaidin; Gustavo Tocantins, Mike Ott, Rizky Pora; Eksel Runtukahu

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Adilson da Silva, Victor Mansaray

Catatan lima pertemuan terakhir :

15/09/2023 PSM 2-0 Barito Putera (Liga 1)

09/02/2023 PSM 4-1 Barito Putera (Liga 1)

10/01/2023 Barito Putera 1-1 PSM (Liga 1)

28/01/2022 Barito Putera 1-2 PSM (Liga 1)

27/09/2021 PSM 0-2 Barito Putera (Liga 1)

Siapa yang bisa memetik poin penuh di Bantul? Saksikan pertandingan pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/24 antara Barito Putera versus PSM Makassar pada Jumat (15/3/2024) malam ini, pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: Cara Yuran Fernandes Semangati Rekannya saat PSM Bekuk PSS

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya