Banyak Peluang Emas, PSM Imbang Tanpa Gol Melawan Persebaya

Juku Eja harus puas dengan tambahan satu poin

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kembali harus puas dengan hasil imbang untuk kali kedua secara beruntun. Menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Batakan Balikpapan pada lanjutan pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/24, Rabu malam (28/2/2024), duel klasik tersebut berakhir dengan skor 0-0. Sejumlah peluang emas Pasukan Ramang malah gagal menjadi gol.

Komposisi Tim

PSM melakukan dua pergantian lantaran beberapa pemain mengalami cedera. Mereka yang dipasang sebagai starter yakni Ricky Pratama di lini depan, serta Ananda Raehan Alief yang mengganti Akbar Tanjung.

Sedangkan Persebaya mencadangkan Robson Duarte dan memberi kesempatan Kasim Botan. Pedro Henrique menjadi ujung tombak yang bekerja sendirian di sektor depan, dengan Bruno Moreira serta Muhammad Hidayat sebagai penopang.

Jalannya Pertandingan

Penguasaan bola milik kedua tim berimbang di babak pertama. Tapi, PSM lebih agresif dengan mengirim lebih banyak serangan. Persebaya hanya bisa memanfaatkan counter attack yang dilakukan secara sporadis.

Menit ke-14, PSM pertama kali mengancam lewat percobaan tembakan keras Kenzo Nambu dari luar kotak penalti. Tapi bola bisa diamankan kiper Persebaya yakni Andhika Ramadhani.

Sembilan menit berselang, Andhika kembali menepis sepakan akurat kiriman Muhammad Arfan. Arfan kembali mengancam di menit ke-27, lagi-lagi lewat skema tembakan jarak jauh. Tapi, Andhika masih sigap dalam mengamankan gawang Persebaya.

Tim tamu bukannya tanpa ancaman. Pada menit ke-29, Bruno Moreira melewati dua pemain belakang PSM dengan skill individunya. Percobaan itu diakhiri tembakan ke tiang jauh, tapi masih mampu dihalau Yuran. Percobaan tembakan jarak jauh gelandang Persebaya yakni Muhammad Hidayat beberapa detik kemudian masih melambung tinggi.

Saat babak pertama berusia 33 menit, bola tendangan bebas dari gelandang Persebaya yaitu Muhammad Iqbal mampu ditangkap Reza Arya. Tiga menit berselang, giliran Andhika Ramadhani yang mengamankan sepakan melengkung Yance Sayuri. Tak ada gol tercipta hingga masuk masa turun minum.

Permainan tak banyak berubah di babak kedua. Juku Eja masih memaksimalkan serangan dari kedua sisi sayap. Sedangkan anak asuh Paul Munster tetap andalkan umpan-umpan jarak jauh yang ditujukan langsung ke depan.

PSM langsung mengancam hanya dua menit setelah babak kedua dimulai. Kali ini lewat tendangan bebas yang dieksekusi langsung oleh Yuran Fernandes. Tapi, upayanya masih melambung di atas mistar gawang.

Persebaya juga mendapat peluang dari skema bola mati. Bola tendangan sudut Andre Oktaviansyah di menit ke-63 bisa disundul oleh bek Yan Victor yang merangsek ke depan. Tapi upaya bek asal Brasil tersebut masih melebar.

Juku Eja nyaris mencetak gol pada menit ke-73. Umpan silang Yakob Sayuri tak mampu diamankan dengan sempurna oleh kiper Andhika Ramadani. Bola yang lepas langsung dieksekusi oleh Mufli Hidayat, tapi bisa dimentahkan oleh Dusan Stefanovic tepat di dean garis gawang,

Menit ke-80, peluang emas kembali didapatkan oleh PSM. Ini diawali upaya Victor Mansaray yang mengirim umpan mendatar meski dikawal dua pemain Persebaya. Joao Pedro yang baru beberapa detik bermain langsung melepas tendangan jarak dekat, tapi masih membentur tiang gawang.

Tak ada gol yang tercipta hingga peluit panjang ditiup wasit Rio Permana Putra. Hasil ini membuat PSM mendaki satu posisi ke peringkat 8 klasemen sementara dengan perolehan 34 poin. Persebaya sendiri naik menuju posisi 12 dengan koleksi 32 poin.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, Ananda Raehan Alief (Akbar Tanjung, 79'), Muhammad Arfan (Adil Nur Bangsawan, 79'), Kenzo Nambu, Yakob Sayuri (Joao Pedro, 80'); Ricky Pratama (Mufli Hidayat, 63'), Victor Mansaray (Victor Dethan, 85')

Persebaya Surabaya (4-5-1)

Andhika Ramadhani (GK); Arief Catur, Yan Victor, Dusan Stefanovic, Mikael Tata (Oktavianus Fernando, 46'); Andre Oktaviansyah, Muhammad Hidayat, Bruno Moreira, Muhammad Iqbal (Ripal Wahyudi, 76'), Kasim Botan (Kadek Raditya, 89'); Pedro Henrique

Baca Juga: Antar Lini PSM Vs Persebaya, Adu Tajam Dua Striker Asing

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya