Awal Musim Impresif PSM: Serangan Tajam, Pertahanan Solid

Para pemain dan suporter diminta tetap rendah hati

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memulai perjalanan mereka di BRI Liga 1 musim 2024/25 dengan performa gemilang. Tiga pertandingan awal melawan Persis Solo, PSBS Biak, dan Dewa United FC bisa disapu bersih dengan kemenangan.

Lini serang menunjukkan ketajamannya dengan mencetak total delapan gol dalam tiga laga, membuat PSM jadi tim tersubur sejauh ini. Nermin Haljeta menyumbang 4 gol, membuat striker asal Slovenia tersebut berada di puncak daftar top skorer kompetisi sementara.

Empat gol lainnya dicetak oleh empat pemain berbeda yakni Rizky Eka Pratama, Abdul Rahman, Daisuke Sakai serta Aloisio Soares Neto. Dari total 8 gol sejauh ini, ada enam yang tercipta lewat skema open play.

Baca Juga: PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis Lagi

1. PSM Makassar sudah mencetak 8 gol dari 3 pertandingan pertama musim ini

Awal Musim Impresif PSM: Serangan Tajam, Pertahanan SolidPesepak bola PSM Makassar Nermin Haljeta (kanan) melepas tendangan ke gawang PSBS Biak pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/YU

Lini belakang PSM juga menunjukkan ketangguhan dengan hanya kebobolan dua kali sejauh ini. Gol-gol tersebut terjadi saat melawan PSBS Biak dan Dewa United. Satu di antaranya adalah penalti kala berjumpa Banten Warrior, julukan Dewa United.

Meski mencatat hasil positif di awal musim, pelatih PSM, Bernardo Tavares, merasa bahwa masih ada ruang untuk perbaikan. Dia menekankan bahwa tim saat ini masih dalam proses membangun dan perlu terus melakukan evaluasi terhadap pertandingan-pertandingan yang sudah dijalani.

"Di sini kami sedang mencoba membangun keluarga baru. Kami harus melihat pertandingan-pertandingan yang kami menangkan dan melihat apa-apa yang masih bisa kami tingkatkan lagi," katanya seperti dikutip dari laman PT Liga Indonesia Baru, Sabtu (31/8/2024). 

2. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, meminta semua pihak untuk tetap rendah hati

Awal Musim Impresif PSM: Serangan Tajam, Pertahanan SolidPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam salah satu sesi latihan pada Juli 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dengan pekerjaan rumah yakni meningkatkan sejumlah aspek, Tavares tak lupa dengan faktor kekompakan dan kebersamaan. Ia kembali menekankan "mantra" yang selalu diucapkannya selama menangani Pasukan Ramang sejak musim 2022/23 : rendah hati.

Tavares realistis terhadap kemungkinan kekalahan di masa depan. Ia menekankan bahwa pada jika tren positif terhenti, ini jadi lecutan melakukan evaluasi demi mengidentifikasi hal-hal yang harus diperbaiki untuk laga selanjutnya.

"Jika pada saatnya kami kalah nanti, karena pada suatu saat kami akan kalah, maka kami akan lihat lagi apa-apa yang perlu kami kembangkan," jelasn pelatih berlisensi Pro A UEFA tersebut.

3. Dua lawan kuat sudah menunggu Pasukan Ramang setelah jeda internasional

Awal Musim Impresif PSM: Serangan Tajam, Pertahanan SolidPara pemain PSM Makassar berpose sebelum laga pekan kedua BRI Liga 1 2024/25 melawan PSBS Biak di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada 16 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Tak cuma kepada seluruh anak asuhnya, Tavares juga meminta para suporter untuk tidak langsung merasa jemawa. Sudah banyak contoh tim yang tampil moncer di pekan-pekan awal, sebelum mengalami penurunan performa secara drastis.

"Musim ini belum selesai. Masih sangat panjang. Kita ambil contoh RANS Nusantara FC musim lalu. Mengumpulkan 30 poin di putaran pertama BRI Liga 1, tapi di akhir musim mereka harus terdegradasi," ungkapnya mewanti-wanti.

Saat ini, Liga 1 sedang libur lantaran ada jeda internasional. Tapi dua tim kuat sudah menunggu Yuran Fernandes dan kawan-kawan saat kompetisi kembali diputar, yakni Persib Bandung (pekan keempat) serta Arema FC (pekan kelima).

Baca Juga: Cerita Nermin Haljeta, Perantau yang Langsung Nyetel di PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya