Asprov PSSI Sulsel dan Suporter PSM Harap Erick Thohir Penuhi Janji

Berharap Erick Thohir mampu jalankan programnya

Makassar, IDN Times - Erick Thohir kini menduduki jabatan sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Ia mendapat suara terbanyak dalam Kongres Luar Biasa yang berlangsung di Jakarta, Kamis kemarin (17/2/2023).

Ahmadi Djafri, Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sulawesi Selatan (Sulsel), menyambut antusias terpilihnya sosok pengusaha yang sudah bertahun-tahun terlibat dalam sejumlah cabang olahraga tersebut. 

"Apalagi sejak awal kami (Asprov PSSI Sulsel, red.) memang sudah mendukung Erick Thohir sejak masih berstatus sebagai Calon Ketua Umum, dan kemudian akhirnya resmi terpilih menjadi Ketua Umum," ungkapnya kepada IDN Times, Jumat pagi (17/2/2023).

1. Asprov PSSI Sulsel berharap ada perbaikan kompetisi dan infrastruktur

Asprov PSSI Sulsel dan Suporter PSM Harap Erick Thohir Penuhi JanjiLogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Ahmadi, yang juga mengikuti KLB PSSI, mengaku ada banyak harapan dipanjatkan untuk kepemimpinan Erick. Ia menggarisbawahi tiga hal yang harus diperbaiki yakni organisasi, kompetisi dan infrastruktur. Menurutnya, hal-hal mendasar tersebut adalah "resep" sederhana membangun sepak bola menuju arah lebih baik, sekaligus agar programnya bisa tercapai.

"Bagaimana agar para pemain muda bisa berkompetisi secara berkesinambungan. Asprov dan federasi sudah berkomitmen untuk membangun dari usia dini. Selain itu, infrastruktur juga sangat penting karena pemain muda ini juga butuh tempat berlatih dan bertanding yang memadai," paparnya.

"Selain itu Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 harus punya operator sendiri-sendiri. Ini agar kompetisi bisa berjalan seutuhnya, dan tidak merugikan banyak pihak. Masalah tersebut juga sudah disuarakan belakangan ini," sambung Ahmadi.

2. Sekjen Red Gank akan mengawal pelaksanaan janji-janji Erick Thohir

Asprov PSSI Sulsel dan Suporter PSM Harap Erick Thohir Penuhi JanjiSekretaris Jenderal kelompok suporter PSM Makassar, Red Gank. (Instagram.com/sadatredgank)

Bagaimana dari sisi suporter? Sadakati Sukma, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Red Gank, mengatakan bahwa kepengurusan baru PSSI ini adalah momentum perubahan sepak bola Indonesia.

"Visi-misi beliau adalah program, dan setelah terpilih maka semua harus dijalankan. Ini yang harus kita kawal bersama-sama, sebab janji harus ditepati," ujarnya saat dihubungi IDN Times pada Kamis malam (16/2/2023).

"Terpilihnya Pak Erick Thohir juga harus menjadi awal dari transparansi dan reformasi birokrasi federasi, mulai dari pusat sampai ke saerg. Sebab hal tersebut jadi sorotan suporter sejak lama," imbuhnya.

3. Diharap legawa melepas jabatan sebagai Menteri BUMN agar fokus ke PSSI

Asprov PSSI Sulsel dan Suporter PSM Harap Erick Thohir Penuhi JanjiMenteri BUMN Erick Thohir (Humas BUMN)

Lebih jauh, sosok yang biasa disapa Sadat tersebut mengaku sudah memprediksi bahwa pendiri Mahaka Group itu akan melaju mulus ke kursi PSSI 01. "Terlebih Erick Thohir sudah punya banyak pengalaman, termasuk mengurus salah satu klub sepak bola terkenal di Italia," ungkapnya.

Menyinggung status jabatannya sebagai Menteri BUMN, Sadat berharap Erick Thohir bisa lapang dada melepaskannya. Ini tak lain agar ia bisa mengurus PSSI sepenuh hati.

"Saya berharap, mudah-mudahan beliau legowo mundur dari jabatannya sebagai Menteri BUMN, biar lebih fokus mengurus sepak bola Indonesia," ungkap sosok yang juga menjabat Juru Bicara Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia itu.

Baca Juga: Sadikin Aksa Jadi Calon Waketum PSSI, Pentolan Suporter PSM Mendukung 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya