Asnawi Mangkualam Resmi Digaet Tim Papan Atas Liga Thailand

Bek Timnas Indonesia tersebut direkrut oleh Port FC

Makassar, IDN Times - Asnawi Mangkualam tetap berkarier di luar negeri, tapi tak lagi merumput bersama klub Korea Selatan seperti rumor yang selama ini beredar. Ia diumumkan sebagai rekrutan baru klub Thai League 1, Port FC pada, pada Jumat sore (26/1/2023).

"Kami resmi mengumumkan masuknya Asnawi Mangkualam, bek kanan kapten Timnas Indonesia, untuk bergabung dengan Port FC untuk bertarung di putaran kedua musim 2023/24 sebagai pemain kuota ASEAN," demikian pernyataan di akun media sosial resmi Instagram mereka, @portfc_official.

1. Asnawi memperkuat Port FC untuk putaran kedua Thai League 1 musim 2023/24

Asnawi Mangkualam Resmi Digaet Tim Papan Atas Liga ThailandPengumuman Asnawi Mangkualam sebagai rekrutan baru klub Thai League 1 yakni Port FC pada Jumat 26 Januari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Sejak berstatus bebas transfer pada 4 Januari lalu, banyak rumor yang menyebut bek tangguh kelahiran Makassar tersebut masih akan bertualang di Korea Selatan. FC Seoul dan Suwon FC, dua tim kasta teratas Negeri Ginseng, santer dirumorkan berburu tandatangan Asnawi.

Dalam pernyataan yang sama, manajemen Port FC mengaku sudah mengamankan jasa Asnawi pada hari terakhir bursa transfer tengah musim, Rabu pekan lalu (17/1/2024). Berarti, mereka menunggu selama sepekan lebih sebelum merilis official announcement kepada publik dan suporter.

2. Asnawi menjadi pemain Indonesia kedua dalam sejarah Port FC

Asnawi Mangkualam Resmi Digaet Tim Papan Atas Liga ThailandBek Asnawi Mangkualam dalam sesi latihan Timnas Indonesia di Doha, Qatar, 8 Januari 2024. (Dok. PSSI.org)

Lebih jauh, Asnawi juga menjadi pemain asal Indonesia kedua di Thai League 1 musim 2023/24. Sebelumnya sudah ada bek Yanto Basna yang kembali didatangkan PT Prachuap pada bursa transfer tengah musim. Sedangkan bagi Port FC, Asnawi adalah penggawa Merah Putih kedua dalam sejarah klub.

Sebelumnya sudah ada Terens Puhiri yang sempat dipinjamkan Borneo FC ke Port FC pada tahun 2018 selama setengah musim. Bersama klub berjuluk Port Lions tersebut, winger gesit itu mencatatkan 13 penampilan. Rinciannya yakni 11 kali di ajang Thai League 2, dan 2 sisanya dalam Thai FA Cup.

3. Port FC sedang duduki peringkat tiga klasemen sementara Thai League 1

Asnawi Mangkualam Resmi Digaet Tim Papan Atas Liga ThailandPara pemain Port FC saat merayakan kemenangan atas Buriram United dalam laga pekan ke-14 Thai League 1 2023/24 yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 17 Desember 2023. (Instagram.com/portfc_official)

Saat ini, Asnawi masih berada di Qatar sebab Timnas Indonesia masih harus menantang Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023, hari Minggu nanti (28/1/2024). "Ia baru akan terbang ke Thailand setelah menyelesaikan putaran final Piala Asia 2023," demikian penjelasan singkat pihak Port FC.

Sama seperti Liga 1, Thai League 1 juga sedang dalam masa jeda sejak 28 Desember 2023 silam. Mereka baru kembali melanjutkan kompetisi mulai pekan ke-16 pada 9 Februari mendatang. Saat ini, Port FC sedang berada di posisi ketiga klasemen sementara, menempel ketat peringkat dua Buriram United yang terpaut hanya satu poin.

Baca Juga: Kisah Dullah Rahim: Diorbitkan PSM, Melegenda di Surabaya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya