Arema FC Vs PSM Makassar, Waspadai Motivasi Tinggi Singo Edan!

Arema butuh sapu bersih dua laga agar lolos dari degradasi

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan bertemu Arema FC dalam lanjutan pekan ke-32 BRI Liga 1 2023/24. Duel yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Kamis (25/4/2024) malam ini memang tidak akan memengaruhi posisi Juku Eja di papan klasemen. Tapi, sang lawan menganggapnya ibarat laga hidup-mati.

PSM saat ini sudah nyaman di papan tengah klasemen sementara. Menempati peringkat 11 dengan koleksi 41 poin, mereka berpotensi bisa naik dua anak tangga jika mampu menyapu bersih dua laga terakhir.

Sedangkan Arema harus berjibaku mengamankan poin penuh di setiap laga untuk menjauh dari zona degradasi. Saat ini Singo Edan hanya berbeda satu poin dengan Persita Tangerang di posisi 16. Sudah pasti mereka akan kembali tampil all out di duel ini.

Baca Juga: 5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mewaspadai motivasi membuncah tim lawan

Arema FC Vs PSM Makassar, Waspadai Motivasi Tinggi Singo Edan!Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Januari 2024. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Pasukan Ramang tentu harus mewaspadai semangat tim tuan rumah yang sedang membuncah. Terlebih mereka merusak perayaan trofi Regular Series Borneo FC pekan lalu dengan membawa pulang tiga poin dari Batakan. Perjuangan menjauh dari zona degradasi juga siap membakar semangat para pemain Arema.

"Tentu saja motivasi mereka sedang tinggi. Jika kami ingin meraih hasil yang baik di pertandingan ini, kami tentu harus memberi performa yang bagus dan fokus sepanjang pertandingan," ungkap Bernardo Tavares, pelatih kepala PSM, dalam sesi jumpa pers pada Rabu kemarin (24/4/2024).

Meski begitu, mereka dipastikan tanpa Victor Mansaray yang mendapat akumulasi kartu kuning. Praktis tugas sebagai tandem Adilson da Silva akan diserahkan pada Joao Pedro, Andy Harjito atau bahkan Yakob Sayuri.

2. Para pemain Arema FC diminta bersiap dengan pertandingan dalam intensitas tinggi

Arema FC Vs PSM Makassar, Waspadai Motivasi Tinggi Singo Edan!Para pemain Arema FC dalam sesi latihan di Lapangan Samudra Kuta Denpasar pada Selasa 23 April 2024. (Instagram.com/aremafcofficial)

Di sisi lain, Widodo C. Putro selaku juru taktik Arema FC mengatakan bahwa anak asuhnya punya target 6 poin. Dengan kata lain, misi menang mantap diusung meski masa persiapan mepet. Ada keyakinan yang sedang membuncah, terlebih usai mereka menekuk Pesut Etam di kandangnya sendiri.

"Saya yakin kalau pemain kompak, kamu bisa memenangkan pertandingan," ungkap coach WCP dalam kesempatan terpisah.

"Pertandingan besok (melawan PSM) tensi dan intensitasnya akan sangat tinggi. Pemain lakukan tugas sebaik mungkin, nikmati pertandingan besok, tiga poin harus dipertahankan di kandang Bali," imbuhnya.

Singo Edan sendiri dipastikan akan melakukan beberapa rotasi di susunan tim utama. Salah satunya dengan memarkir gelandang serang Ariel Lucero lantaran sedang dalam pemulihan cedera otot paha.

3. Juku Eja selalu menang atas Singo Edan dalam tiga pertemuan terakhir

Arema FC Vs PSM Makassar, Waspadai Motivasi Tinggi Singo Edan!Striker PSM Makassar, Adilson da Silva, merayakan gol yang ia cetak ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Arema FC (5-4-1)

Julian Schwarzer (GK); Syaeful Anwar, Bagas Adi Nugroho, Charles Raphael, Achmad Syarif Maulana, Johan Alfarizi; Julian Guevara, Jayus Hariono, Ginanjar Wahyu, Dendi Santoso; Dedik Setiawan

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Yakob Sayuri, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Rizky Eka Pratama; Adilson da Silva, Andy Harjito

Catatan lima pertemuan terakhir :

20/10/2023 PSM 3-0 Arema FC (Liga 1)

04/02/2023 Arema FC 0-1 PSM (Liga 1)

20/08/2022 PSM 1-0 Arema FC (Liga 1)

11/06/2022 Arema FC 0-1 PSM (Piala Presiden)

30/03/2022 Arema FC 1-0 PSM (Liga 1)

Siapa yang akan memenangi laga ini? Saksikan pertandingan pekan ke-33 BRI Liga 1 2023/24 antara Arema FC versus PSM Makassar pada Kamis (25/4/2025) malam ini, pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya