Antar Lini PSM Vs PSS, Parade Para Pemain Asing Jempolan

Siapa yang bisa mengantar timnya memetik poin penuh?

Intinya Sih...

  • PSM dan PSS hanya berjarak 3 poin di klasemen, target kemenangan demi hindari degradasi
  • Muhammad Ardiansyah mengalami blunder fatal, Anthony Pinthus masih dipusingkan dengan jumlah kebobolan yang buruk
  • Yuran Fernandes and Thales menjadi andalan di lini belakang, Kenzo Nambu dan Adilson da Silva dituntut untuk mencetak gol

Makassar, IDN Times - Lanjutan pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/24 akan mempertemukan dua tim papan bawah pada Jumat sore (8/3/2024). PSM Makassar selaku tim tuan rumah akan menjamu tim tamu PSS Sleman di Stadion Batakan Balikpapan.

Jika melihat papan klasemen sementara, jarak kedua tim tak terpaut jauh. PSM duduk di peringkat ke-14 dengan perolehan 34 poin, sedangkan PSS masih menghuni posisi 15 dan mengoleksi 31 poin. Tak pelak, mereka mematok target kemenangan dalam duel ini demi lepas dari ancaman degradasi.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan para pemain kunci di setiap lini milik masing-masing kubu. Mereka akan menjadi penentu hasil akhir pertandingan tersebut.

Catatan : Statistik pemain berasal dari penampilan di ajang Liga 1.

1. Kiper : Muhammad Ardiansyah - Anthony Pinthus

Antar Lini PSM Vs PSS, Parade Para Pemain Asing JempolanKiper PSM Makassar, Muhammad Ardiansyah - Kiper PSS Sleman, Anthony Pinthus (Kolase Berbagai Sumber)

Muhammad Ardiansyah : 4 kali main, 5 kebobolan

Blunder yang dilakukan Muhammad Ardiansyah pada laga terakhir berakibat fatal pada gol semata wayang Persis Solo. Jam terbang jelas menjadi kekurangan kiper 20 tahun tersebut. Tapi, Ardiansyah memang harus sering diturunkan sebagai ujian mentalitasnya saat merumput, sekaigus cara mengasah sang pelapis Reza Arya.

Anthony Pinthus : 23 kali main, 32 main

Kiper Timnas Filipina ini tak tergantikan di bawah mistar gawang PSS. Mulai dari saat pelatih kepala masih dipegang oleh Marian Mihail, lalu dioper ke Risto Vidakovic. Meski begitu, Anthony masih tetap dipusingkan dengan jumlah kebobolan yang buruk. Rata-rata ada 1,3 gol yang bersarang di gawangnya setiap bertanding.

2. Belakang : Yuran Fernandes - Thales Lira

Antar Lini PSM Vs PSS, Parade Para Pemain Asing JempolanBek PSM Makassar, Yuran Fernandes - Bek PSS Sleman, Thales Lira (Kolase Berbagai Sumber)

Yuran Fernandes : 25 kali main, 2 gol, 1 asis

Pilar andalan PSM sejak musim lalu. Penampilan yang selalu tenang, ditambah dengan kemampuan reading the game mumpuni, membuat Yuran selalu dipasang sebagai starter. Bek asal Cape Verde tersebut diharap mampu meredam agresivitas lini serang PSS. Sejauh ini ia sudah melakukan 38 tekel, 118 intersep dan 60 sapuan.

Thales : 25 kali main, 2 gol

Sosok tak tergantikan di lini belakang PSS. Jebolan tim muda SC Internacional tersebut langsung nyetel dengan gaya permainan Elang Jawa. Bahkan saat Risto Vidakovic menjadi juru taktik pada tengah musim, palang pintu asal Brasil itu masih tetap dipercaya. Ada 43 tekel, 94 interep dan 92 sapuan yang sudah Thales lakukan sejauh ini. 

3. Tengah : Kenzo Nambu - Elvis Kamsoba

Antar Lini PSM Vs PSS, Parade Para Pemain Asing JempolanGelandang PSM Makassar, Kenzo Nambu - Gelandang PSS Sleman, Elvis Kamsoba (Kolase Berbagai Sumber)

Kenzo Nambu : 24 kali main, 11 gol

Kenzo Nambu seperti lupa cara mencetak gol. Meski melepas total 6 peluang dalam tiga laga terakhir PSM (3 diantaranya on target), gelandang asal Jepang tersebut lebih banyak mengirim ancaman dari luar kotak penalti. Sebuah cara baru? Bisa jadi. Tapi, tentu saja tugas membobol gawang lawan bukan cuma milik Kenzo saja.

Elvis Kamsoba : 8 kali main, 1 asis

Winger kanan Timnas Burundi ini selalu menjadi pilihan utama Risto Vidakovic untuk membantu lini depan PSS. Berbekal kemampuan individu dan kecepatan, Elvis selalu menghadirkan ancaman untuk bek-bek tim lawan. Perhatian jelas harus diberikan pada sosok berusia 27 tahun tersebut, jika tak ingin kecolongan.

4. Depan : Adilson da Silva - Ajak Riak

Antar Lini PSM Vs PSS, Parade Para Pemain Asing JempolanStriker PSM Makassar, Adilson da Silva - Penyerang PSS Sleman, Ajak Riak (Kolase Berbagai Sumber)

Adilson da Silva : 24 kali main, 6 gol, 1 asis

Tampil kurang menggigit di laga pekan lalu, Adilson agaknya belum panas selepas pulih dari cedera ringan. Laga melawan PSS ini akan menjadi ajang bagi striker asal Portugal tersebut untuk menambah pundi-pundi golnya. Bahkan ketika dalam situasi terkepung, Adilson bisa melepas umpan-umpan manja untuk tandemnya di lini depan.

Ajak Riak : 8 kali main, 2 gol

Didatangkan pada bursa transfer tengah musim, Ajak Riak baru mampu mengemas sepasang gol dari 8 penampilan. Itu terjadi pada pekan ke-25 dan ke-26. Apakah ini pertanda striker asal Sudan Selatan tersebut sudah nyetel dengan rekan-rekan setimnya? Ajak sudah melepas 12 tembakan, 6 diantaranya tepat sasaran.

Siapa yang akan jadi penentu hasil akhir duel tim papan bawah ini? Saksikan pertandingan pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus PSS Sleman yang berlangsung pada Jumat sore ini (8/3/2024), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Jelang Lawan PSS Sleman, Pemain PSM Makassar Minim Persiapan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya