Antar Lini Barito Putera Vs PSM, Sengit di Lini Tengah

Siapa berhak atas tiga poin dalam duel di Bantul ini?

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kembali mengusung misi menang saat bersua Barito Putera dalam lanjutan pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/24, Jumat (15/3/2024) malam ini. Tapi, duel ini tak berlangsung di Martapura, melainkan di Stadion Sultan Agung Bantul.

Kedua kubu sendiri sama-sama berstatus sebagai penghuni papan tengah klasemen sementara. PSM di peringkat 9, sedangkan Barito duduki posisi ke-10. Perolehan poin mereka pun identik yakni 37. Tapi, itu tak menepikan fakta bahwa mereka sangat dekat dengan zona degradasi.

Sebagai pengantar, berikut IDN Times menyajikan para pemain kunci di setiap lini milik masing-masing kubu. Mereka akan menjadi penentu hasil pertemuan dua tim yang masih dirundung inkonsistensi tersebut.

Catatan : Statistik pemain berasal dari penampilan di ajang Liga 1.

Baca Juga: Barito Putera Vs PSM, Mentalitas Tim Bakal Jadi Pembeda

1. Kiper: Ega Rizky Pramana-Reza Arya Pratama

Antar Lini Barito Putera Vs PSM, Sengit di Lini TengahKiper Barito Putera, Ega Rizky - Kiper PSM Makassar, Reza Arya (Kolase Berbagai Sumber)

Ega Rizky Pramana: 27 kali main, 34 kebobolan

Kiper senior Barito Putera ini masih menjadi andalan coach Rahmad Darmawan mengawal benteng terakhir. Kendati demikian, sosok 31 tahun tersebut masih dipusingkan dengan jumlah rataan kebobolan yang tinggi, yakni 1,54 gol per laga. Pada laga pekan lalu kontra , ia bahkan harus memungut bola dari gawangnya sebanyak tiga kali.

Reza Arya Pratama: 24 kali main, 21 kebobolan

Pemuda 23 tahun tersebut tidak banyak beraksi saat PSM menekuk PSS pekan lalu. Menurut statistik, ia tak melakukan satu pun penyelamatan. Bahkan satu-satunya gol balasan tim lawan lahir dari bunuh diri Erwin Gutawa yang masuk sebagai pemain pengganti. Tapi, Reza harus mewaspadai para penyerang Barito di duel ini.

2. Bek: Renan Alves-Yuran Fernandes

Antar Lini Barito Putera Vs PSM, Sengit di Lini TengahBek Barito Putera, Renan Alves - Bek PSM Makassar, Yuran Fernandes (Kolase Berbagai Sumber)

Renan Alves: 25 kali main, 4 gol, 1 asis

Palang pintu asal Brasil ini jadi masih menjadi andalan di lini belakang. Sigap dalam duel udara dan tangkas saat membawa permainan lawan adalah kemampuan yang dimiliki Renan. Bek 32 tahun tersebut sudah melakukan 42 tekel, 131 intersep dan 73 sapuan. Tak lupa, ia juga berbahaya dalam situasi sepak pojok.

Yuran Fernandes: 26 kali main, 3 gol, 1 asis

Jika Barito punya Renan sebagai andalan saat sepak pojok, maka PSM memiliki Yuran. Dengan postur tubuh nyaris dua meter, kehadirannya dalam kotak penalti akan sangat menyusahkan bek-bek lawan. Saat bertahan, bek asal Cape Verde tersebut juga cekatan. Ia sudah mencatatkan 41 tekel, 121 intersep dan 66 sepak pojok.

3. Tengah: Hasyim Kipuw-Muhammad Arfan

Antar Lini Barito Putera Vs PSM, Sengit di Lini TengahGelandang Barito Putera, Hasyim Kipuw - Gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan (Kolase Berbagai Sumber)

Hasyim Kipuw: 24 kali main, 1 gol

Mantan pemain PSM ini menjadi andalan baru di lini tengah Barito Putera. Pemain asal Tulehu tersebut sudah catatkan 382 operan sukses, 31 tekel, 39 intersep dan 5 sapuan sejak didatangkan pada awal musim. Jika dibutuhkan, Hasyim akan merangsek maju untuk mencari peluang emas dalam kotak penalti.

Muhammad Arfan: 25 kali main, 2 asis

Pemain 26 tahun ini mulai dipercaya turun sebagai starter sejak PSM kehilangan Wiljan Pluim. Perannya sangat vital lantaran tiadanya playmaker membuat Arfan harus lebih aktif dalam menyerang, tanpa melupakan tugas utamanya sebagai gelandang bertahan. Ia sudah melakukan 396 operan sukses, 36 tekel, 39 intersep dan 7 sapuan.

4. Depan: Eksel Runtukahu-Adilson da Silva

Antar Lini Barito Putera Vs PSM, Sengit di Lini TengahStriker Barito Putera, Eksel Runtukahu - Striker PSM Makassar, Adilson da Silba (Kolase Berbagai Sumber)

Eksel Runtukahu: 17 kali main, 5 gol, 1 asis

Pemain kelahiran Minahasa ini merupakan salah satu dari striker lokal dengan jam terbang tinggi. Setelah lebih banyak beredar dalam Liga 2, Eksel akhirnya bisa unjuk gigi di kasta teratas. Ditopang postur kekar, Eksel bisa merepotkan bek-bek lawan. Ia sudah melepas 13 tembakan, dengan 10 diantaranya on target.

Adilson da Silva: 25 kali main, 6 gol, 1 asis

Adilson belum berhasil menambah pundi-pundi golnya dalam dua pertandingan terakhir PSM. Berbagai peluang emas padahal sudah ia ciptakan, tapi tak kunjung masuk ke gawang lawan. Striker asal Portugal itu tentu akan kembali mencoba peruntungannya di laga ini, manfaatkan lemahnya sektor belakang Barito.

Siapa yang mengantar timnya meraih poin penuh? Saksikan pertandingan pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/24 antara Barito Putera versus PSM Makassar yang berlangsung pada Jumat (15/3/2024) malam ini, pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: Pelatih PSM Minta Anak Asuhnya Kerja Keras saat Jajal Barito Putera

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya