AFF Cup: Yakob Sayuri Bertekad Bawa Timnas ke Podium Juara

Yakob akan jalani AFF Cup pertama dalam kariernya

Makassar, IDN Times - Winger PSM Makassar yang membela Tim Nasional Idnonesia, Yakob Sayuri yakin Tim Garuda tampil sebagai kampiun untuk pertama kalinya pada ajang AFF Cup 2022. Ia mengaku ingin mewujudkan mimpi masyarakat sekaligus genapi target yang dipancang oleh sang pelatih kepala, Shin Tae-yong.

"Kalau target pribadi yang pastinya saya ingin sekali untuk bisa membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF," ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga: Timnas Indonesia Tanpa Elkan Baggott di Piala AFF 2022

1. Yakob Sayuri baru mengoleksi tiga caps bersama Timnas

AFF Cup: Yakob Sayuri Bertekad Bawa Timnas ke Podium JuaraYakob Sayuri di kamar ganti jelang laga Timnas Indonesia versus Curaçao di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, 27 September 2022. (Instagram.com/pssi)

Yakob juga berpotensi jalani debut di ajang dua tahunan tersebut. Meski sudah memperkuat Timnas senior sejak dua tahun silam, ia tak dipanggil untuk AFF Cup edisi 2021 lantaran PSM saat itu berkutat di papan bawah. Meningkatnya performa Juku Eja musim ini membuat Shin Tae-yong memanggil Yakob, Ramadhan Sananta serta winger muda Dzaky Asraf.

Sejauh ini, saudara kembar Yance itu sudah tiga kali tampil bersama Timnas. Sekali dalam laga uji coba kontra Afghanistan pada Mei 2021, kemudian di dua friendly match versus Curaçao medio September silam.

2. Mengaku level kebugarannya meningkat selama pemusatan latihan

AFF Cup: Yakob Sayuri Bertekad Bawa Timnas ke Podium JuaraYakob Sayuri dalam sesi latihan Timnas Indonesia di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. (Dok. PSSI.org)

Nyaris tiga pekan jalani pemusatan latihan Timnas Indonesia di Gianyar, Yakob mengaku kondisinya makin prima jelang AFF Cup 2022. Penggawa PSM berharap level kebugarannya terjaga hingga kejuaraan yang pernah berlabel Piala Tiger tersebut resmi dibuka.

"Puji Tuhan, jujur, fisik saya agak meningkat dibandingkan dari tim. Soalnya setiap hari latihan dua kali dan saya merasakan sendiri fisik saya mulai terbentuk. Semoga ini bertahan sampai Piala AFF dimulai," ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (17/12/2022).

3. Indonesia akan menjamu Kamboja di Jakarta, Jumat pekan depan

AFF Cup: Yakob Sayuri Bertekad Bawa Timnas ke Podium JuaraPara pemain Timnas Indonesia dalam sesi latihan di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. (Dok. PSSI.org)

AFF Cup edisi 2022 berlangsung mulai Selasa pekan depan (20/12/2022) hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand sang juara bertahan, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Anak asuh Shin Tae-yong mengawali perjalanan mereka dengan menjamu Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat mendatang (23/12/2022).

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya