9 Pemain PSM dengan Waktu Bermain Minim Sepanjang Musim 2023/24

Mulai dari Rasyid Bakri hingga Amir Hamzah Nazalima

Intinya Sih...

  • Rasyid Bakri hanya bermain 60 menit dalam 11 pertandingan, mencetak satu gol pada laga kontra Barito Putera.
  • Adil Nur Bangsawan hanya bermain 34 menit dalam 4 pertandingan setelah promosi ke tim senior PSM Makassar.
  • Edgard Amping hanya bermain 4 menit dalam penampilan keduanya bersama PSM, sedangkan Sulthan Zaky hanya bermain selama 4 menit saat debutnya melawan RANS Nusantara FC.

Makassar, IDN Times - Regular Series BRI Liga 1 2023/24 sudah rampung, dan PSM Makassar diperkirakan akan jalani libur selama dua bulan. Bagi suporter Juku Eja, ini adalah waktu yang tepat untuk melihat lagi rapor para pemain sepanjang musim.

Dari lebih 30 nama dalam skuat, terdapat 9 pemain dengan waktu bermain di bawah 60 menit. Sebagian bahkan merumput tidak sampai lima menit. Siapa saja mereka? Berikut ini IDN Times menyajikan daftar pendeknya untuk Anda.

1. Antara 30 hingga 60 menit : pemain junior dan senior

9 Pemain PSM dengan Waktu Bermain Minim Sepanjang Musim 2023/24Dua pemain PSM Makassar, Rasyid Bakri (kiri) dan Adil Nur Bangsawan (kanan). (Instagram.com/psm_makassar)

Rasyid Bakri : 60 menit

Membuka daftar pendek ini adalah gelandang senior Rasyid Bakri yang hanya bermain di 11 pertandingan, 2 di antaranya adalah ajang AFC Cup. Meski begitu, pemain berusia 33 tahun tersebut turut menyumbang satu gol. Ini terjadi pada laga pekan 12 Liga 1 2023/24 kontra Barito Putera, di mana PSM menang dengan skor 2-0.

Adil Nur Bangsawan : 34 menit

Selanjutnya ada gelandang bertahan Adil Nur Bangsawan, pemain lulusan Akademi PSM yang baru promosi ke tim senior pada Januari 2023. Adil Nur hanya catatkan total waktu bermain 34 menit di 4 pertandingan. Anak muda yang masih berusia 19 tahun tersebut memang hanya lebih banyak jadi penghangat bangku cadangan.

2. Di bawah lima menit : pemain-pemain muda masih menunggu momen unjuk gigi

9 Pemain PSM dengan Waktu Bermain Minim Sepanjang Musim 2023/24Para pemain PSM Makassar dari kiri ke kanan : Edgard Amping, Sulthan Zaky, Ifan Nanda Pratama dan Sandy Ferizal. (Instagram.com/psm_makassar)

Edgard Amping : 4 menit

Pemain kelahiran Mamuju ini akhirnya catatkan penampilan kedua bersama PSM sejak promosi ke tim senior pada musim 2022/24. Ini terjadi pada laga pekan ke-13 kontra Borneo FC. Saat itu, Edgard turun sebagai pemain pengganti di masa injury time. Setelah duel tersebut, ia tidak pernah lagi masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP).

Sulthan Zaky : 4 menit

Salah satu bek potensial yang dimiliki PSM ini akhirnya lakoni debut di ajang resmi dalam laga pekan ke-34 melawan RANS Nusantara FC, Selasa (30/4/2024) lalu. Masuk mengganti Daffa Salman, Sulthan Zaky berhasil catatkan satu tekel bersih dan satu sapuan. Bek 18 tahun tersebut setidaknya bisa memanaskan mesin jelang pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

Ifan Nanda Pratama : 3 menit

Bek pinjaman PSS Sleman tersebut juga hanya catatkan dua penampilan, dengan total waktu merumput tiga menit. Masing-masing yakni di duel pekan ke-19 versus Dewa United, dan pekan ke-23 kontra Persik Kediri. Seluruh pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.

Sandy Ferizal : 1 menit

Bek 23 tahun ini hanya mencatatkan sekali penampilan sepanjang musim 2023/24. Ini terjadi dalam duel pekan ke-16 Liga 1 versus Arema FC. Sayang sekali, Sandy tidak sekalipun masuk dalam DSP sejak November 2023 hingga Regular Series rampung.

Baca Juga: Dapat Sanksi FIFA, Manajemen PSM Makassar Angkat Bicara

3. Ada tiga pemain yang pernah merumput hingga Regular Series selesai

9 Pemain PSM dengan Waktu Bermain Minim Sepanjang Musim 2023/24Para pemain PSM Makassar yakni Raka Octa Bernanda (kiri), Syamil Bahij Irawan (tengah) dan Amir Hamzah Nazalima (kanan). (Instagram.com/psm_makassar)

Sebanyak tiga pemain tidak mendapat menit bermain sama sekali sepanjang musim 2023/24. Mereka yakni duo kiper Raka Octa Bernanda dan Syamil Bahij Irawan, plus Amir Hamzah yang berposisi sebagai striker.

Sepanjang musim, Tavares memang lebih memercayakan pos penjaga gawang pada Reza Arya Pratama dan Muhammad Ardiansyah. Kendati demikian, catatan Raka Octa masih cukup baik sebab lima kali masuk dalam DSP meski tidak dimainkan.

Direkrut pada bursa transfer tengah musim, Amir Hamzah ternyata tidak mendapat waktu unjuk gigi. Ia masih kalah bersaing dengan pemain muda seperti Andy Harjito, Ricky Pratama hingga Mufli Hidayat. Sosok 23 tahun tersebut bahkan hanya sekali duduk di bangku cadangan.

Baca Juga: Tavares Jaring Pemain Seleksi U-20 ke Skuat Pramusim PSM 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya