5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24

Kans Juku Eja merangsek ke papan atas Liga 1 masih terbuka

Makassar, IDN Times - Ajang BRI Liga 1 2023-24 saat ini memasuki masa jeda lantaran Piala Asia. Para pemain dan staf pelatih PSM Makassar pun diliburkan hingga pertengahan Januari ini. Meski harus menjadi tim musafir, Pasukan Ramang tetap menatap sisa musim dengan kepala tegak.

Meski masih menghuni papan tengah klasemen sementara, Muhammad Arfan dan kawan-kawan sejatinya masih memiliki kans untuk menembus papan atas. Berikut ini IDN Times menjabarkan lima alasan mengapa PSM menjadi salah satu tim yang harus diwaspadai saat kompetisi dilanjutkan.

1. Awali tahun 2024 dengan sponsor baru

5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24PT Vale menjadi sponsor PSM Makassar untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024/Istimewa

PSM Makassar mengawali tahun 2024 dengan mendapat suntikan dana segar. Perusahaan pengolahan nikel PT Vale Indonesia resmi menjadi sponsor Pasukan Ramang hingga musim 2023-24 rampung. Kontrak kerja sama pun sudah diteken pada hari Jumat kemarin (5/1/2024).

Tidak diketahui tentang rincian nilai sponsorship yang disepakati kedua pihak. Tapi, Direktur Utama PT PSM yakni Sadikin Aksa menyebut kerja sama ini akan memperkuat roda bisnis klub.

Sementara itu, PT Vale juga sudah menyiapkan banyak program. Selain kolaborasi dengan UKMM binaan, mereka juga siap menjadi mitra PSM dalam menjaring bakat-bakat sepak bola lokal.

"Kami juga punya keinginan dalam pengembangan talenta-talenta pesepakbola lokal, sekitar wilayah kami beroperasi. Tujuannya agar talent ini bisa menjadi bagian dari pembinaan sepakbola PSM Makassar," jelas Vice President Director PT Vale Indonesia yakni Adriansyah Chaniago.

2. Fokus kini hanya tertuju ke ajang Liga 1

5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24Pesepak bola Persik Kediri Moch. Supriadi (tengah) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Arfan (kiri) pada kompetisi Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (18/12/2023). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/YU

Setelah dipastikan gugur dari persaingan AFC Cup, kini PSM Makassar bisa mengalihkan fokus sepenuhnya pada ajang BRI Liga 1 2023-24. Saat ini mereka sedang duduk di peringkat 11 klasemen sementara dengan koleksi 29 poin. Sepanjang putaran pertama, performa Juku Eja memang inkonsisten karena dipengaruhi banyak faktor.

Namun, jika bisa tancap gas setelah masa libur kompetisi, PSM bisa langsung merangsek ke empat besar atau Championship Series. Ini karena mereka hanya berjarak 8 poin saja dari PSIS Semarang yang berada di posisi empat.

Ajang Liga 1 sendiri masih menyisakan 11 pertandingan. Kans untuk melesat dari papan tengah juga masih terbuka lebar, dengan catatan mereka bisa memaksimalkan 7 laga kandang di Stadion Batakan Balikpapan. Meski untuk sementara menjadi tim musafir, PSM tetap mendapat dukungan dari suporter di Kalimantan Timur.

3. Pemain-pemain anyar semakin nyetel

5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24Pesepak bola PSM Makassar Victor Mansaray (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Rizky Ridho (tengah) pada laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (3/11/2023). PSM Makassar kalah dari tim tamu Persija Jakarta dengan skor 2-3. ANTARA FOTO/Zul Kifli/ap/nym.

Para rekrutan baru di bursa transfer tengah musim makin nyetel dengan skema permainan racikan Bernardo Tavares. Yang paling menyita perhatian tentu saja Victor Mansaray. Striker berpaspor Amerika Serikat tersebut sudah mencetak 3 gol dari 6 pertandingan yang ia mainkan.

Mansaray sendiri punya segudang kemampuan untuk menjelma sebagai mesin gol di sisa musim. Positioning yang tepat, kemampuan olah bola, kecepatan serta menciptakan ruang untuk rekan-rekan setimnya.

Selain Mansaray, Joao Pedro juga mulai mendapat menit bermain di ajang Liga 1. Berbekal kecepatan, winger asal Timor Leste tersebut sangat berbahaya dalam situasi serangan balik. Sedangkan gelandang serang Ze Paulo masih meraba peran sebagai playmaker meski performanya mulai meningkat.

Sementara itu, masih ada dua rekrutan lain yang menunggu untuk unjuk gigi. Seperti bek muda Ifan Nanda Pratama serta penyerang Amir Hamzah Nazalima.

4. Berkah bernama masa libur kompetisi

5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memberikan instruksi dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Palangga pada Sabtu 14 September 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Piala Asia 2023 di Qatar membuat roda kompetisi Liga 1 diliburkan, dan baru kembali diputar pada awal Februari 2024. Masa jeda menjadi berkah tersendiri lantaran pemain-pemain akhirnya bisa mendapat waktu utnuk memulihkan tenaga dan mental selepas jalani jadwal super padat.

Pelatih kepala Bernardo Tavares sendiri memang selalu mengeluhkan masa pertandingan yang mepet sangat menguras tenaga anak asuhnya. Ini pula yang memengaruhi performa PSM Makassar di ajang domestik dan internasional.

Selain itu, masa libur selama empat pekan digunakan para pemain yang cedera seperti Yance Sayuri untuk jalani pemulihan. Diharapkan skuat PSM Makassar bisa menjalani sisa musim 2023-24 dalam kondisi lengkap.

Baca Juga: Jadi Sponsor PSM Makassar, PT Vale Siapkan Program untuk Pemain Lokal

5. Para pemain muda yang menjadi pilar utama

5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24Striker PSM Makassar, Ricky Pratama (tengah), merayakan gol yang ia cetak ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Terpilihnya Daffa Salman sebagai Best Young Player BRI Liga 1 2023-24 untuk November 2023 memberi gambaran bahwa PSM belum berhenti mengorbitkan talenta muda. Daffa yang berposisi sebagai bek tengah menjadi tandem sepadan untuk para seniornya yakni Yuran Fernandes serta Safrudin Tahar.

Di sisi lain, beberapa pemain muda yang juga kerap mendapat menit bermain. Sebut saja Ananda Raehan Alief, Dzaky Asraf, Victor Dethan serta Rizky Eka Pratama. Turut pula Ricky Pratama, Andi Harjito, Adil Nur Bangsawan dan Mufli Hidayat.

Namun, ada satu nama yang sangat ditunggu oleh suporter untuk debut. Ia adalah Sulthan Zaky, bek tengah jebolan Akademi PSM dan baru saja memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17. Dengan postur 1,87 meter, sepupu Asnawi Mangkualam tersebut selalu unggul dalam duel bola udara.

Seperti apa grafik penampilan anak asuh Bernardo Tavares itu saat Liga 1 dilanjutkan? Patut ditunggu.

Baca Juga: Daftar Para Mantan dan Pemain Pinjaman PSM di Babak 12 Besar Liga 2

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya