Piala Indonesia: PSM Menang Tipis di Kandang Kalteng Putra

Juku Eja optimistis menatap leg kedua

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berhasil memenangkan pertandingan leg pertama Babak 32 Besar Piala Indonesia melawan Kalteng Putra, Sabtu (26/1). Bermain di Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya, tim Juku Eja menang 1-2.

Hasil ini jadi modal positif bagi PSM Makassar, yang akan menjadi tuan rumah pada leg kedua, pekan depan. PSM setidaknya hanya butuh hasil imbang agar lolos ke Babak 16 Besar.

1. PSM sempat tertinggal di babak pertama

Piala Indonesia: PSM Menang Tipis di Kandang Kalteng PutraDok. PSM Makassar

Kemenangan tidak diraih PSM dengan mudah. Mereka bahkan harus tertinggal lebih dulu, melalui eksekusi penalti I Gede Sukadana di menit ke-32 babak pertama.

PSM baru menyamakan kedudukan lewat Zulham Zamrun di menit ke-57, sebelum balik unggul berkat gol Wiljan Pluim di menit ke-82.

Asisten pelatih PSM Makassar Imran Amirullah mengatakan pihaknya tidak punya gambaran soal Kalteng Putra sebelum pertandingan hari ini. Sebagai tim promosi di Liga 1, Kalteng Putra belum pernah berhadapan dengan PSM sebelumnya.

Setelah pertandingan berjalan, Imran menyadari tim tuan rumah bermain agresif. PSM kemudian mengantisipasi dengan strategi bertahan, sambil mencari celah di sektor pertahanan lawan.

“Setelah sepuluh menit pertama, kami tahu mereka bermain cukup menyerang. Karena itu kita lebih memilih main aman. Setelah kita tahu ada momen, baru kita keluar menyerang,” kata Imran.

2. PSM targetkan menang di leg kedua

Piala Indonesia: PSM Menang Tipis di Kandang Kalteng PutraIDN Times / Aan Pranata

Imran menyatakan persiapan PSM cukup mepet jelang pertandingan melawan Kalteng Putra. Sebelum ini, praktis hanya satu minggu tim berkumpul dan berlatih bersama. Berikutnya, tim kembali hanya punya waktu satu minggu untuk mempersiapkan diri menuju leg kedua.

Imran optimistis PSM bisa lolos ke babak berikutnya. Saat bertindak tuan rumah nanti, dia yakin timnya menang.

“Sekarang kita lihat, recovery dulu baru persiapan. Di kandang, tentu kita berharap hasil maksimal,” ujarnya.

3. Zulham cs belum puas dengan performa tim

Piala Indonesia: PSM Menang Tipis di Kandang Kalteng PutraLiga-Indonesia.id

Winger PSM Makassar Zulham Zamrun menyatakan puas dengan kemenangan 1-2 atas Kalteng Putra. Hasil ini dianggap sebagai modal besar untuk menghadapi pertandingan berikutnya di Makassar.

Meski begitu, secara keseluruhan, Zulham menyatakan timnya belum cukup baik. Sebab masih ada sejumlah kekurangan dalam organisasi pemain di lapangan.

“Kami masih harus belajar. Ada beberapa hari waktu bagi kami untuk bisa menutupi kekurangan yang kami punya,” Zulham mengatakan. 

Daftar susunan pemain: 

Kalteng Putra:

Riki Pambudi; Indra Permana, Onorionde Kughegbe, Wasyiat Hasbullah, Fajar Handika, I Gede Sukadana, Maldini Pali, Michael Bonjozi, Pandi Ahmad Lestaluhu, Rizky Dwi Febrianto, Antoni Putro Nugroho

PSM Makassar:

Rivky Mokodompit; Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi, Taufik Hidayat, Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun, Eero Markkanen

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya