Piala AFC, PSM Jamu Lao Toyota FC Tanpa M Rahmat dan Rizky Pellu

Keduanya telah bergabung dengan pemusatan latihan Timnas

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menyiapkan 20 pemain untuk bermain pada pertandingan kedua kualifikasi Grup H Piala AFC 2019. Juku Eja dijadwalkan menjamu Lao Toyota FC di Stadion Pakansari Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/3).

Skuat PSM kali ini dipastikan tanpa gelandang Rizky Pellu dan penyerang sayap M Rahmat. Keduanya telah bergabung dengan pemusatan latihan Tim Nasional di bawah asuhan pelatih Simon McMenemy.

“Mereka sudah bergabung dengan TC sejak pekan lalu. Pelatih sudah siapkan pelatihnya untuk di AFC Cup,” kata Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim, dihubungi Senin (11/3).

1. Arfan dan Bayu Gatra disiapkan jadi pengganti

Piala AFC, PSM Jamu Lao Toyota FC Tanpa M Rahmat dan Rizky PelluIDN Times / Aan Pranata

Pelatih PSM Darije Kalezic tidak khawatir meski ditinggal oleh dua pemainnya. Sebab dalam daftar skuat, terdapat sejumlah alternatif sebagai pengganti.

Kalezic mengungkapkan bahwa skema pengganti Rahmat dan Pellu sudah diuji coba kala PSM bertanding melawan Persipura di Piala Presiden. Saat itu M Arfan mengisi posisi gelandang, sedangkan Bayu Gatra dan Saldi berperan di penyerang sayap.

Soal pengganti juga telah diungkapkan sebelumnya oleh Kalezic. “Arfan akan menggantikan Pellu. Sedangkan pegganti Rahmat akan ditentukan setelah melawan Persipura,” ucapnya beberapa hari lalu.

2. Kalezic keluhkan jadwal padat

Piala AFC, PSM Jamu Lao Toyota FC Tanpa M Rahmat dan Rizky PelluIDN Times / Istimewa

PSM menghadapi Lao Toyota FC di tengah jadwal padat. Sebelumnya, mereka telah bermain di Piala Presiden melawan Kalteng Putra dan Persipura pada 6 dan 10 Maret. Tim kembali akan bermain di ajang yang sama pada 16 Maret, melawan PSIS Semarang.

Kalezic menilai padatnya jadwal PSM hal yang amat jarang terjadi di sepak bola. Dia pun membutuhkan kiat khusus agar pemain bisa tetap bugar di setiap laga.

“Kita menjalani empat pertandingan dalam sepuluh hari. Mungkin saja kita yang pertama di dunia melakukan ini,” katanya.

3. Pemain lain PSM berlatih di Yogyakarta

Piala AFC, PSM Jamu Lao Toyota FC Tanpa M Rahmat dan Rizky PelluPSM Makassar

Dua puluh pemain PSM meninggalkan lokasi pemusatan latihan di Yogyakarta menuju Bogor, Senin (11/3) pagi. Dalam daftar tersebut, terdapat nama-nama langganan starting line up. Sebut saja duo gelandang asal Belanda, yakni Marc Klok dan Wiljan Pluim, serta striker Tim Nasional Finlandia Eero Markkanen.

MO PSM Sulaiman mengungkapkan, pemain yang tidak masuk daftar, akan tetap berlatih di Yogyakarta. Mereka menunggu di sana, karena pemusatan latihan akan tetap berlanjut hingga beberapa waktu ke depan.

Berikut daftar skuat PSM melawan Lao Toyota:

  1. Rivky Mokodompit
  2. Reza A Pratama
  3. Abdul Rahman
  4. Aaron Evans
  5. Benny Wahyudi
  6. Taufik Hidayat
  7. Hendra Wijaya
  8. Hasim Kipuw
  9. Marc Klok
  10. Rasyid Bakri
  11. M Arfan
  12. Wiljan Pluim
  13. Eero Markkanen
  14. Saldy
  15. Zulham Zamrun
  16. Bayu Gatra
  17. Guy Junior
  18. Munhar
  19. Ferdinand Sinaga
  20. Reva Adi Utama

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You