Jacksen Tiago Berbagi Wawasan kepada Pelatih SSB di Makassar

"Sekarang masa kontribusi saya untuk sepak bola di sini"

Makassar, IDN Times – Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago berada di Kota Makassar, Minggu pagi (28/3/2021). Jacksen mengisi agenda Coaching Clinic Mizone di Lapangan Emmy Saelan, Kecamatan Rappocini.

Jacksen diundang untuk memberikan program latihan kepada 40 pelatih lokal di Sulawesi Selatan.

"Kami mau berkontribusi kepada masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini. Pada kesempatan ini pula, kami mau menjelaskan begitu penting menjaga kesehatan tubuh lewat olahraga," kata Jacksen, Minggu.

Baca Juga: Tak Ikut Piala Menpora 2021, Persipura Jelaskan Alasannya 

1. Jacksen berbagi wawasan kepada pelatih muda

Jacksen Tiago Berbagi Wawasan kepada Pelatih SSB di MakassarDok. IDN Times/Istimewa

Jacksen F Tiago berada di Makassar di sela aktivitasnya sebagai pelatih Persipura. Dia mengatakan, lewat program latihan, dia ingin ikut berkontribusi bagi persepakbolaan Indonesia. Dalam hal ini dia ikut membantu peningkatan wawasan pelatih lokal.

Coaching clinic digelar dengan peserta pelatih sekolah sepak bola di Sulsel. Acara berlangsung dalam dua sesi, yakni dalam ruangan dan di lapangan sepak bola.

“Saya sudah cukup lama berkecimpung di Indonesia, dan sekarang masuk masa kontribusi saya untuk sepak bola di sini, terutama untuk perkembangan pemain usia dini,” ucapnya.

2. Pelatihan menekankan pentingnya water break

Jacksen Tiago Berbagi Wawasan kepada Pelatih SSB di MakassarIlustrasi latihan sepak bola. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jacksen mengatakan, pada coaching clinic di Makassar, dia menekankan soal pentingnya water break alias istirahat sejenak di sela latihan sepak bola. Momen itu jadi kesempatan untuk memulihkan energi yang terkuras habis. Banyak kejadian pemain bola tumbang karena terlalu memforsir latihan.

“Pentingnya water break supaya saat kembali latihan, energi penuh lagi. Di sini saya beri edukasi mereka, bagaimana pada momen tertentu kita harus hentikan latihan untuk beri kesempatan pemain istirahat dan minum agar kembalikan kondisi mereka lagi, “ katanya.

3. Jacksen senang datang bukan sebagai lawan

Jacksen Tiago Berbagi Wawasan kepada Pelatih SSB di Makassarliga-indonesia.id

Jacksen F Tiago merupakan legenda hidup sepak bola Indonesia. Pria asal Brasi itu populer sebagai di tahun 90an. Dia antara lain pernah bermain untuk Persebaya Surabaya. Termasuk saat melatih Persipura, Jacksen selalu jadi rival bagi klub kebanggaan masyarakat Makassar, PSM.

Jacksen senang karena bisa datang untuk berbagi di Makassar. Dia berharap wawasannya bisa jadi tambahan motivasi bagi para pelatih pemain usia dini, untuk mengembangkan kemampuan anak didiknya. “Karena selama ini kita cuma datang ke sini sebagai lawan, kesempatan ini bisa menjadi tempat untuk bertatap muka sehingga saya berharap event seperti ini bisa dilanjutkan di daerah lain juga," katanya.

Baca Juga: Jadi Penyelamat, Pelatih PSM Makassar Puji Penampilan Yakob Sayuri

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya