Comscore Tracker

Asnawi Perpanjang Kontrak di Ansan Greeners, Ewako!

Asnawi kembali berlaga di K League 2 musim 2022

Makassar, IDN Times - Kapten tim nasional Indonesia Asnawi Mangkualam kembali melanjutkan petualangannya di K League 2 Korea Selatan di musim 2022. Bek sayap berusia 22 tahun itu memperpanjang kontrak bersama timnya, Ansan Greeners FC.

Asnawi, pemain asal Makassar yang bergabung dengan Greeners sejak Februari 2021, setidaknya akan bertahan di klub liga kasta kedua Korea itu hingga akhir musim. Kabar itu disampaikan klub lewat laman resminya, Kamis (6/1/2022) Wita.

"Sekarang dia (Asnawi) baru berusia 22 tahun, pemain muda. Dia adalah pemain dengan banyak potensi untuk berkembang di masa depan, jadi saya akan mempersiapkan diri dengan baik selama musim dingin sehingga Asnawi dapat menunjukkan semua kekuatannya di lapangan pada musim 2022,” kata pelatih Greeners Jo Min-guk di laman resmi klub.

Baca Juga: Profil Asnawi, Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

1. Klub singgung pengaruh kedatangan Asnawi

Asnawi Perpanjang Kontrak di Ansan Greeners, Ewako!Asnawi Mangkualam dalam laga pekan ke-8 K League 2 antara Ansan Greeners FC kontra Daejeon Hana Citizen di Ansan Wa~ Stadium, Sabtu 24 April 2021. (Facebook.com/안산 그리너스 FC - Ansan Greeners FC)

Di musim 2021, Ansan Greeners menempati peringkat tujuh K League 2. Asnawi bermain 14 kali dan mencatatkan satu asis. Di pertengahan musim dia sempat didera cedera serta COVID-19.

Sebagai pemain pertama Indonesia yang bertanding di K League, Ansan Greeners memuji penampilan Asnawi dan menyatakan mereka tidak salah mendatangkan pemain tersebut.

"Asunawi menunjukkan performa yang lebih dari yang diharapkan," tulis laman klub.

Tak hanya di atas lapangan, kedatangan Asnawi juga turut mendongkrak popularitas klub. Di media sosial, Ansan yang awalnya punya lima ribu pengikut kini jumlahnya berlipat menjadi 77 ribu lebih. Ekspor hak siar juga meningkat signifikan, dan berhasil membuktikan efek pemasaran di kawasan Asia Tenggara.

Sedangkan Asnawi, yang awalnya punya 160 ribu pengikut di Instagram, kini meningkat tajam menjadi 1,55 juta.

2. Posisinya tak tergantikan di Timnas

Asnawi Perpanjang Kontrak di Ansan Greeners, Ewako!Asnawi Mangkualam (Instagram/asnawi_bhr)

Ansan Greeners turut menyoroti kepemimpinan Asnawi di Timnas Indonesia pada Piala AFF Suzuki Cup 2020. Di turnamen itu dia nyaris tak tergantikan dan mengambil alih peran Evan Dimas sebagai kapten.

Asnawi dipuji karena tekad dan semangatnya membawa Indonesia ke final, yang tidak disangka-sangka oleh siapa pun. Di kompetisi itu dia bermain penuh hampir di semua pertandingan, dan cuma sekali diganti pada babak kualifikasi. Selain piawai menjaga lini belakang, Asnawi turut berkontribusi pada produktivitas tim, yakni lewat satu gol dan dua asis.

Baca Juga: 9 Perjalanan Karier Asnawi sebagai Pesepak Bola

3. Berapa nilai kontrak Asnawi?

Asnawi turut mengunggah fotonya memegang kontrak kerja dengan Ansan Greeners pada Kamis. Di keterangan foto dia mengutip falsafah hidup masyarakat Bugis-Makassar yang pantang menyerah. Dia menulis, "kualleangi tallanga toalia," yang berarti lebih kupilih tenggela di lautan daripada harus kembali ke pantai."

Tidak disebutkan berapa nilai kontrak Asnawi di Ansan Greeners. Namun menurut situs Transfermarkt, nilai pasaran Asnawi kini berkisar Rp6,52 miliar, atau yang tertinggi dibandingkan anggota skuad Timnas Indonesia di Piala AFF.

Di laman klub, Asnawi menyampaikan berterima kasih atas kepercayaan Greeners memperpanjang kontraknya. Dia menyebut klub akan melakukan yang terbaik untuk bersaing mendapatkan promosi ke K-League.

"Karena saya adalah pemain Indonesia yang pertama kali masuk K-League, saya ingin memberikan preseden yang baik bagi pemain Indonesia untuk maju ke K-League. Untuk melakukan itu, saya akan membantu tim untuk promosi dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022.”

Baca Juga: 10 Pesona Asnawi Pemain Timnas di Piala AFF 2020, Bikin Jatuh Hati!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya