5 Olahraga dengan Penggemar Terbanyak di Dunia

Olahraga ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar

Intinya Sih...

  • Sepak bola memiliki lebih dari 4 miliar penggemar di seluruh dunia, dengan daya tarik universal yang memikat hati masyarakat dari berbagai latar belakang dan usia.
  • Kriket menarik perhatian lebih dari 1 miliar penonton di final Piala Dunia Kriket 2019, populer di beberapa negara seperti Inggris, India, dan Australia.
  • Hoki memiliki sekitar 2 miliar penggemar di seluruh dunia, dengan variasi hoki lapangan populer di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia serta hoki es populer di Kanada dan Amerika Serikat.

Apakah kamu penggemar salah satu jenis olahraga? Olahraga sudah berkembang dari sebuah aktivitas fisik menjadi sebuah panggung global yang mempertemukan antara kompetisi, hiburan, dan solidaritas. Suatu olahraga akan semakin berkembang ketika memiliki banyak penggemar yang meramaikan dan mendukung.

Tidak lengkap rasanya jika suatu pertandingan tidak diiringi dengan antusiasme dan sorakan penonton. Penggemar tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga ikut serta dalam perkembangan olahraga itu sendiri. Berikut beberapa olahraga yang memiliki penggemar terbanyak di dunia.

1. Sepak bola

5 Olahraga dengan Penggemar Terbanyak di Duniailustrasi penonton sepak bola (pexels.com/Pixabay)

Sepak bola telah menjadi olahraga paling populer di dunia, dengan penggemar yang hampir disetiap negara. Menurut laporan FIFA dari tahun 2022, terdapat lebih dari 4 miliar penggemar sepak bola di seluruh dunia, menjadikannya olahraga dengan pengikut terbanyak secara global. Angka ini mencerminkan daya tarik universal dari permainan ini, yang mampu memikat hati dan jiwa masyarakat dari berbagai latar belakang dan usia.

Statistik dari situs resmi FIFA menunjukkan bahwa final Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia disaksikan oleh lebih dari 3,5 miliar orang, menjadikannya salah satu acara olahraga paling banyak ditonton dalam sejarah. Dengan pertandingan liga top seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, dan Liga Champions UEFA yang menarik perhatian global, penggemar sepak bola tidak hanya terbatas pada tontonan langsung, tetapi juga aktif di media sosial, forum online, dan komunitas penggemar yang berkembang pesat di seluruh dunia. Popularitas sepak bola juga dapat terlihat dari banyaknya penggemar atlet sepak bola seperti Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo.

2. Kriket

5 Olahraga dengan Penggemar Terbanyak di Duniapotret penonton kriket (unsplash.com/Ajay Parthasarathy)

Kriket adalah olahraga yang memiliki sekitar 2,5 miliar penggemar di seluruh dunia. Ini adalah permainan yang dimainkan dengan bat dan bola di lapangan yang berbentuk oval, di mana dua tim, masing-masing terdiri dari sebelas pemain, bersaing untuk mencetak skor tertinggi. Statistik yang dihimpun oleh International Cricket Council (ICC) menunjukkan bahwa final Piala Dunia Kriket 2019 menarik perhatian lebih dari 1 miliar penonton.

Olahraga ini sangat populer di negara-negara seperti Inggris, India, Pakistan, Sri Lanka, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Zimbabwe. Di Australia dan Inggris, pertandingan Ashes antara kedua negara merupakan salah satu rivalitas olahraga yang paling ikonik. Dengan International Cricket Council (ICC) sebagai badan pengatur, kriket terus berkembang dan menarik generasi baru penggemar di seluruh dunia.

3. Hoki

5 Olahraga dengan Penggemar Terbanyak di Duniapotret pertandingan hoki es (unsplash.com/Seth Hoffman)

Hoki adalah olahraga yang memiliki dua variasi yaitu hoki lapangan dan hoki es. Olahraga ini memiliki sekitar 2 miliar penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Hoki lapangan, yang dimainkan di lebih dari 100 negara, populer di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia. Sementara itu hoki es dimainkan diatas es dengan sepatu luncur, sangat populer di Kanada, Amerika Serikat, dan Eropa Utara.

Menurut International Ice Hockey Federation (IIHF), pada tahun 2020, Piala Dunia IIHF menarik lebih dari 600 juta penonton di seluruh dunia. Negara seperti Kanada memandang hoki sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas nasional mereka, dengan Liga Hoki Nasional (NHL) yang menjadi liga paling elit dan paling diidolakan di dunia. Dengan antusiasme dari penggemar terutama benua Eropa, olahraga hoki menjadi berkembang dan sangat populer.

4. Tenis

5 Olahraga dengan Penggemar Terbanyak di Duniapotret pertandingan tenis (unsplash.com/Shep McAllister)

Tenis adalah olahraga terpopuler keempat di dunia dengan sekitar 1 miliar penggemar. Dengan 46% penggemar wanita, tenis menjadi olahraga paling populer kesepuluh di kalangan penonton wanita. Tenis memiliki sekitar 87 juta pemain di seluruh dunia, atau sekitar 1,7% dari total populasi.

Menurut data terbaru dari Federasi Tenis Internasional (ITF), terjadi peningkatan 4,5% dalam jumlah pemain dibandingkan dengan laporan tahun 2019. Di Spanyol, hampir sepertiga dari populasi mengikuti tenis secara teratur, menjadikannya negara dengan proporsi penggemar tenis tertinggi. Beberapa atlet tenis yang terkenal di dunia antara lain Roger Federer, Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan masih banyak pemain hebat lainnya.

Baca Juga: Ungkap Pesan Haru, Pemain Sayap ini Resmi Hengkang dari PSM Makassar

5. Voli

5 Olahraga dengan Penggemar Terbanyak di Duniapotret pertandingan voli (pixabay/Marcello Migliosi)

Voli adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, dengan lebih dari 900 juta penggemar. Olahraga ini dikenal karena sifatnya yang inklusif terhadap gender, kekompakan tim, fleksibilitas dalam lingkungan bermain, dan dampak dari liga profesional serta kompetisi internasional. Voli dimainkan di lebih dari 200 negara, dengan basis penggemar yang besar di negara-negara seperti Brasil, Amerika Serikat, dan Italia.

Menurut Fédération Internationale de Volleyball (FIVB), Piala Dunia Voli 2019 di Jepang menarik perhatian lebih dari 1 miliar pemirsa global. Brasil, Italia, Rusia, Amerika Serikat, Cina, dan Jepang merupakan beberapa negara dengan tradisi voli yang kuat dan tim nasional yang berprestasi. Tim voli putra Brasil telah memenangkan tiga medali emas Olimpiade dan sembilan gelar Kejuaraan Dunia, menjadikannya salah satu tim voli paling sukses sepanjang masa.

Terlepas dari perbedaan negara, budaya, atau bahkan bahasa, semangat kompetisi dan kebersamaan tercipta melalui kelima olahraga tersebut. Dengan penggemar yang banyak, olahraga dapat lebih berkembang melalui pertandingan internasional hingga organisasi internasional yang mengaturnya. Jadi, apakah kamu salah satu penggemar olahraga di atas?

Baca Juga: 9 Pemain PSM dengan Waktu Bermain Minim Sepanjang Musim 2023/24

Theodore Siagian Photo Community Writer Theodore Siagian

ig : tmarvell_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya