Sulsel Raih Emas Ketiga di PON Papua lewat Renang Artistik

Kontingen Sulsel baru meraih tiga medali emas sejauh ini

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan yang sempat "puasa" selama dua hari, akhirnya mendapatkan tambahan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Emas ketiga untuk Sulsel datang dari akuatik. Medali itu disumbangkan Mutiara Nur Azisah-Nabila Putri Giswatama di cabang olahraga renang artistik nomor duet putri, pada babak final yang berlangsung di di Kolam Renang Kampung Harapan Kompleks Stadion Lukas Enembe Jayapura, Rabu, (06/10/2021).

Baca Juga: Sulsel Akan Ajukan Jadi Tuan Rumah PON 2028

1. Medali emas dengan gerakan bertema Ninja

Sulsel Raih Emas Ketiga di PON Papua lewat Renang ArtistikAtlet renang artistik Sulawesi Selatan, Nurfa Nurul Utami, saat tampil di babak final nomor solo putri di Stadion Aquatik Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 5 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Husni Yamin)

Duet Sulsel mengumpulkan skor tertinggi dengan nilai 71,5172. Mereka unggul atas perenang perenang asal Jawa Timur Lutvia Lukito-Shabirina serta wakil DKI Jakarta Hilda Tri-Gabrielle Permata Sari, yang masing-masing meraih medali perak dan emas.

Pelatih Renang Sulsel Selvi Melowa mengatakan pasangan Mutiara-Nabila memang sudah dipersiapkan untuk meraih medali di PON Papua. Mereka sudah melatih gerakannya selama beberapa tahun terakhir.

"Yang dapat emas nomor renang artistik duet tadi itu kami angkat tema Ninja, karena terinspirasi dari lokasi Olimpiade yakni Jepang," kata Selvi.

2. Sulsel tambah medali perak dan perunggu

Sulsel Raih Emas Ketiga di PON Papua lewat Renang ArtistikAtlet anggar Sulawesi Selatan, A. Almaidah Dirhamzah (kanan), saat melawan wakil Papua yakni Tersa Huby di babak 16 besar nomor floret individual di Aula Archelius Sai, Kabupaten Merauke, Selasa 5 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Ali Luthfi)

Sebelumnya pada Selasa kemarin (5/10/2021), medali perak juga datang dari cabor artistik nomor solo putri. Nurfa Nurul Utami harus puas dengan status runner-up setelah bersaing ketat dengan si peraih emas Livia Lukito (Jawa Timur) dan Nabilah Umarella (DI Yogyakarta) yang menyabet perunggu.

Masih di hari yang sama, duo Ismail Kadir dan Ahmad Riswan Adiputra turut menyumbang perak dari cabor biliar. Menantang tim Jawa Tengah dalam partai final nomor "15 ball double" yang berlangsung di GOR Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, mereka ditekuk dengan skor telak 5-0.

Ada juga medali perunggu dari cabor anggar nomor floret individual putri. Medali disumbangkan A. Almaidah Dirhamzah. Kemudian dari cabor atletik, Fitri yang terjun di nomor lari 5.000 meter putri juga berhasil mengantongi perunggu. 

3. Saat ini Sulsel berada di peringkat ke-14 klasemen

Sulsel Raih Emas Ketiga di PON Papua lewat Renang ArtistikTim Sulawesi Selatan yang meraih medali emas dalam seremoni pemberian medali cabor renang artistik nomor duet putri yang berlangsung di Stadion Aquatik Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu 6 Oktober 2021. (PB PON XX Papua / Robertus Pudyanto)

Memasuki hari ke-15 PON XX 2021 Papua, Sulsel menempati peringkat peringkat 14 perolehan medali sementara. Mereka mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, serta tujuh perunggu.

Dengan total koleksi 14 medali, Sulsel naik dua strip setelah sebelumnya berada di posisi 16.

Dengan beberapa wakil yang masih berlaga di sejumlah cabor, peluang Sulsel menambah medali masih terbuka lebar.

Baca Juga: Tim Sepak Bola Sulsel Minta Maaf karena Gagal di PON Papua

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya