Mundur sebagai Atlet Sulsel, Rahmat Erwin Segera Kirim Surat Resmi

Sudah ada beberapa daerah yang membuka pintu

Makassar, IDN Times - Keputusan lifter Rahmat Erwin Abdullah untuk mundur sebagai atlet Sulawesi Selatan sudah bulat. Hal tersebut dikonfirmasi oleh sang ayah sekaligus pelatihnya yakni Erwin Abdullah.

"Iya, memang benar sekali bahwa kami mengundurkan diri dari Makassar, Sulawesi Selatan. Dan surat resmi akan segera kami kirim," ungkap Erwin saat berbicara kepada IDN Times, Jumat malam (9/2/2024).

Baca Juga: Mengejutkan, Lifter Rahmat Erwin akan Mundur sebagai Atlet Sulsel

1. Ibu Rahmat sudah pernah bertemu Kadispora Sulsel

Mundur sebagai Atlet Sulsel, Rahmat Erwin Segera Kirim Surat ResmiLifter Indonesia, Rahmat Erwin (duduk depan), saat berlaga di Asian Games Hangzhou 2023. (Dok. NOC Indonesia)

Keputusan mengejutkan tersebut memang tak serta merta diambil. Erwin bercerita bahwa ibu Rahmat, Ami Asun Budiono, sudah pernah bertemu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel Suherman dan perwakilan KONI Sulsel dua tahun silam. Tapi, hasilnya tak sesuai harapan.

"Banyak hal yang dibicarakan, termasuk sampai dengan saat tersebut pembinaan nol dan lagi banyak prestasi ditorehkan namun tidak diapresiasi," kata Erwin.

2. Beberapa daerah disebut sudah membuka pintu untuk Rahmat Erwin

Mundur sebagai Atlet Sulsel, Rahmat Erwin Segera Kirim Surat ResmiLifter Indonesia, Rahmat Erwin, saat berlaga di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi "IWF World Championships 2023", September 2023. (Dok. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia)

Kini, sudah ada beberapa daerah yang membuka pintu untuk Rahmat. Tapi, coach Erwin masih mempertimbangkan banyak hal krusial untuk membangun karier lifter sang peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya masih melihat mana yang memiliki tempat berlatih dan yang memiliki program pembinaan berkelanjutan," tutup mantan lifter dari dekade 2000-an tersebut.

Kabar mundurnya Rahmat Erwin pertama kali diumumkan Erwin Abdullah melalui akun media sosial Facebook pribadinya, Selasa kemarin (7/2/2024). Minimnya dukungan dalam bentuk fasilitas dan anggaran dari pemerintah daerah jadi alasan utama. Terlebih selama ini, biaya peralatan dan akomodasi ditalangi sendiri oleh Rahmat Erwin dan keluarganya.

3. Saat ini, lifter 23 tahun tersebut sedang membidik tiket berlaga di Olimpiade Paris 2024

Mundur sebagai Atlet Sulsel, Rahmat Erwin Segera Kirim Surat ResmiLifter Indonesia, Rahmat Erwin, saat berlaga di ajang SEA Games Hanoi Vietanam 2021. (Dok. NOC Indonesia)

Rahmat Erwin baru--baru ini tampil moncer dalam Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024 yang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, Selasa kemarin (6/2/2024). Turun di kelas 73 kg, ia mampu memborong tiga emas dan catatkan rekor angkatan.

Sang lifter meraih emas untuk angkatan Snatch yang mencapai 159 kg. Capaian serupa ia catatkan pada angkatan Clean and Jerk seberat 204 kg. Totalnya sendiri mencapai 363 kg, atau hanya satu kilogram lagi untuk menyamai rekor dunia Shi Zhiyong (China). Berkat capaian ini, peluang Rahmat Erwin tampil di Olimpiade Paris 2024 masih terbuka lebar.

Baca Juga: Para Atlet Sulsel Peraih Emas Asian Games, Terbaru Rahmat Erwin

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya