Jelang Jumpa Madura United, PSM Makassar Tak Banyak Mengasah Strategi

Pemain PSM hanya fokus memulihkan kondisi fisik

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, kembali mengeluhkan minimnya masa recovery. Ia menyebut Wiljan Pluim dkk tak punya banyak waktu untuk mengasah strategi jelang laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2022-23 kontra Madura United.

"Saya pikir terkait persiapan, semua tim saat ini sedang menghadapi masalah yang sama. Yaitu tidak banyaknya waktu yang dimiliki untuk melakukan persiapan," katanya dalam dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu (14/12/2022).

"Kita hanya fokus bertanding, memulihkan diri, dan setelah itu bermain lagi," sambung sosok berpaspor Portugal tersebut.

1. Bernardo Tavares hanya bisa pasrah dengan padatnya jadwal sisa putaran pertama

Jelang Jumpa Madura United, PSM Makassar Tak Banyak Mengasah StrategiPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Palangga pada 2 Desember 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Mepetnya jadwal juga dikeluhkan Tavares selepas ditahan imbang oleh Bhayangkara FC, Senin silam (12/12/2022). Tapi, ia mengaku hanya bisa pasrah sebab ada jadwal yang harus dikejar setelah Liga 1 terhenti selama dua bulan. Alhasil, rotasi pemain jadi satu-satunya cara untuk membuat timnya lebih bugar.

"Mengenai jadwal tim yang sangat padat, kita tidak bisa komplain karena kita semua menjalani jadwal yang sama dan padat," ungkap Tavares selepas laga kontra The Guardian di Stadion Maguwoharjo Sleman.

"Seperti yang kalian lihat, kita memberikan kesempatan kepada pemain pemain muda kita dan harusnya kita senang dengan hasil ini," lanjut eks manajer IFK Helsinki tersebut.

2. Opsi rotasi dan menurunkan pemain muda harus dilakukan oleh PSM

Jelang Jumpa Madura United, PSM Makassar Tak Banyak Mengasah StrategiSalah satu momen pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares kembali mengisyaratkan akan kembali menurunkan para pemain muda di laga ini. Opsi tersebut tak lepas dari mepetnya jadwal sisa putaran pertama, meski banyak yang belum setahun promosi ke tim utama.

"Kalian bisa lihat di skuad kami banyak pemain yang masih muda. Mereka memang belum matang sepenuhnya dan amsih belum punya banyak pengalaman. Tapi inilah materi yang kami miliki, harus memaksimalkan yang ada," tutur Tavares.

Dalam tiga laga terakhir, Pasukan Ramang memang menurunkan sejumlah lulusan akademi. Yakni Victor Dethan, Ricky Pratama, Mufli Hidayat, Edgard Amping serta Ananda Raehan Alif. Mufli dan Edgard bahkan jalani debut di Liga 1.

3. Madura United dibekuk 1-3 oleh Bali United saat berjumpa pekan lalu

Jelang Jumpa Madura United, PSM Makassar Tak Banyak Mengasah StrategiPesepak bola Bali United Ramdani Lestaluhu (dua kanan) mencoba melewati pesepak bola Madura United Luiz Marcelo (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (12/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/hp.

Menyoal Madura United, Tavares menyebut duel tersebut punya potensi berjalan sulit. Kendati grafik permainan mereka masih naik turun, materi tim lawan bisa menyulitkan Juku Eja. Terlebih Laskar Sape Kerrab masih bergeming di papan atas klasemen sementara.

"Terkait pertandingan sebelumnya, saya kira itu tak layak dibanggakan. Kita memang dapat satu poin. Tapi besok kita akan mencoba dan berusaha untuk lebih baik. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kita," ujar pemegang lisensi Pro UEFA tersebut.

Meski jadwal mepet, sanggupkah Muhammad Arfan dkk pertahankan rekor ciamik? Saksikan duel PSM Makassar versus Madura United yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo pada Kamis besok (15/12/2022), pukul 19.15 WITA.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya